Taman Budaya Sentul City, Wahana Seru Untuk Anak-Anak dan Dewasa! - WisataHits
wisatahits

Taman Budaya Sentul City, Wahana Seru Untuk Anak-Anak dan Dewasa!

Siapa sih yang tidak tahu tentang wisata di kawasan Bogor? Kawasan yang terkenal dengan udara dingin dan asri ini memiliki sejumlah wisata alam yang sayang untuk tidak dicoba. Salah satunya Taman Budaya Sentul City Bogor.

Taman ini terletak 61 kilometer dari pusat kota Jakarta dan menawarkan pemandangan 4 gunung yaitu Gunung Pancar, Gunung Salak, Gunung Gede dan Gunung Geulis. Luasnya mencapai 6 hektar dan sering dijadikan referensi tempat bersantai. Penasaran? Yuk, kenali area ini lebih dalam!

Peta Wisata Taman Budaya via Taman BudayaPeta Wisata Taman Budaya via Taman Budaya

Luasnya mencapai ribuan meter persegi

Taman Budaya berdiri sejak tahun 1994 di bawah pengelolaan PT. Gunung Geulis Elok Abadi. Hebatnya, taman ini memiliki luas 3000 m2 hanya untuk tanah dengan kapasitas hingga 2000 orang. Tentu saja, lahan tersebut bisa digunakan untuk berbagai aktivitas, misalnya mengumpulkanke pesta, tamasya komunitaspeluncuran produk, di bazaar.

Lokasi, rute dan cara menuju Taman Budaya

Terletak di sebelah timur kota Bogor dan hanya 30 menit dari Jakarta. Tepatnya di Jl. Siliwangi No. 1, kota Sentul.

Untuk menuju ke sana, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Keduanya sama-sama nyaman karena jalannya lebar dan beraspal. Selain itu, di sepanjang jalan terdapat pepohonan besar yang rindang dengan trotoar yang bersih dilengkapi dengan jalur sepeda. Seperti di luar negeri, bukan?

Jika Anda datang dari Jakarta dan menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya akses jalan tersebut melalui Tol Jagorawi karena letak taman budaya ini tidak jauh dari pintu keluar Tol Sentul Selatan. Namun jika menggunakan kendaraan umum, misalnya kereta api, turun di stasiun Bogor dan langsung menuju alun-alun Botani. Kemudian naik Trans Pakuan menuju Bellanova Country Mall hingga berakhir di Bukit Sentul.

Kunjungi juga: 15 kolam di Bogor yang seru untuk bermain air

Harga tiket bervariasi menurut kendaraan

Meski tiket masuk ke Taman Budaya ini gratis, namun pengunjung harus membayar untuk menjajal berbagai wahana. Tapi tenang saja…karena biaya yang dibutuhkan relatif murah dan sebanding dengan pengalaman dan keseruan yang akan menyertainya.

Paket wisata juga ditawarkan untuk memudahkan tugas pengunjung, yaitu:

  • Paket Outbound Anaksenilai Rp 270.000 dan diisi dengan 11 exit games, makan siang, souvenir, plus instruktur dan asuransi
  • Paket Anak Pintarsenilai Rp 350.000 dan diisi dengan anak-anak keluarinstruktur, pilihan program (bisa pembuatan tanah liatbatik, kaos atau cat), minuman selamat datangdan makan siang
  • Tentara Anaksenilai sekitar Rp 250.000 dengan paket sebagai Program Tentara AnakKaos Tentara Anakmakan siang, minuman selamat datangmedali dan instruktur
  • Paket Dewasa Keluar, senilai Rp 350.000 dengan 7 permainan keluar, ayunan raksasa, makan siang, rehat kopi, instruktur dan asuransi
  • Paket Paintball, senilai Rp 500.000, diisi dengan kegiatan berupa Bola cat dengan 50 bola, keluar, instruktur, asuransi, prasmanansebaik rehat kopi 2 kali
  • Paket Mendaki, senilai Rp 350.000 dengan petualangan hutan pinus atau air terjun, instruktur, minuman selamat datangmakan siang dan asuransi
  • Wisata budaya, harga sekitar Rp 200.000 dan diisi dengan permainan tradisional dan flying fox, lukis layang/batik, pembuatan wayang dari batang singkong, makan siang dan minuman selamat datanginstruktur dan membuat belalang dari daun kelapa
  • Paket Berkemah, senilai Rp 450.000 dengan paket tenda dan peralatan berkemahmakanan 4 kali, jalan-jalan, permainan menyenangkan, rehat kopi 2 kali, api unggun, serta instruktur
  • Paket Membangun Timsenilai Rp 370.000 dan diisi dengan berbagai kegiatan Program membangun tim serta Flying Fox, instruktur, rehat kopi 2 kali, asuransi, prasmananhingga sertifikat
  • Tamasya perusahaansenilai Rp 370.000, dengan kegiatan berupa fun games dan kelelawar buah, rehat kopi 2 kali, prasmanandan instruktur

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Berbagai wahana di Taman Budaya

Taman Budaya merupakan kawasan wisata alam untuk kegiatan pendidikan berbasis wisata. Untuk itu tidak heran jika terdapat 4 area yaitu Adventure Center, Green Center, Culture Center dan Facility Center.

Atraksi Outgoing di Taman BudayaAtraksi Outgoing di Taman Budaya

Di dalam pusat petualangan, pengunjung dipersilakan untuk menikmati keseruan tali tinggi keluar, trekking, paintball, dan permainan seru lainnya. Konon, peralatan yang keluar dari taman ini merupakan yang terbesar dan terlengkap di Indonesia.

Biasanya orang dewasa menyukai wahana permainan vertikal, Zig Zag Log Step, Buma Bridge, Giant Swing sebagai wahana yang menantang adrenalin. Sedangkan untuk anak-anak, wahana gladiator ring, log swing, dan balance beam sering dijadikan pilihan.

Selain untuk outing, taman ini juga didesain untuk meningkatkan kerjasama tim sehingga ada permainan yang seru yaitu Bola cat. Game ini membutuhkan kohesi dan kerja tim yang baik untuk menang.

Taman Budaya Paintball SentulTaman Budaya Paintball Sentul

Wahana ini tentunya sangat cocok jika dibuat untuk acara kantor atau sekolah. Lalu pengunjung bisa menikmati suasana malam dengan api unggun dan jagung bakar di dalam tenda.

Bagi Anda yang menyukai trekking, hal yang wajib dicoba adalah perjalanan melihat desa adat, perkebunan dan persawahan hijau, serta pemandangan air terjun Gunung Pancar. Kemudian, pengunjung juga akan diajak piknik dengan makan siang di air terjun ditemani rindangnya hutan pinus.

Jika ada yang menyukai kegiatan bertema kerajinan, jangan khawatir karena di sini juga ditawarkan. Misalnya kegiatan pembuatan dan pembuatan plastisin, batik dan cat. Kreasi medianya pun beragam, mulai dari lampion, kaos, tas, hingga layang-layang.

Atraksi Outgoing di Taman BudayaAtraksi Outgoing di Taman Budaya

Ada keseruan yang tidak semua orang bisa nikmati di sana. Dengan kata lain, ketika lahan taman tidak digunakan untuk acara, banyak orang akan menggunakannya untuk menerbangkan layang-layang. Tentunya hal ini tidak bisa dilakukan jika waktu berkunjung bertepatan dengan acara besar. Di dekatnya ada banyak penjual layang-layang dengan harga mulai dari Rp 25.000. Uniknya, ukuran layang-layang ini sangat besar dan bentuknya bermacam-macam. Ada karakter kupu-kupu dan banyak hewan lainnya.

Bagi mereka yang ingin belajar lebih banyak tentang pertanian, Taman Sentul juga menawarkan jalan-jalan di sawah pertanian, jalan-jalan ternak, dan jalan-jalan alam yang mendidik. Di wahana ini kita akan belajar cara bercocok tanam, mulai dari membajak, menanam padi dan merawatnya.

Kita juga akan belajar cara merawat dan memerah susu hewan ternak. Bahkan kita juga akan diajari memetik tanaman dan menumbuk padi. Ada wahana yang sangat disukai anak-anak yaitu bermain angklung, tari tradisional, bermain bakiak, egrang dan congklak.

Pujasera, fasilitas lainnya dan souvenir di Taman Budaya

Jangan takut lapar di sana karena ada berbagai tempat seperti Kopi Oey, Restoran Pancarsari dan Food Court untuk memuaskan dahaga dan lapar Anda. Makanannya juga sangat lengkap seperti di perkotaan. Dan meskipun berada di kawasan wisata, harga yang dipatok untuk makanan dan minuman ini sangat masuk akal. Misalnya, harga satu porsi mie bola ayam hanya berkisar Rp 15.000.

Bagi yang ingin membawa oleh-oleh, ada juga bazaar yang banyak menjual produk fashion dan perhiasan serta oleh-oleh khas. taman budaya. Wah, lengkap bukan?

Pujasera Taman Budaya SentulPujasera Taman Budaya Sentul

Akomodasi yang nyaman juga ada

Bagi yang ingin menginap, di sekitar kawasan wisata juga terdapat penginapan. Salah satunya adalah Hotel Neo. Uniknya, hotel ini terhubung langsung dengan taman budaya. Jadi walaupun dari luar kelihatannya bukan tempat yang sama, ternyata dalamnya.

Akomodasi di Taman Budaya SentulAkomodasi di Taman Budaya Sentul

Hotel ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai konsep Green Roof dengan gaya natural dan modern. Anda juga bisa berenang di sini sekeluarga, karena terdapat kolam renang untuk dewasa dan anak-anak. Lucunya, harganya tidak terlalu mahal di kantong karena tarif kamar per malamnya hanya sekitar 600.000.

Kunjungi juga: Liburan Seru di Obyek Wisata Air Terjun Cigamea, Bogor

Atraksi lainnya di dekat taman budaya

Jika ingin mengunjungi wisata lain di sekitar taman, tidak perlu jauh-jauh karena di Sentul terdapat banyak objek wisata yang bisa dikunjungi. Misalnya Kuntum Farmfield di Jalan Raya Tajur. Kawasan ini merupakan agrowisata yang menggabungkan peternakan, perikanan, perkebunan dan pertanian organik.

Ada juga Jungleland Adventure Theme Park, Air Terjun Bidadari, Pasar Ah Poong, Hutan Pinus Gunung Pancar, Alam Fantasia, Pemandian Air Panas Gunung Pancar, Science Garden, dll.

Lihat juga: Update Harga Tiket Masuk Taman Safari Cisarua Bogor

Penutupan

Bagaimana? Ingin sejenak menjauh dari hiruk pikuk kota dan menikmati hari yang damai di Sentul? Jika iya, pilihan berlibur di Taman Budaya sangat cocok untuk menghabiskan hari-hari liburan Anda.

Selain mudah diakses, liburan keluarga Anda juga akan menguntungkan karena ada wisata edukasi di sana. Apa yang kamu tunggu? Semoga bermanfaat dan selamat bersenang-senang!

Juga jangan lewatkan: Obyek wisata keluarga Mekarsari Bogor

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button