Pantai Pangasan, Menikmati Keindahan Lautan Dengan Eksotis Bebatuan di Pacitan - WisataHits
wisatahits

Pantai Pangasan, Menikmati Keindahan Lautan Dengan Eksotis Bebatuan di Pacitan

Pantai Pangasan, Menikmati Keindahan Lautan Dengan Eksotis Bebatuan di Pacitan
Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Krajan, Ketro, Kec. Kebonagung, Kab. Pacitan, Jawa Timur; Kasus: Verifikasi lokasi

Indonesia memiliki keindahan alam yang memukau dan menarik wisatawan, seperti halnya Pantai Pangasan yang memiliki sejuta pesona. Pantai yang terletak di wilayah Pacitan ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah selatan.

Pantai ini sendiri merupakan salah satu destinasi wisata yang menawarkan banyak sekali pemandangan indah dan juga membuat pengunjung terpesona dengan keindahan alamnya. Apa lagi dengan tebing bebatuan yang sangat tinggi di sisi timur dan juga di sisi barat.

Ada tebing yang disebut Gunung Lanang dan Ganjuran. Hal menakjubkan lainnya dari pantai ini adalah tidak ada pasir di sekitar pantai dan Anda hanya melihat berbagai bebatuan dengan ukuran berbeda.

Objek Wisata Pantai Pangasan

Objek Wisata Pantai PangasanKredit gambar: Google Maps Denice Frank

Keindahan Pantai Pangasan cukup memanjakan mata Anda. Arti dari nama pantai ini adalah letak pantai ini yang banyak terdapat bebatuan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini.

1. Keindahan dalam perjalanan trekking

Jika melihat jalur pendakian menuju pantai ini, Anda bisa melihat keindahan pantai dengan laut biru dan tebing yang cukup tinggi di kedua sisinya. Lokasi pantai ini terdiri dari dua kawasan yaitu bagian barat dan timur yang memiliki ciri khas bebatuan.

2. Batu Indah

Pantai ini tidak memiliki pasir dan hanya bebatuan dengan berbagai ukuran, dari kecil hingga besar. Ombak pantai ini cukup tenang dan terkadang menyentuh karang dimana birunya laut sangat indah sebagai ciptaan Tuhan yang luar biasa ini.

Kondisi Pantai Pangasan yang cukup mengagumkan memiliki dua buah batu besar yang menjulur ke atas, kedua batu tersebut menjadi landmark wisata Pangasan. Adapun kondisi pantainya yang tidak terlalu ramai akan menjadi tempat yang layak untuk Anda saat ingin menenangkan diri.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Tiket Masuk Pantai TangasanKredit gambar: Google Maps yusup jatnika

Anda yang ingin ke pantai Pangasan memulai perjalanan dari pusat kota Pacitan di Jawa Timur yang membutuhkan waktu sekitar 30-40 menit untuk sampai ke desa Kalipelus dan mengambil jalan lintas selatan. Sebelum jalan layang Gayam, Anda perlu belok kiri untuk memasuki pertigaan jalan menanjak, lalu belok kanan hingga sampai di Pasar Gayam.

Setelah melintasinya, lurus terus mengikuti viaduct kemudian masuk melalui gerbang desa Klesem. Setelah itu anda akan melewati desa Kalipelus dan menemukan pertigaan jalan, lalu belok kiri dan terus ikuti jalan yang telah bercampur panas. Jika Anda berada di pertigaan jalan, Anda harus memilih yang kiri.

Kondisi jalan tidak terlalu lebar yang dipenuhi tikungan dan belokan. Jalannya masih asri dengan pepohonan yang cukup rimbun dan terkadang Anda akan menjumpai rumah-rumah penduduk di sepanjang jalan tersebut. Anda juga akan menemukan jalan yang sedikit menurun dan tajam sampai Anda tiba di area untuk memarkir sepeda motor Anda.

Untuk harga tiket masuk ke pantai ini cukup membayar Rp 5000 per orang saja dan untuk biaya parkirnya dari Rp 2000-10.000 saja.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Pangasan

Aktivitas menarik di Pantai PangasanKredit gambar: Google Maps Arif Sasono

1. Santai

Keindahan yang diberikan oleh Pantai Pangasan sendiri bisa Anda lihat saat tiba di tempat parkir yang ada. Terdapat tebing di sisi barat pantai yang terlihat megah sehingga Anda bisa bersantai menikmati pemandangan alam pantai.

2. Kamp

Ada beberapa saung yang bisa Anda gunakan sebagai tempat duduk bersantai jika ingin berlama-lama di sana. Selain itu, bagi Anda yang berminat untuk camping di kawasan ini bisa banget mengandalkan hal ini.

Fasilitas yang tersedia di sekitar pantai

Fasilitas Pantai PangasanKredit gambar: Google Maps Ocky adetya

Nah pembahasan selanjutnya jika anda tertarik untuk berkunjung ke Pantai Pangasan adalah mengenai fasilitas yang ada di pantai tersebut. Meski bisa dikatakan sirkuit ini sudah lama tidak dibuka, namun sudah memiliki beberapa fasilitas yang memadai. Diantaranya adalah area parkir yang mampu menampung puluhan mobil bahkan puluhan sepeda motor yang dapat ditampung.

Fasilitas lainnya adalah adanya mushola di samping jalan penghubung antara pintu masuk dan pantai. Anda tidak perlu khawatir kelaparan ketika mengunjungi pantai yang indah ini karena sudah ada beberapa warung tradisional di sepanjang jalan.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Pantai Pangasan

Kredit gambar: Google Maps Gusagan

Nah, setelah anda mengetahui beberapa hal tentang Pantai Pangasan di Pacitan, selanjutnya untuk pembahasan lebih mendalam mengenai kapan waktu yang tepat untuk anda berkunjung. Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah kondisi cuaca saat itu agar kunjungan Anda nyaman.

Yang penting untuk Anda ketahui sebelum berkunjung adalah jangan menggunakan sepatu anti selip karena sebagian besar pantainya berbatu. Kemudian yang tidak kalah pentingnya adalah membawa kamera agar bisa mengabadikan momen terbaik di kawasan Pantai Pangasan.

Bagi anda yang ingin berlama-lama di pantai ini dan berniat untuk berkemah sebaiknya membawa tenda, matras, dll. dari tempatmu. Pantai adalah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi untuk menghilangkan stres ketika Anda memiliki masalah.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan saat ingin berkunjung dan berniat berlama-lama di Pantai Pangasan adalah berkemah di pantai. Telah disediakan area khusus untuk Anda mendirikan tenda yang jaraknya cukup dekat dengan persawahan.

Saat Anda mendirikan tenda di area ini, Anda dapat melihat dengan jelas pemandangan Pantai Pangasan di mana Anda dapat berjalan kaki ke pantai dalam beberapa menit.

Salah satu alasan penting lainnya mengapa orang nyaman berkemah di alam adalah saat suasana malam hari terasa sangat menyenangkan dan nyaman. Berlabuh ke tanah dan juga ditemani bintang-bintang di langit pada malam hari memang sangat mengasyikkan.

Demikian ulasan singkat mengenai Pantai Pangasan dan semoga artikel ini dapat memberikan sumber informasi tentang berkunjung ke pantai tersebut. Tertarik dengan pantai ini bisa langsung mengunjungi rute yang telah dijelaskan di atas.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button