Sering dianggap sepele, inilah 5 perlengkapan yang wajib dibawa pendaki pemula - WisataHits
Jawa Barat

Sering dianggap sepele, inilah 5 perlengkapan yang wajib dibawa pendaki pemula

TEMPO.CO, jakarta Mendaki gunung di alam liar bukanlah kegiatan yang bebas risiko, terutama bagi pendaki pemula. Ada beberapa perlengkapan yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan sebelum memutuskan untuk mendaki gunung untuk pertama kali.

Pendaki pemula seringkali secara sadar menurunkan barang bawaannya agar tidak menjadi berat saat melakukan wisata pendakian.

Sejumlah perlengkapan penting seperti jas hujan tertinggal, membuat keadaan menjadi sulit saat hujan pertengahan pendakian.

mulai Pendaki, semua perubahan kondisi di alam tidak dapat diprediksi dengan cara ini. Oleh karena itu, pendaki pemula harus mempersiapkan segala perlengkapan penting sebagai berikut:

  1. navigasi

Pendaki pemula biasanya belum terlalu paham dengan jalur pendakian yang ingin mereka daki. Tak jarang, ada kasus pendaki hilang karena tersesat di tengah perjalanan. Untuk mengantisipasi hal ini, perlu dan penting untuk membawa alat navigasi. Baik berupa kompas atau peta yang memberi petunjuk arah saat mendaki.

  1. Makanan dan minuman yang dipesan

Upaya dilakukan untuk memastikan pemula membawa lebih dari cukup makanan atau minuman bersama mereka. Misalnya, jika total waktu pendakian adalah satu hari, disarankan untuk membawa persediaan makanan selama dua hari. Apalagi kalau untuk minuman kadang bisa lebih, jika dirasa perlu air yang cukup saat mendaki gunung agar tidak kering. Meskipun ada banyak “air alami” di sana, akan lebih baik jika Anda membawa air cadangan sendiri.

  1. Pertolongan pertama

Perlengkapan medis yaitu pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan (P3K) wajib dibawa saat mendaki. Alasannya, perubahan cuaca yang tiba-tiba dapat mempengaruhi tubuh, meski dalam keadaan sehat. Selain untuk pengobatan, perban elastis dan alat kesehatan lainnya juga dapat digunakan sebagai tindakan pencegahan jika terjadi kecelakaan.

  1. peralatan serbaguna

Peralatan serba guna seperti pisau, tali atau korek api seringkali tidak dibawa oleh para pemula pendakian. Padahal, fungsi alat itu sangat penting. Pisau sangat berguna untuk pertolongan pertama, persiapan makan, perbaikan dan alat bantu pendakian lainnya. Korek api juga dibutuhkan untuk membuat, misalnya, perapian, sekadar untuk menghangatkan badan di tengah perjalanan.

  1. lampu depan

lampu depan atau lampu depan digunakan untuk penerangan jalan pada wisata pendakian malam hari. Hampir setiap lampu depan gunung yang ada di pasaran hadir dengan fitur tahan cuaca, dan beberapa model dapat bertahan di dalam air. Menggunakan lampu depan dengan baterai isi ulang, pastikan baterai terisi penuh sebelum berangkat.

HARI SETYAWAN
Baca: 5 Larangan Mendaki Gunung dan 5 Hal Baik yang Harus Dilakukan

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button