10 Tempat Wisata di Tegal - WisataHits
wisatahits

10 Tempat Wisata di Tegal

Tegal adalah nama sebuah kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Ibukota Kabupaten Tegal sendiri adalah Slawi. Ada 10 tempat wisata di Tegal yang bisa Anda jelajahi baik di Kabupaten Tegal maupun Kota Tegal. Salah satu tempat wisata Tegal yang paling populer adalah Pemandian Air Panas Guci. Tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama saat musim kemarau.

Berikut adalah daftar 10 tempat wisata populer di Tegal yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau pasangan.

10 Tempat Wisata di Tegal

Deretan wisata Tegal di bawah ini adalah yang sering dikunjungi warga sekitar.

Pemandian Air Panas Guci

Pemandian Air Panas GuciPemandian Air Panas Guci

Pemandian Air Panas Guci merupakan salah satu tempat wisata alam yang sangat populer di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Pemandian air panas ini terletak di Dusun Pekandangan, Desa Rembul, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal. Seperti namanya, tempat wisata ini memiliki keunikan berupa pemandian air panas yang berasal dari kaki Gunung Slamet.

Pemandian air panas ini memiliki tingkat suhu yang bervariasi. Masyarakat percaya bahwa air yang keluar dari mata air panas Guci dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Selain pemandian air panas, pemandangan di sekitar Guci juga sangat menarik karena terletak di kaki Gunung Slamet. Dengan demikian, rasa segarnya udara pegunungan sangat terasa.

Pantai Purwamba yang Indah

Pantai Purwamba yang IndahPantai Purwamba yang Indah

Letak Kabupaten Tegal yang berada di pinggir Pulau Jawa menjadikan kabupaten ini memiliki beberapa pantai dan beberapa di antaranya dijadikan sebagai tempat wisata karena menawarkan pemandangan yang indah. Salah satu daya tarik Pantai Tegal adalah Pantai Purwahamba Indah.

Pantai ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap mulai dari waterpark, kolam renang, kereta mini, sepeda air, gazebo, kafe, dll. Pantai Purwahamba Indah memiliki warna yang indah dimana air pantainya begitu biru jernih dengan ombak yang tidak terlalu besar dan garis pantai yang ditumbuhi pohon kelapa yang rimbun.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi pantai ini, Anda bisa menemukan lokasinya di jalan raya Tegal – Pemalang km 14.

Pantai alam yang indah (PAI)

Pantai alam yang indahPantai alam yang indah

Ada banyak hal yang alami dan indah untuk dilakukan di Tegal. Pantai alam yang indah ini juga menawarkan kunjungan yang menyenangkan. Di lokasi kompleks Pantai Alam Indah telah dibangun beberapa fasilitas menarik, seperti Waterboom dan Monumen Bahari.

Pantai alam yang indah ini terletak di Jalan Sangir, Desa Mintaragen, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal. Lokasi sangat strategis dan view pantai yang bagus dan bersih menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, di kompleks ini terdapat museum bahari yang menjadi icon kota Tegal itu sendiri.

Jika Anda berkunjung ke pantai ini, Anda akan menemukan deretan warung tenda di pinggir pantai yang menjual berbagai macam makanan khas Tegal, seperti nasi lengko, kupat glabed, tahu aci, sate kerang, dan berbagai jenis minuman yang enak dan lezat.

Kami menyarankan Anda untuk mengunjungi pantai ini di pagi dan sore hari karena tempat ini memiliki pemandangan yang sejuk. Jika Anda berjalan di siang hari, terik matahari akan membakar tubuh Anda karena lokasi pantai ini berada di sepanjang pantai panas yang terkenal.

Waduk Cacaban

Waduk CacabanWaduk Cacaban (c) @amelia_iswanto

Waduk Cacaban merupakan objek wisata yang indah di Kabupaten Tegal. Pemandangan di tangki ini adalah bangunan tangki yang dibangun sejak tahun 1952 dan peletakan batu pertama oleh Presiden Soekarno.

Waduk Cacaban sebenarnya memiliki fungsi utama sebagai sarana irigasi bagi persawahan di sekitarnya. Namun juga dimanfaatkan oleh pemerintah Kabupaten Tegal sebagai objek wisata yang sangat potensial.

Kemudian Waduk Cacaban menjadi objek wisata. Terbukti dengan dibangunnya beberapa fasilitas di sekitar waduk seperti camping ground, taman bermain untuk anak-anak, panggung hiburan, floating stand, boat trip, dll.

Putri Air Terjun

Putri Air TerjunCurug Putri (c) @eko_rudiyan13

Curug Putri juga memiliki pemandangan yang indah, berupa air terjun di antara pepohonan yang rindang. Air terjun ini tidak setinggi Curug Cantel. Curug Putri tingginya hanya 25 meter.

Curug Putri terletak di perbatasan dua kabupaten, antara Tegal dan Brebes. Untuk mencapai Curug Putri sangatlah mudah. Sehingga menjadikan Curug Putri sebagai tempat wisata di Tegal yang tidak pernah sepi pengunjung.

Curug Cantel Bumijawa

Curug Cantel BumijawaCurug Cantel Bumijawa (c) @dwiyulianto9024

Curug Cantel Bumijawa memiliki pemandangan yang indah berupa air terjun atau air terjun dari ketinggian 60 meter. Dengan ketinggian tersebut, air yang jatuh akan sangat deras. Berenang langsung di bawah air terjun tidak disarankan.

Namun sayang, keindahan Curug Cantel Bumijawa belum bisa dinikmati oleh masyarakat umum karena letak objek wisata ini tersembunyi. Curug Cantel Bumijawa terletak di Dusun Kalipedes, Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa – Kabupaten Tegal. Akses menuju tempat wisata ini juga masih sulit karena harus melakukan pramuka hingga 400 meter dari jalan raya.

Baca juga: Bukit Baper Bumijawa

Jalan-jalan air di gapura Mas Bahari

Taman Air Bahari TegalTaman Air Bahari Tegal (c) @bahari_wp

Water Park Gerbang Mas Bahari merupakan objek wisata lain yang terletak di kota Tegal. Tempat wisata ini sangat cocok untuk wisata keluarga, terutama saat musim liburan. Di tempat-tempat tersebut terdapat berbagai jenis wahana yang siap dinikmati oleh anak-anak.

Hanya dengan tiket Rp 15.000 di hari biasa atau Rp 25.000 di hari Sabtu, Minggu dan hari libur, Anda sudah bisa menikmati berbagai permainan air seperti kolam renang, kolam ombak, kolam renang anak, dll. Lokasi tempat wisata di Tegal, kota ini terletak di sebelah terminal bus kota Tegal.

Danau Cempaka

Danau CempakaDanau Cempaka (c) @mhmmdbede_

Danau Cempaka terletak di Desa Cempaka, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Danau Cempaka memiliki suasana yang asri dengan pemandangan danau di tengah pepohonan yang rindang.

Tempat wisata ini cukup sering dikunjungi oleh pengunjung. Luas Danau Cempaka adalah 15 meter persegi dan digunakan oleh warga sekitar untuk sarana irigasi di persawahan di sekitarnya.

Gua Lawe

Wisata Goa Lawe TegalGua Lawe (c) @geowisatagua7

Obyek wisata Gua Lawe ini terletak di desa Harjowinangun, Balapulang, atau sekitar 20 kilometer dari kota Slawi. Gua Lawe sendiri diperkirakan berusia ratusan tahun. Para ahli sejarah menyimpulkan bahwa Gua Lawe digunakan sebagai tempat pertapaan para penguasa atau raja-raja Kerajaan Mataram, sehingga hanya sedikit orang yang mengunjungi gua ini.

Dari sekian banyak tempat wisata di Tegal, mana yang menjadi favorit Anda? Jika Anda sedang berkunjung atau memiliki teman di Tegal, pastikan untuk menyempatkan diri untuk mengunjungi tempat-tempat indah di atas.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button