Tiket dan Atraksi TAMAN NATURAL LUMBINI - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Atraksi TAMAN NATURAL LUMBINI

Tiket dan Atraksi TAMAN NATURAL LUMBINI

Harga tiket masuk Taman Wisata Alam Lumbini : VOLUNTEER. Jam buka: 09:00 – 17:00. Nomor telepon: -. Alamat/Lokasi: Barus Jahe, Brastagi, Dolat Raya, Kaban Jahe, Karo, Sumatera Utara, Indonesia, 22171.

Taman Alam Lumbini adalah berwisata ke Dataran Tinggi Karo di kaki Gunung Sibayak. Taman ini memiliki replika “Pagoda Shwedagon”, pagoda tertinggi kedua di dunia yang terletak di Myanmar. Pagoda Emas Taman Lumbini setinggi 42 meter, merupakan pagoda megah tertinggi di Indonesia.

Nama Lumbini berasal dari tempat kelahiran pendiri agama Buddha, Sidharta Gautama. Taman seluas tiga hektar ini resmi berdiri sejak tahun 2010. Letaknya sekitar 50 kilometer atau 1,5 jam perjalanan dari kota Medan.

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Alam Lumbini

Wisatawan tidak perlu membayar untuk memasuki pura atau memarkir kendaraan bermotor. Cukup menyiapkan bingkisan yang tergantung kemauan masing-masing pengunjung.

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Alam Lumbini
Tiket masuk SUKARELAWAN

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Funland Mikie Holiday

Jam Buka Taman Wisata Alam Lumbini

Wisatawan bisa datang dan melihat keindahan candi Budha ini setiap hari. Buka dari pagi hingga sore hari. Namun perlu dicatat bahwa pura ini juga masih aktif sebagai tempat pemujaan. Kemungkinan akan ada pantangan jika ada ritual keagamaan.

Jam operasional
Senin minggu 09.00 – 17.00

Obyek wisata Taman Alam Lumbini

Daya tarik utama Taman Lumbini adalah kemegahan bangunan Pagoda Emas yang merupakan replika dari Pagoda Shwedagon Myanmar. Ditambah lagi, lokasinya yang berada di dataran tinggi membuat taman ini terasa sejuk. Hal ini didukung oleh taman alam yang indah.

Kagumi kemegahan dan keindahan pagoda

Taman Alam Pagoda Emas Lumbini Kab.  KaroSelain sebagai tempat peribadatan umat Buddha, Pagoda Emas juga dibuka untuk umum sebagai tempat wisata. Foto: Instagram/arapenta_ketaren_1992

Taman Wisata Alam Lumbini memiliki pagoda tertinggi dan terindah di Indonesia. Letaknya yang berada di atas bukit membuat keindahannya terlihat dari jauh. Kemegahan pagoda di taman ini terlihat dari bangunan-bangunannya yang berlapis emas.

Pagoda dua tingkat ini memiliki panjang 69 meter dan tinggi 46,8 meter. Ikon utama stupa berwarna emas, beserta beberapa relief dan arca di taman dan dinding. Diantaranya 108 relik suci, 2.598 arca Buddha, 30 arca Arhat dan artefak lainnya.

Baca: Tiket Masuk Wisata Sipinsur dan Pesona Alamnya

Menariknya, wisata ini lebih populer dengan nama Pagoda Emas, bukan Taman Wisata Alam Lumbini. Pagoda ini pernah mendapat penghargaan rekor MURI sebagai stupa tertinggi di Indonesia. Bangunan ini juga dianggap sebagai replika tertinggi kedua di kawasan Asia Tenggara. Pembangunan kompleks TAL dengan replika pagoda ini merupakan sumbangan dari berbagai kelompok Buddhis dari berbagai negara

Interior Pagoda

altar ritual BuddhaDi dalamnya terdapat berbagai benda yang digunakan dalam ritual Buddha.

Semua wisatawan dianjurkan untuk mengunjungi Taman Wisata Alam Lumbini. Bahkan mereka yang bukan penganut Buddha pun tidak dilarang memasuki bangunan utama yang kental dengan suasana religi ini. Wisatawan harus melepas alas kaki jika ingin memasuki gedung berlantai marmer putih ini.

Saat memasuki pintu masuk yang sangat megah, terdapat patung gajah dari marmer. Anda bisa melihat untaian lampion merah, 30 patung Arhat, 2.958 patung Buddha, dan 108 relik suci. Wisatawan tidak diperbolehkan mengambil foto dengan flash dan membuat keributan di area ini.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana di Hillpark Sibolangit

Di dalamnya setidaknya ada delapan unit pagoda kecil berukuran 7x5x5 meter. Selain itu, terdapat satu unit pilar Ashoka berukuran 19 meter dengan diameter 0,8 meter. Ada juga 4 patung Buddha batu hijau kecil khas Myanmar.

lonceng

Salah satu keunikan Taman Wisata Alam Lumbini adalah lonceng yang berada di luar gedung. Seperti kebanyakan kuil di Taiwan atau Cina, dengan karakter Cina (Avalokitesvara – Kwan Im). Di luar pagoda, ada banyak bendera luar ruangan yang digantung.

Wisata religi

Area utama bangunan dengan fungsi utama sebagai tempat ibadah umat BuddhaArea bangunan utama dengan fungsi utama sebagai tempat peribadatan umat Buddha. Google Maps/Taman Alam Lumbini

Taman Wisata Alam Lumbini merupakan destinasi wisata religi. Begitu memasuki kompleks taman, suasana religius sudah terasa. Rekor MURI diberikan kepada Puja Bakti/Berkah dengan keanggotaan Sangha terbanyak yaitu 1250 pada saat pelantikannya pada tahun 2010. Terdiri dari 100 biksu dari Indonesia, 650 dari Burma, 400 dari Thailand dan 17 negara lainnya.

Pagoda Emas Berastagi merupakan pusat pemujaan umat Buddha. Di dalam gedung, wisatawan dapat berdoa dengan dupa dan lilin Tempat ini merupakan tempat latihan mandiri bagi umat Buddha seperti meditasi dan kegiatan Buddhis lainnya.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Hairos Medan Water Park

Untuk memasuki Pagoda Emas, wisatawan harus melepas sepatu dan berdiam diri. Saat upacara keagamaan Buddha, interior Pagoda Emas steril dari kunjungan wisatawan. Meski demikian, Pagoda Emas masih bisa dinikmati karena area di sekitar taman masih bisa dijelajahi.

lanskap taman yang indah

taman segar dan terawatTaman di sekitar pagoda sejuk dengan pepohonan. Foto: Google Maps/rifki anakayah01

Pemberian nama Taman Alam Lumbini sangat tepat karena tamannya yang dipenuhi pepohonan. Di sepanjang kiri dan kanan jalan juga terdapat kebun sayur. Taman bunga dan pohon langka mengelilingi ngarai di bawah Pagoda Emas.

Keluar dari bangunan pagoda, wisatawan bisa melihat penataan taman yang indah dengan campuran patung biksu. Dipadukan dengan jembatan gantung bernama Titi Lumbini yang panjangnya sekitar 20 meter. Taman asri mengikuti kontur alam yang terjal menambah pesona dan keunikannya.

Yang cukup menarik adalah tumbuhan di kompleks ini diberi papan nama yang berisi nama Latin, Indonesia, dan lokal (Cakap Karo).

Meniti Titi Lumbini, dijuluki Jembatan Cinta

Titi Lumbini adalah jembatan gantung berjuluk Jembatan Cinta di Pagoda Emas, Taman Alam Lumbini, Kab.  KaroTiti Lumbini adalah jembatan gantung berjuluk Jembatan Cinta di Pagoda Emas, Taman Alam Lumbini, Kab. Karo.
Foto: Google Maps/shun heng

Selain Pagoda Emas, ada juga jembatan besi yang melintang ke kanan bawah. Di kiri dan kanannya terdapat besi-besi berbentuk hati, sehingga jembatan ini dijuluki jembatan cinta.

Jembatan yang diberi nama ‘Titi Lumbini’ ini banyak digunakan sebagai sudut pandang pengunjung. Panjangnya sekitar 20 meter dan tinggi 50 meter. Di bawahnya terdapat taman dengan kolam-kolam kecil yang airnya mengalir di antara bebatuan.

Fotografi

Objek wisata ini menjadi tempat favorit para pecinta fotografi, karena keindahan arsitekturnya memberikan nuansa tersendiri. Berhadapan dengan Golden Pagoda, wisatawan seolah berada di luar negeri. Banyak turis non-Buddha datang dari berbagai daerah hanya untuk berfoto.

Kemegahan Pagoda Emas membuat wisatawan mencari tempat-tempat menarik. Keindahan alamnya tak luput menjadi bahan foto dan latar belakang berpose.

Fasilitas Taman Wisata Alam Lumbini

Fasilitas yang tersedia juga lengkap. Di sini ada Golden Lotus Helathy Cuisine, sebuah restoran vegetarian di sebelah pagoda. Di kawasan wisata ini juga terdapat penjualan aneka souvenir dan aneka buah dan sayur bebas pestisida. Area parkir untuk kendaraan juga tersedia di area yang cukup luas.

Selain itu, terdapat pula taman bermain anak di kawasan wisata ini. Beberapa fasilitas permainan seperti Single Air Walker juga ada di dalam arena.

Lokasi Taman Wisata Alam Lumbini

Klenteng ini terletak di Barus Jahe, Brastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara 22171. Sekitar 2 jam perjalanan dari kota Medan.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button