Tingkatkan Kunjungan ke Luar Negeri, Kemenparekraf Gelar Familiarization Trip Bagi Influencer India - WisataHits
wisatahits

Tingkatkan Kunjungan ke Luar Negeri, Kemenparekraf Gelar Familiarization Trip Bagi Influencer India

Tingkatkan Kunjungan ke Luar Negeri, Kemenparekraf Gelar Familiarization Trip Bagi Influencer India

Piknikdong.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyelenggarakan Familiarization Trip (FAM Trip) bagi para influencer India dengan tujuan mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara, khususnya untuk pasar negara di Indonesia.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (24/6/2023) menjelaskan beberapa hal.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyelenggarakan perjalanan sosialisasi bagi para influencer India untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegaraKemenparekraf gelar sosialisasi kepada influencer India untuk tingkatkan outbond visit, foto: Kemenparekraf

India merupakan salah satu penyumbang wisatawan mancanegara ke india dan selama ini wisatawan India sangat menyukai Bali sebagai tujuan pernikahan.

Secara umum, mereka yang berkecimpung dalam industri wedding planning di India menilai Bali sangat cocok untuk wisatawan India karena memiliki kecenderungan seni dan budaya yang sama.

“Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Kemenparekraf dengan maskapai Singapore Airlines dan Garuda Indonesia yang akan fokus dalam mempromosikan 5 Super Priority Destinations (DSP).

Dengan berbagai langkah strategis yang dilakukan bersama mitra untuk memajukan Indonesia diharapkan dapat mendorong pemulihan ekonomi, menciptakan lapangan kerja dan membuka peluang usaha seluas-luasnya,” imbuhnya.

ujar Menparekraf Sandiaga Uno.

Upaya ini juga menyusul keikutsertaan Indonesia dalam pameran pariwisata internasional South Asia’s Travel & Tourism Exchange (SATT) 2023 di New Delhi pada Februari 2023.

Saat itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendatangkan pelaku industri dari Labuan Bajo yang menawarkan paket wisata kepada masyarakat di Indonesia.

Dan dalam FAM Trip, kerjasama ini juga akan memperkenalkan Labuan Bajo sebagai destinasi kelas dunia bagi para influencer India yang hadir.

Asisten Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ni Made Ayu Marthini mengatakan, FAM Trip dilaksanakan pada 24-29 Juni 2023 di Labuan Bajo.

Peserta yang mengikuti terdiri dari 3 travel influencer India yaitu Anupriya (IG @anupriyakapur), Rashmi Chadha (IG @rashmichadha) dan Mahi Sharma (IG @maahieway).

Menurutnya, Bali sudah menjadi prioritas wisatawan India saat berwisata ke Indonesia.

Oleh karena itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ingin memperkenalkan destinasi lain yang tidak kalah menariknya, yaitu Labuan Bajo yang menjadi salah satu destinasi wisata super prioritas.

“Melalui FAM Trip ini kami ingin menyampaikan pesan agar wisatawan mancanegara khususnya India dapat menambah destinasi Labuan Bajo dalam perjalanannya ke Indonesia.

Sangat mudah untuk sampai ke sana, bisa melalui Jakarta langsung ke Labuan Bajo dengan menempuh penerbangan dua jam, bahkan tidak sampai satu jam dengan pesawat dari Bali.”

kata Made.

Segmentasi wisatawan India yang banyak berkunjung ke Indonesia antara lain pasangan, keluarga, milenial dan Gen Z yang merasa cocok dengan destinasi Labuan Bajo dengan pilihan lokasi yang eksotik, aktivitas dan jenis akomodasi yang beragam, keramahtamahan keluarga hingga resort mewah.

Ni Made menambahkan, pelaksanaan FAM Trip kali ini didukung oleh berbagai pihak yaitu Plataran Komodo Resort & Spa, Sea Safari Cruise, Meruorah Labuan Bajo, Grand Komodo Tours dan Anara Airport Hotel Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Peserta FAM trip tiba di Indonesia pada tanggal 24 Juni 2023 dan bermalam di Anara Airport Hotel Terminal 3 untuk melanjutkan penerbangan ke Labuan Bajo keesokan harinya.

Diharapkan dengan adanya ruang tunggu yang sangat luas dan bervariasi, fasilitas yang lengkap serta tersedianya hotel bintang 4 yaitu Anara Airport Hotel menyampaikan pesan bahwa Terminal 3 merupakan bandara yang nyaman untuk transit.

Di Labuan Bajo, peserta akan mengunjungi kawasan Taman Nasional Komodo dengan pengalaman langsung menaiki Sea Safari Cruise Phinisi Sea Safari VII.

Dengan Phinisi ini mereka akan mengunjungi beberapa destinasi yaitu Pulau Padar, Pulau Komodo, Pink Beach dan Taka Makassar.

Selain itu, peserta akan diajak menjelajahi desa wisata Wae Rebo dengan perjalanan terorganisir yang disiapkan oleh Grand Komodo Tours.

Salah satu desa tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 1200 mdpl dan dijuluki sebagai desa di atas awan ini menjadi pilihan tepat bagi wisatawan India di era milenium dan Generasi Z yang menyukai petualangan.

Sebagai desa peraih penghargaan UNESCO Asia-Pacific Heritage Awards 2012, tentunya perjalanan yang penuh tantangan akan terbayar dengan keindahan desa yang dikelilingi gunung dan lembah.

Selama berada di Labuan Bajo, peserta juga akan merasakan pengalaman menginap yang pasti akan berkesan.

Labuan Bajo saat ini sangat siap untuk dikunjungi oleh wisatawan mancanegara, hal ini terlihat dengan tersedianya berbagai jenis penginapan, mulai dari homestay, hotel berbintang hingga resort mewah.

Peserta akan menginap di Plataran Komodo Resort & Spa yang akan menawarkan pengalaman unik berupa resort dengan pemandangan yang menakjubkan.

Di Plataran, para influencer juga akan merasakan sensasi sarapan ditemani matahari terbit dan pemandangan Labuan Bajo yang menakjubkan.

Selain itu, peserta juga akan menginap di Meruorah Labuan Bajo, tempat berlangsungnya KTT ASEAN pada Mei 2023.

Selain fasilitas hotel standar yang baik, pemandangan eksotik di atas perairan Laut Flores juga merupakan yang terbaik di Meruorah.

Sepertinya pintu gerbang untuk berpetualang menjelajahi pulau-pulau di sekitar Labuan Bajo.

Para peserta influencer akan membagikan pengalaman dan keseruan mereka selama berwisata ke Labuan Bajo kepada para pengikutnya di India dengan mengunggahnya di media sosial dan kami berharap hal ini dapat menginspirasi para calon wisatawan India untuk berwisata ke Indonesia, khususnya Labuan Bajo.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button