Tiket dan Atraksi KEBUN RAYA KUNINGAN - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Atraksi KEBUN RAYA KUNINGAN

Tiket dan Atraksi KEBUN RAYA KUNINGAN

Harga tiket masuk Kebun Raya Kuningan: Rp 4.000 – Rp 6.000. Jam buka: 08:00 – 16:00 WIB. Nomor telepon: -. Alamat: Desa Padabeunghar, Sawah, Kuningan, Jawa Barat, Indonesia, 45474.

Kebun Raya Kuningan merupakan taman wisata dengan sejumlah bunga langka dan beraneka warna. Terletak di kaki Gunung Ciremai, Anda bisa melihat pemandangan indah Cirebon dan pesisir Laut Jawa. Destinasi wisata ini disebut sebagai kebun raya terunik di Indonesia karena harta karun batu tematik.

Obyek wisata ini merupakan kebun raya terbesar dan terluas di Indonesia. Dibangun di atas lahan seluas 156 hektar, kebun raya ini memiliki 23.000 jenis tanaman. Tumbuhan khasnya memiliki daun dan bunga berwarna kuning, itulah sebabnya kebun raya ini disebut juga taman kuning.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Kuningan

Masuk ke kawasan wisata Kebun Raya membutuhkan tiket yang sangat murah. Harga tiket juga ditetapkan sama untuk dewasa dan anak-anak dan berlaku sama setiap harinya.

Biaya masuk
Tiket masuk dewasa Rp6.000
Tiket masuk anak Rp4.000
tiket parkir
Sepeda motor Rp3.000
Mobil Rp6.000
bus Rp 11.000

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Taman Hiburan Gunung Kuningan

Jam buka

Wisatawan dapat mengunjungi kebun raya setiap hari. Buka dari pagi hingga sore hari.

Waktu operasional
Senin minggu 08.00 – 16.00

Kegiatan Wisata di Kebun Raya Kuningan

Kebun raya ini kini menjadi objek wisata murni pertama di Indonesia. Khususnya kebun raya, objek wisata sejenis yang pernah dibuat merupakan peninggalan kolonial. Lokasi objek wisata ini berdekatan dengan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC).

Ini memiliki koleksi tanaman unik dengan karakteristik taman batu tematik. Wisatawan Kebun Raya mencapai ribuan pada puncak musim liburan.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Wisata Cibulan Kuningan

Keunikan batuan vulkanik

Salah satu ciri khas tempat wisata ini adalah banyaknya bebatuan vulkanik berukuran besar. Menariknya, bebatuan tersebut terletak pada posisi yang artistik, cocok untuk dijadikan spot foto.

Batu-batu indah semacam ini tersebar di sepanjang jalan kebun raya dan menghiasi banyak sudut. Selain unik sebagai background foto, spot bebatuan juga menjadi wisata edukasi.

Baca: Tiket Masuk Kebun Raya Bogor, Jam Buka, Kegiatan, Fasilitas dan Lokasi

Hirup Oksigen Gudang Udara Segar

udara segar di kawasan wisata Kebun Raya KuninganMenghirup udara segar alami Kebun Raya Kuningan memberikan efek relaksasi bagi wisatawan. Foto: Instagram/jhafar_jheff

Keberadaan Kebun Raya Kuningan membantu 45% kawasan lindung di Provinsi Jawa Barat. Pepohonan di Kebun Raya berfungsi sebagai “gudang oksigen” untuk kebutuhan oksigen Indonesia. Fungsinya juga untuk menyerap karbon dioksida guna mengurangi emisi gas rumah kaca.

Memasuki kawasan konservasi ini, wisatawan akan merasa disambut. Menghirup udara segar alami memberikan efek relaksasi bagi wisatawan.

Piknik

Dengan ketinggian 870 mdpl di kaki Gunung Ciremai, Kebun Raya Kuningan sangat sejuk. Kebun raya ini merupakan taman rekreasi alami

Tempat wisata ini paling berkesan jika dikunjungi bersama keluarga. Di sini wisatawan bisa duduk-duduk dan piknik bersama keluarga.

Kagumi Panorama Daerah

tugu patung kuda kuninganMendaki patung kuda kuningan yang terkenal, wisatawan dapat melihat kebun raya hingga 360°. Foto: Instagram/trisno_6971

Sejauh mata memandang perbukitan, pepohonan rindang mengelilingi taman dan area tematik. Seperti Rock Garden, Taman Awi (kebun bambu) dan Taman Endemik Ciremai. Sawah-sawah di sekitar kawasan juga menambah daya tariknya sebagai objek wisata alam.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Sangkan Resort Kuningan Water Park

Menanjak ke Tengara Patung kuda kuningan, wisatawan bisa melihat-lihat kebun raya hingga 360°. Topografinya berbukit-bukit dengan ketinggian 490 hingga 870 meter di atas permukaan laut dengan hamparan batuan vulkanik. Sebelah barat dialiri Sungai Cipari dengan salah satu cekungan jalannya berupa danau alami.

Berjalan melalui koleksi tanaman

Kebun Raya Kuningan dari ketinggianKebun Raya Kuningan dilihat dari udara. Foto: Instagram/genpikuningan

Kawasan Kebun Raya Kuningan terbagi menjadi sembilan area dengan berbagai koleksi tumbuhan. Sebagian besar wisatawan yang datang menghabiskan waktunya dengan berjalan-jalan di sekitar taman. Jumlah tumbuhan yang tercatat di kawasan ini hingga saat ini telah mencapai lebih dari 20.000 spesimen.

Berjalan melewati taman, wisatawan akan menemukan sebaran tumbuhan di 114 petak. Beberapa taman yang dikategorikan berdasarkan wilayah dan tema juga menambah daya tariknya.

Berfoto di taman kuning

Kawasan Kebun Raya KuninganKawasan taman kuning menjadi tujuan utama wisatawan yang datang ke sini terutama untuk berfoto. Foto: Instagram/nidahasanah06

Dengan berbagai taman bertema dan bebatuan vulkanik yang artistik, berfoto adalah kegiatan yang populer. Turuni tangga dan jalan ke beberapa taman dengan berbagai tanaman. Salah satunya taman kuning yang ramai dijadikan tempat foto wisata.

Kawasan Taman Kuning menjadi tujuan utama para wisatawan yang datang ke Kebun Raya Kuningan. Aneka tanaman berbunga kuning yang tertata rapi menarik wisatawan untuk berswafoto. Banyak turis yang lebih tahu nama kebun raya ini daripada Yellow Park.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Air Terjun Putri Palutungan

Selain taman kuning, ada juga berbagai fasilitas dan area bertema unik. Selain itu, ada juga air mancur berbentuk lingkaran yang dihiasi bunga begonia warna-warni. Pemandangan keindahan alam yang mengelilinginya juga menjadi backdrop yang menarik untuk mengabadikan momen liburan.

Kegiatan Outing di Kebun Raya Kuningan

Outbond menjadi salah satu kegiatan favorit wisatawan yang datang berombongan ke Kebun Raya KuninganOutbound merupakan salah satu kegiatan favorit wisatawan yang datang berkelompok. Foto: Instagram/sfitriyantih

Keluar menjadi salah satu kegiatan favorit wisatawan yang datang berombongan. Biasanya kegiatan ini dipilih sebagai program wisata maupun pelatihan kelembagaan dasar.

Kegiatan outdoor ini juga bisa mempererat silaturahmi antar anggota kelompok. Dengan suasana yang masih alami, kawasan wisata ini sangat diunggulkan keluar.

Menghabiskan malam

Cottage dengan desain rumah panggung dengan konsep eco-designCottage dengan desain rumah panggung yang ramah lingkungan tersedia untuk akomodasi di area kebun raya. Foto: Instagram/cirebontrending

Bagi wisatawan yang ingin bermalam, Botanical Garden menawarkan tempat perkemahan. Tempat ini cocok untuk wisatawan yang suka bermalam di alam terbuka.

Ada juga chalet desain ramah lingkungan di atas panggung. Koleksi bangunan unik untuk hostel juga bagus untuk selfie.

Reda

Kebun Raya Kuningan memiliki fasilitas yang memadai. Seperti mushola, toilet, area parkir dan ruang pertemuan. Berbagai fasilitas penunjang wisata telah dilengkapi sejak dibuka kembali untuk kunjungan umum pada Januari 2018 lalu.

Lokasi Kebun Raya Kuningan

Taman wisata alam ini terletak di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Lokasinya berada di lereng barat daya, berbatasan langsung dengan kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai.

Jaraknya sekitar 80 menit dari pusat kota Kuningan dan 1,5 jam dari kota Cirebon. Akses melalui jalan Ciracas-Pabeunghar.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button