Tiket dan Atraksi Pantai Pangasan - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Atraksi Pantai Pangasan

Harga Tiket Masuk Pantai Pangasan: Rp 5.000 Jam Buka: 24 jam No Telpon: -Alamat: Dusun Batulapak, Desa Kalipelus, Kebonagung, Pacitan, Jawa Timur, Indonesia, 63561

Pacitan memiliki deretan pantai indah sepanjang 70 kilometer, salah satunya adalah Pantai Pangasan. Pantai ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Pacitan, sekitar 45 menit dengan mobil. Namun, lokasinya cukup menantang karena jalan yang lewat masih cukup sempit. Terlepas dari segalanya, pesonanya yang indah mampu menarik banyak wisatawan untuk mengunjunginya.

Salah satu daya tarik utama adalah pemandangan alam yang indah dan unik. Bayangkan, jika pantai biasanya memiliki hamparan pasir putih, tidak dengan Pantai Pangasan. Di sini wisatawan akan disuguhi pemandangan sawah terasering yang sangat indah. Begitu juga dengan tebing-tebing tinggi yang memesona yang seolah-olah melingkupi area pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Pangasan

Atraksi ini mematok harga masuk yang sangat terjangkau. Sama dengan biaya parkir. Ada juga tarif opsional jika wisatawan naik ojek dari tempat parkir ke pantai.

Biaya masuk
Tiket masuk Rp 5.000
Tarif taksi (opsional) Rp 5.000
Tarif parkir
Sepeda motor Rp2.000
Mobil Rp 5.000

Baca: Tiket KASAP BEACH & Pesona Little Raja Ampat

Jam Buka Pantai Pangasan Pacitan

Atraksi ini buka sepanjang hari, setiap hari. Wisatawan bisa datang kapan saja. Tetapi jika Anda tidak berencana berkemah, lebih baik datang dari pagi hingga sore hari. Karena dari malam hingga malam pantai begitu gelap karena kurangnya penerangan.

Jam operasional
Setiap hari 24 jam

Nikmati keindahan Pantai Pangasan yang unik

Hijaunya Pantai PangasanHijaunya Pantai Pangasan. Foto: Gmap/lenda komala

Pantai Pangasan mulai ramai dikunjungi wisatawan dari luar Pacitan, berkat popularitasnya di media sosial. Pesona ini mampu membius wisatawan untuk datang dan menikmatinya. Saat memasuki objek wisata ini, sambutan hamparan persawahan yang hijau menjadi hidangan utama. Sawah berundak dengan terasering dari atas ke bawah, terutama di tepi pantai.

Dari kejauhan, Anda bisa melihat tebing yang menjulang tinggi dengan megahnya. Seperti menjadi pilar di pintu masuk ke pantai yang indah ini. Tebing berbatu yang gagah ini dikenal dengan sebutan Gunung Lanang. Bentuknya berupa bebatuan karang dengan perdu dan pepohonan di atasnya.

Sedangkan air lautnya sendiri begitu jernih dengan gradasi warna biru. Ombaknya juga tampak bergulung-gulung, dengan suara deburan yang merdu. Pantai ini juga terlihat hijau, dengan pepohonan di sekitar pantai. Tak ketinggalan, pohon kelapa yang tumbuh di beberapa titik membuat suasana pantai begitu terasa.

Baca: Tiket PANTAI KLAYAR Pacitan dan 5 Pesonanya

Nuansa Alam Pedesaan di Pantai

Suasana pedesaan di pantaiSuasana pedesaan di tepi pantai. Foto: Gmap/Garan Putih eSports

Saat memasuki kawasan Pantai Pangasan, hamparan persawahan akan menyambut wisatawan. Gemerisik daun padi yang bergesekan dengan angin membawa aroma yang menenangkan. Ditambah dengan suara deburan ombak laut yang juga menghadirkan harmoni melodi yang indah. Selain itu, angin kencang membawa ketenangan tersendiri, menghilangkan panas terik dari tubuh.

Anda akan merasakan nuansa pedesaan saat melihat hamparan sawah ini. Sawah terasering menurun ke pantai. Diselingi dengan pohon kelapa di beberapa sudut. Pemandangan seperti ini mengingatkan sekilas pada teras Tegalalang di Ubud, Bali.

Wisatawan bisa melewati jalan setapak di dekat persawahan. Sambil berfoto memperlihatkan luasnya persawahan, atau pantai di bawahnya. Saat musim panen, pemandangan sawah terlihat menguning dengan padi siap panen. Sedangkan setelah musim tanam, padi yang hijau dan segar terlihat menyejukkan mata.

Baca: Tiket Pantai Ngiroboyo dan Berbagai Kegiatannya

Pantai dengan pilar tebing yang unik

Tiang-tiang perkasa Gunung Lanang di tengah lautanTiang-tiang perkasa Gunung Lanang di tengah lautan

Keberadaan tebing di pantai ini begitu unik, salah satunya adalah Gunung Lanang. Di sisi lain, ada juga tebing yang lebih besar, bernama Gunung Ganjuran. Di dekat kawasan Gunung Lanang, pantainya tidak berpasir. Namun bebatuan karang tersebut tersebar dengan ukuran yang berbeda-beda.

Di sini, wisatawan bisa berfoto dengan latar belakang Gunung Lanang. Deburan ombak meninggalkan cipratan air kecil yang tampak seperti debu. Menjadikannya mistis dan sangat cocok dijadikan sebagai objek foto. Ingatlah untuk memakai sepatu karena bebatuan cukup menyakitkan jika terkena langsung ke telapak kaki.

Di sisi lain, di dekat Gunung Ganjuran, wilayahnya berpasir putih. Memang tidak luas, tapi di sini cukup bagi wisatawan untuk bermain pasir. Pemandangan pasir putih dengan birunya lautan bisa menjadi background foto yang indah. Wisatawan juga bisa berjalan-jalan santai sambil menikmati keindahan pantai.

Baca: Tiket dan Aktivitas SOGE BEACH

Berkemah di Pantai Pangasan

Nikmati sore hari di area campingNikmati sore hari di area camping

Kawasan pesisir ini kini dikelola oleh pokdarwis desa setempat. Meski penerangan tidak terlalu memadai, wisatawan bisa berkemah di sini. Ada tanah di dekat persawahan, yang letaknya lebih tinggi dari pantai. Yang membuatnya lebih aman saat air pasang.

Saat berkemah, wisatawan bisa menikmati suasana pantai yang bervariasi. Mulai sore hari, nikmati indahnya matahari terbenam. Bawa matahari ke kontes. Yang meninggalkan rona jingga di langit dan pantulannya di lautan.

Pada malam hari, wisatawan juga dapat menikmati indahnya langit berbintang. Daerah pesisir diterangi dengan cahaya minim, menyebabkan bintang-bintang tampak terang di langit. Saat fajar, wisatawan dapat melihat pemandangan matahari terbit yang indah. Matahari perlahan muncul dari balik tebing, menutupi malam yang gelap dengan cahayanya.

Baca: Tiket dan Aktivitas Pantai WATU KARUNG

Fasilitas Pantai Pangasan

Disini terdapat tempat parkir yang cukup luas, toilet dan mushola. Ada juga gubuk di sawah yang bisa digunakan untuk beristirahat. Ada juga ojek dari tempat parkir ke pantai dan sebaliknya. Karena jarak dari tempat parkir ke pantai cukup jauh jika berjalan kaki.

Lokasi Pantai Pangasan, Pacitan

Wisata pantai ini terletak di Dusun Batulapak, Desa Kalipelus, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan. Letaknya sekitar 15 kilometer sebelah selatan kota Pacitan. Dapat ditempuh dalam waktu sekitar 40 menit dengan mobil.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button