Curug Ciparay, curug cantik mempesona dan telaga biru eksotis di Tasikmalaya - WisataHits
wisatahits

Curug Ciparay, curug cantik mempesona dan telaga biru eksotis di Tasikmalaya

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Dusun parentas, Cidugaleun, Kec. Cigalontang, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat.

Air Terjun Ciparay merupakan salah satu wisata alam yang paling terkenal di kawasan Tasikmalaya. Merupakan wisata air terjun yang tidak pernah sepi wisatawan. Bahkan, tidak hanya wisatawan yang datang dari dalam kota, tetapi juga wisatawan yang datang dari luar kota. Semua wisatawan yang ke sana akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang luar biasa.

Alhasil, masyarakat setempat menjadikan air terjun tersebut sebagai salah satu ikon wisata andalan daerah tersebut. Tentunya wisata alam ini sangat cocok bagi para pecinta alam. Berwisata ke sana dijamin akan mendapatkan pengalaman yang cukup menyenangkan dan tentunya tidak akan terlupakan. Selain itu, pesona alam yang disajikan di sana masih tergolong alami.

Sebelum memutuskan untuk mengunjungi tempat wisata ini, ajaklah teman dan keluarga Anda. Hal ini tentunya bertujuan agar waktu liburan Anda semakin seru. Selain itu, akan lebih baik jika Anda menginformasikan terlebih dahulu tentang berbagai hal terkait tempat wisata unik tersebut. Berikut ini beberapa informasi tentang air terjun Ciparay.

Daya tarik Curug Ciparay

Objek wisata air terjun CiparayKredit Gambar: Google Maps Ael Sura

1. Ada danau biru yang indah

Tak jauh dari lokasi air terjun, terdapat sebuah danau yang sangat indah. Danau ini memiliki air yang berwarna biru kehijauan. Meski terlihat tenang, danau ini memiliki pusaran air yang cukup deras. Karena keadaan danau yang cukup riskan bagi keselamatan, tidak semua wisatawan diperbolehkan berenang di sana, melainkan hanya bisa melihat keindahannya saja.

2. Batunya berwarna merah

Air yang dimiliki Curug Ciparay mengalir di 3 sungai yaitu Kali Ciparay, Kali Cikelung dan Kali Cikuluwung dengan batu-batu besar berserakan. Nah, Sungai Cikelung mudah dikenali karena memiliki ciri khas bebatuan berwarna kemerahan. Hal ini disebabkan oleh kandungan belerang yang mengalir keluar dari Kawah Ratu.

3. Pepohonan hijau lebat

Berkaitan dengan air terjun ini, Anda akan disuguhkan dengan pesona keindahan air terjun yang mengalir di atas tebing setinggi 50m. Ditambah lagi dengan rimbunnya pepohonan yang hijau membuat udara di sekitar tempat wisata selalu segar dan bersih. Tentunya tempat tersebut sangat cocok untuk dikunjungi jika Anda bosan dengan hiruk pikuk kondisi perkotaan.

4. Air tidak pernah surut

Hal menarik lainnya yang dimiliki oleh Curug Ciparay ini adalah airnya yang tidak pernah surut meski berada di musim kemarau. Saat musim kemarau tiba, debit air tidak akan terlalu banyak, sehingga wisatawan masih bisa melihat bebatuan tebing yang mengalir hingga ke tepian air. Tentu pemandangan yang sangat menakjubkan dan jarang ditemui di tempat wisata lainnya.

5. Dua aliran

Air terjun unik ini memiliki dua aliran yang sama-sama indah. Oleh karena itu, wajar jika wisatawan sering menyebutnya air terjun kembar. Kedua air terjun ini dikelilingi oleh dinding batu yang menjulang tinggi dan membentur bongkahan batu besar di bawahnya. Masing-masing dari kedua air terjun tersebut memiliki ketinggian yang berbeda yaitu 50m dan 75m.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat wisata air terjun CiparayKredit gambar: Google Maps Riandi Eka Permadi

Air Terjun Ciparay terletak di kaki Gunung Tembok Ari dan Gunung Karacak. Lokasinya masih di wilayah KPH Tasikmalaya dan BKPH Singaparna. Alamatnya sendiri berada di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Tepatnya di Dusun Parentas, Cidugaleun, Kecamatan Cigalontang.

Semua wisatawan dapat menggunakan kendaraan untuk menuju tempat wisata dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Memang tempat wisata ini sendiri hanya berjarak sekitar 28 km jika anda melakukan perjalanan dari pusat kota Tasikmalaya.

Jika Anda melakukan perjalanan dari Kabupaten Garut, Anda akan melewati perjalanan kurang lebih 40 km. Jika Anda datang dari Tasikmalaya, arahkan kendaraan Anda ke arah Singaparna yang berjarak sekitar 30 km.

Dari bundaran Singaparna, Anda bisa mengarahkan kendaraan ke arah utara menuju Gunung Galunggung. Setelah itu, perjalanan akan memakan waktu sekitar 1 jam dan Anda akan menemukan pintu masuk untuk memasuki kawasan wisata yang direncanakan.

Jika Anda masih belum mengetahui rute mana yang terbaik untuk mengunjungi Curug Ciparay, Anda bisa mengakses peta lokasi di smartphone Anda. Selain itu, jangan ragu untuk bertanya kepada orang di jalan jika tersesat di tengah perjalanan. Dengan begini perjalanan Anda ke tempat wisata bisa ditempuh dengan lebih mudah dan tentunya mengasyikkan.

Harga tiket masuk objek wisata

Tiket masuk air terjun CiparayKredit gambar: Google Maps Toto Sudarto 1567

Tempat wisata di Tasikmalaya memang sangat direkomendasikan bukan hanya karena keindahannya saja, tetapi juga karena banyak terdapat tempat wisata yang user friendly dan cocok untuk menghabiskan waktu berlibur bersama teman dan keluarga. Nah, salah satu tempat wisata alam murah di kawasan Tasikmalaya adalah Curug Ciparay.

Memang untuk bisa menikmati pemandangan indah yang disajikan oleh air terjun ini, wisatawan tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Tiket masuk wisata ini dibandrol dengan harga 5.000 rupiah untuk satu orang. Harga-harga tersebut tentunya relatif sangat murah, sehingga sayang jika Anda melewatkan untuk pergi berlibur saat liburan atau akhir pekan.

Selain itu, masih ada biaya tambahan lain yang harus Anda bayarkan saat ke air terjun cantik ini. Biaya tambahan tersebut berupa tiket parkir kendaraan yaitu sebesar Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat dan Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua. Harga tiket masuk wisata dan biaya lainnya dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Oleh karena itu, ada baiknya menyiapkan uang lebih sebelum berkunjung ke sini. Namun, jika ingin memastikan biaya masuk ke kawasan wisata, Anda bisa menanyakannya dengan menghubungi pengelola wisata melalui call center yang tersedia. Setelah itu, Anda bisa mulai datang ke air terjun mulai pukul 06:30 hingga 07:00 WIB.

Kegiatan seru bisa dilakukan di Air Terjun Ciparay

Aktivitas wisata air terjun CiparayKredit gambar: Google Maps Yanuar Ishak

1. Mainkan air

Bermain air menjadi salah satu aktivitas menarik yang jarang dilewatkan wisatawan di Curug Ciparay. Bak penampung air terjun ini tidak terlalu besar.

Wisatawan dilarang memasuki kolam yang memiliki aliran air terbesar. Oleh karena itu, untuk bermain air, Anda bisa memilih tempat di kolam yang memiliki aliran yang tidak terlalu besar atau aliran yang tidak jauh dari kawasan air terjun yang eksotis.

Kegiatan ini sangat menyenangkan karena airnya sangat jernih, bersih dan menyegarkan. Tapi juga dingin, jadi kalau tidak tahan air dingin, lebih baik jangan lama-lama main air.

2. Berburu Foto

Jangan lupa untuk melakukan aktivitas hunting foto saat berkunjung ke tempat wisata alam ini. Maka dari itu, persiapkan juga kamera dan smartphone yang memadai yang dapat mendukung kegiatan hunting foto. Di area parkir kendaraan terdapat berbagai spot foto bertema alam yang langsung mengarah ke air terjun Ciparay di bawah.

Menariknya, Anda bisa hunting foto di sana sambil menikmati segala keindahan alam luar biasa yang dihadirkan oleh tempat-tempat wisata tersebut. Selain itu kamu juga bisa berfoto unik dengan latar belakang berupa aliran air yang mengalir di dekat air terjun. Dijamin bisa menghasilkan foto yang bagus dan menarik.

Setelah mendapatkan foto yang bagus, Anda dapat mengunggahnya ke jejaring sosial pribadi. Dengan begitu, secara tidak langsung Anda juga ikut mempromosikan tempat wisata tersebut kepada sebanyak mungkin orang.

3. Menikmati pemandangan alam yang indah

Di kawasan Curug Ciparay terdengar suara gemuruh air yang sangat deras dan ditambah dengan angin yang bercampur dengan air yang menyegarkan, menghilangkan segala rasa penat yang ada di dalam. Tentunya bisa menambah semangat diri dan menenangkan hati yang resah.

Perpaduan antara kedamaian, ketenangan dan rasa syukur akan menjadi sebuah perasaan yang akan membuatmu bahagia. Selain itu, udara segar dan alam hijau disekitarnya membuat setiap wisatawan betah untuk berlibur lebih lama.

4. Mendaki

Air terjun ini sangat cocok sebagai tujuan kegiatan trekking. Pasalnya, lokasi tersebut hanya bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan. Wisatawan masih harus menempuh jalan setapak dan deretan anak tangga untuk sampai ke sana.

Pendakian dimulai dari area parkir kendaraan dengan perkiraan durasi sekitar 30 menit. Jalur yang akan dilalui berupa beberapa turunan dan tanjakan berbatu. Selain itu, beberapa bagian jalan masih berupa tanah merah. Nah, tentunya jalan tersebut akan sulit dilalui saat musim hujan tiba.

Jalur yang harus dilalui wisatawan berjajar di sepanjang tebing berbatu. Padahal, jalannya cukup sempit, jadi harus berhati-hati agar tidak terpeleset.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Wisata Air Terjun CiparayKredit gambar: Google Maps Rumah Natura

Meski sudah populer, Curug Ciparay masih tergolong tempat wisata baru. Sebab, fasilitas penunjang wisata di sana masih minim.

Namun, ada beberapa fasilitas yang biasanya dibutuhkan wisatawan. Beberapa fasilitas tersebut antara lain area parkir kendaraan yang luas, spot foto yang sangat Instagrammable, warung wisata dan kamar mandi.

Fasilitas ini tentunya dalam kondisi baik dan terawat. Meski fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini masih tergolong minim, namun keindahan alam yang ditawarkan di sana bisa memanjakan liburan Anda.

Itulah berbagai hal terkait Air Terjun Ciparay di Tasikmalaya. Dijamin kunjungan Anda ke sana tidak akan meninggalkan penyesalan dalam liburan Anda.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button