Air terjun Lematang yang indah, air terjun eksotis dengan pemandangan alam yang menakjubkan di Pagar Alam - WisataHits
wisatahits

Air terjun Lematang yang indah, air terjun eksotis dengan pemandangan alam yang menakjubkan di Pagar Alam

Air terjun Lematang yang indah, air terjun eksotis dengan pemandangan alam yang menakjubkan di Pagar Alam
Harga tiket: Rp4.000 Jam operasional: 07.00-18.00 WIB, Alamat: Prahu Dipo, Kec. Dempo Selatan, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan; Kasus: Verifikasi lokasi

Air Terjun Lematang Indah merupakan salah satu wisata alam yang ada di Sumatera Selatan tepatnya di Kabupaten Pagar Alam. Tempatnya yang tenang dengan udara yang segar menjadi alasan mengapa banyak wisatawan yang mengunjunginya. Selain itu, alasan lain pastinya adalah pesona air terjun itu sendiri yang sangat indah dan menakjubkan.

Seperti air terjun pada umumnya, juga banyak terdapat semak belukar yang mengelilinginya. Tidak hanya membuat pemandangan menjadi lebih hijau, keberadaan pohon ini juga memberikan suasana yang menenangkan. Belum lagi bebatuan yang berserakan di sekitar air terjun, terlihat begitu eksotis meski tidak tertata rapi.

Air terjun yang berada di kota Pagaralam ini memiliki kolam yang menjadi tempat penampungan aliran air. Pada jam-jam tertentu, kolam ini tampak sangat jernih dengan warna kebiruan. Namun saat musim hujan atau saat debit air sedang tinggi, warna kolam menjadi tidak begitu cantik. Namun kesegarannya selalu sama dan membuat pengunjung betah bermain-main.

Daya tarik air terjun Lematang yang indah

Daya tarik air terjun Lematang yang indahKredit gambar: Google Maps Kenny Sudharto (pangerajayakusuma)

Namanya juga Air Terjun Lematang Indah, tentu banyak sekali keindahan yang dimilikinya. Keindahan inilah yang menjadi daya tarik tersendiri, selain itu masih banyak hal menarik lainnya yang ditemui. Sebelum mengunjungi tempat wisata, ada baiknya Anda menyimak beberapa ulasan berikut untuk mendapatkan sedikit gambarannya!

1. Air Terjun Lematang Eksotis yang Indah

Air terjun ini terkenal dengan eksotisme dan keindahannya yang masih sangat alami. Hal ini terlihat dari vegetasi hijau yang tumbuh subur mulai dari semak belukar, tumbuhan liar hingga semak belukar di sekitar air terjun. Dari ketinggian sekitar 40 meter, keindahannya semakin terasa saat gemuruh air jatuh seperti nyanyian alam.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Air Terjun Lematang Indah memiliki kolam alami yang jernih dan sejuk. Pengunjung bisa berenang atau sekedar bermain air sambil menikmati pemandangan hijau disekitarnya. Namun, kehati-hatian disarankan karena kedalaman pusatnya tidak diketahui.

Uniknya, air terjun ini selalu mengalir dan tidak pernah surut meski sedang musim kemarau. Oleh karena itu dapat diartikan bahwa kunjungan unik ini dapat dikunjungi kapan saja, tidak mengenal jam. Namun waktu terbaik untuk memanfaatkan segala pesonanya adalah musim kemarau. Karena perjalanannya tidak mudah, tidak disarankan untuk berkunjung saat musim hujan.

2. Keindahan alam yang mempesona

Bukan hanya oleh eksotisme air terjun Lematang Indah yang menjadi daya tarik tersendiri, tetapi juga oleh keindahan alam sekitarnya. Di sekitar air terjun terdapat banyak pepohonan dan tumbuhan hijau. Vegetasi yang masih sangat alami ini membuat pemandangan di sekitar air terjun semakin asri dan menyejukkan mata.

Perpaduan hijaunya pepohonan dengan bebatuan yang berserakan di beberapa tempat seakan menjadi hal yang tidak biasa. Anda juga tidak bisa melihat pemandangan seperti ini di tempat lain. Selain itu, suara gemercik air terdengar, suasana alami dan menyejukkan semakin terasa. Suara air terjun ini dapat terdengar jelas meski dari kejauhan dan memberikan rasa tenang dan damai.

3. Perkemahan

Daya tarik Air Terjun Lematang Indah selanjutnya adalah terdapat tempat khusus untuk berkemah atau biasa disebut camping ground. Tempatnya cukup luas, fasilitasnya terbilang sangat lengkap. Dengan suasana alam yang masih sangat orisinil dan keindahan alam yang memukau, berkemah di sini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Apalagi, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas pada malam hari di sini. Misalnya berjalan-jalan di sekitar bumi perkemahan, berenang di kolam alami atau melakukan aktivitas outdoor yang tersedia di kawasan wisata. Namun, sebaiknya persiapkan peralatan sendiri dari rumah, karena tempat persewaan di sini masih terbatas.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Lematang IndahKredit gambar: Google Maps Beh’ Kephotermia

Air Terjun Lematang Indah terletak di Desa Prahu Dipo, Kecamatan Dempo Selatan, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan. Berbeda dengan air terjun yang ada di tempat lain, dimana Anda harus melawan cuaca dan medan yang sulit. Sirkuit alam yang megah ini sangat strategis, karena jaraknya dari pusat kota hanya sekitar 11 kilometer.

Anda bisa menempuhnya selama kurang lebih 20 menit, tergantung kecepatan dan kondisi jalan saat itu. Meskipun dapat diakses dengan kendaraan umum, sebaiknya datang dengan kendaraan pribadi. Akses jalan lebih baik, selain itu juga lebih menguntungkan. Silakan pergi ke Jalan Kombes H Umar jika titik awal Anda dari Alun-alun Pagaralam.

Ikuti terus jalan utama hingga tiba di Jalan H Piagam. Rute selanjutnya adalah menuju Jalan Lintas Pagar Alam – Lahat, sekitar 2 kilometer dari titik terakhir Anda tiba. Sesampainya di tugu Besemah, tujuan wisata sudah terlihat. Jarak antara air terjun yang indah dan tugu hanya sekitar 200 meter, Anda harus berjalan kaki.

Harga tiket masuk wisata air terjun

Sebagai tempat wisata yang sangat indah, harga Air Terjun Lematang Indah terbilang sangat murah. Meski bisa berubah sewaktu-waktu, tiket untuk turis yang berkunjung saat ini harganya hanya 4.000 rupee. Biaya tambahan diminta untuk parkir kendaraan, tentunya juga sangat murah.

Jika Anda datang dengan sepeda motor, perkirakan tambahan 2.000 rupee. Jika membawa mobil atau kendaraan roda empat lainnya, tarif parkir yang berlaku adalah Rp 5.000. Air terjun cantik ini bisa Anda kunjungi kapan saja, karena buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 18.00 waktu setempat.

Aktivitas Menarik Yang Dapat Dilakukan Di Air Terjun Lematang Indah

Aktivitas Menarik di Air Terjun Lematang IndahKredit gambar: Google Maps Reno Friyansa

Air Terjun Lematang Indah tidak hanya memiliki keindahan yang bisa dijadikan sarana penyembuhan. Selain itu, banyak kegiatan yang bisa dilakukan di kawasan wisata. Bermain air adalah salah satunya, yuk simak ulasan berikut untuk lebih jelasnya!

1. Menikmati keindahan Air Terjun Lematang Indah

Karena keindahan alamnya yang luar biasa, aktivitas pertama yang harus Anda lakukan di sini adalah menikmatinya. Sebagian besar wisatawan yang datang terpesona dengan keindahannya yang mempesona. Airnya yang jernih dan berwarna hijau menambah keindahannya, terutama saat sinar matahari terpantul dari air terjun.

2. Berenang dan bermain air

Berenang di Air Terjun Lematang Indah akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Kolam renang yang berada tepat di bawah air terjun menawarkan kesegaran dan keindahan yang luar biasa. Airnya yang jernih dan sejuk sangat menyegarkan di tengah teriknya cuaca. Jika Anda tidak bisa berenang, pilihan lain adalah bermain air di tepi kolam renang.

3. Memancing

Aliran air terjun cantik ini langsung menuju ke sungai, setelah ditampung di sebuah kolam tentunya. Banyak wisatawan yang melakukan aktivitas memancing di sungai. Ikannya memang tidak terlalu besar, namun cukup untuk memanjakan diri selama liburan. Apalagi bagi yang hobi memancing, Anda bisa menyalurkannya sambil menikmati pesona indahnya.

4. Pasang tenda semalaman

Tak jauh dari Air Terjun Lematang Indah, terdapat area khusus yang digunakan untuk berkemah. Anda dapat mencirikan tenda dan bermalam di sana. Tentu saja tidak gratis, ada biaya tambahan yang harus Anda bayar. Bawa juga perbekalan dari rumah sebanyak-banyaknya, termasuk peralatan masak dan tidur.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Air Terjun Lematang yang IndahKredit gambar: Google Maps Ridho Dwi Mardiyanto

Selain keindahan alamnya yang memukau, tempat ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memudahkan pengunjung dalam menikmati liburannya. Sama seperti tempat wisata pada umumnya, area parkir juga tersedia di sini. Fasilitas lain yang tersedia antara lain kamar mandi, warung makan, tempat duduk dan pemandu wisata.

Air Terjun Lematang Indah merupakan tempat wisata alam yang sangat populer sehingga selalu ada pengunjung yang datang. Tidak hanya dari kota Pagar Alam saja, banyak juga yang berasal dari daerah lain. Dari semua ulasan yang kami berikan di atas, sepertinya tempat wisata ini layak dikunjungi untuk mengisi liburan Anda.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button