Pulau Moyo Sumbawa - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Pulau Moyo Sumbawa – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan – Pulau Moyo salah satu pulau kecil yang eksotis Sumbawa yang menampilkan pesona alam yang menakjubkan, dari pantai pasir putih, air terjun hingga hutan hujan yang menawan.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp100.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Labuhan Badas, Kab. Sumbawa, Nusa Tenggara Barat; Kasus: Cek lokasi

Nusa Tenggara menyimpan berbagai keindahan yang terdapat di sana. Pulau di bagian tengah Indonesia ini memiliki banyak tempat yang layak menjadi pilihan Anda untuk dikunjungi. Salah satu destinasi tersebut adalah Pulau Moyo, yang terletak di dekat Pulau Sumbawa.

Pulau ini memiliki beberapa objek wisata yang bisa dinikmati oleh siapa saja yang singgah di sini. Tak sedikit dari tempat-tempat tersebut memiliki pesona wisata kelas dunia. Dari wisata bahari yang tentunya memukau semua yang melihatnya, pemandangan alam yang ada di pulau ini bisa dikunjungi.

Ada juga banyak aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di Pulau Moyo. Pengunjung tidak akan kekurangan sarana untuk menikmati keindahan dan eksotismenya yang menakjubkan. Lokasinya yang cukup jauh dari keramaian kota tidak membuat kenyamanannya berkurang. Banyak hal yang disediakan untuk dimanfaatkan wisatawan yang datang.

Atraksi yang dimiliki Pulau Moyo

Atraksi Pulau MoyoKredit gambar: Google Maps Ilsuk Kim

1. Eksotisme Pantai Tanjung Pasir

Dengan garis pantai yang panjang, pulau ini memiliki beberapa pantai untuk dikunjungi. Hampir semua destinasi ini menawarkan pemandangan bawah laut yang memukau. Salah satunya adalah pantai Tanjung Pasir. Objek wisata ini memiliki hamparan pasir putih terluas di pulau ini.

Air laut di sekitarnya terlihat begitu jernih. Birunya air yang mengelilinginya seolah mendorong wisatawan untuk berenang menikmati kesejukannya. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati aspek bawah laut dengan menyelam ke dalamnya. Banyak hal yang bisa dinikmati di sana, seperti deretan terumbu karang yang indah dan satwa laut yang lincah.

2. Keindahan pantai berpadu dengan bebatuan besar

Di antara sekian banyak pantai di Pulau Moyo, ada satu yang memiliki keunikan tersendiri. Ini adalah Pantai Poto Jarum yang terletak di ujung pulau. Meski begitu, pantai ini layak untuk dikunjungi karena menawarkan pemandangan indah yang berbeda dari tempat lain yang sejenis.

Lautnya berwarna biru kehijauan dengan pemandangan yang tidak terhalang dimana Anda bisa melihat dasarnya dengan mata telanjang. Ombaknya yang tenang berpadu dengan semilir angin yang bertiup membuat betah berada disana. Untuk menuju ke sana, Anda bisa menggunakan speedboat selama 1 jam dari pantai Tanjung Pasir.

3. Pesona hutan tropis di sekitar pantai

Pantai Ai Manis memiliki pemandangan yang sangat luas yang menampilkan penampakan laut lepas. Hal ini dikarenakan bentuknya yang memanjang dengan bebatuan di dasar laut di sekitarnya. Dengan hamparan hutan hujan di sekitarnya, menyerupai Pantai Raja Sua yang dekat dengan Pantai Tanjung Pasir.

4. Nuansa Indah Pantai Brang Sedo

Pantai ini terletak di sebelah vegetasi tanaman di Pulau Moyo, yang terletak di utara Sumbawa. Air di sekitarnya juga tampak jernih dengan ombak yang tenang sehingga nyaman untuk ditinggali. Objek tersebut menjadi pilihan wisatawan yang ingin bermalam dengan berkemah.

5. Sagele Takat yang Unik dan Cantik

Objek wisata yang dimiliki oleh Pulau MoyoKredit gambar: Google Maps Dewi Tumarzena

Jika wisatawan mengunjungi pulau kecil ini pada musim kemarau, mereka dapat menemukan gundukan pasir putih di atas karang. Tumpukan pasirnya unik dan indah dipandang. Tempat ini merupakan salah satu fenomena yang menjadi daya tarik pulau ini.

Berada di atas karang yang dikelilingi air laut yang selalu tampak begitu murni, objek ini akan membuat pengalaman liburan di sana semakin menyenangkan. Pasalnya, pengunjung bisa menikmati pemandangan laut di sekitar pulau dengan lebih dekat dengan ikan-ikan yang tampak berenang di bawah permukaan air.

6. Air Terjun Mata Jitu

Objek ini menyandang gelar Queen Waterfall karena pernah dikunjungi oleh mendiang Lady Diana dari Kerajaan Inggris. Airnya yang jernih dan sejuk berpadu dengan hutan sekitar yang terlihat begitu asri membuat suasana begitu teduh dan nyaman.

Air terjun ini terdiri dari susunan 7 kolam renang bertingkat. Bentuknya yang unik membuatnya terlihat seperti air terjun di negeri dongeng. Gradasi dari hijau muda ke hijau tua memberikan tampilan yang begitu menakjubkan ditambah dengan stalagmit yang mengelilinginya.

7. Oasis indah di jantung pulau

Tepat di tengah pulau, terdapat air terjun bernama Diwu Mbai. Kesejukan airnya seperti oase di cuaca panas di Pulau Moyo. Lingkungannya berupa hutan dengan pepohonan yang berumur beberapa dekade. Ada ayunan yang menempel di salah satu pohon di dekat air terjun.

8. Air Terjun Tersembunyi Sengalo

Objek wisata seperti permata di pulau ini tidak banyak diketahui orang. Air terjun yang memiliki kolam besar ini terletak cukup jauh di tengah pulau. Pengunjung harus menyebrangi pantai menuju desa Sebotok, kemudian menempuh perjalanan dengan sepeda motor, kemudian berjalan kaki sekitar setengah jam untuk sampai ke sana.

Alamat dan rute menuju lokasi Pulau Moyo

Alamat Pulau MoyoKredit gambar: Google Maps Amanda Stewart

Pulau ini terletak di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Letaknya sekitar 2,5 kilometer sebelah utara Pulau Sumbawa. Untuk menuju ke sana, Anda bisa menggunakan speed boat atau kapal nelayan lokal di Pulau Sumbawa.

Pengunjung juga dapat menggunakan perahu umum yang berfungsi sebagai jembatan menuju pulau tersebut. Beberapa titik di Sumbawa bisa menjadi titik awal menuju ke sana. Diantaranya adalah Muara Kali, Ai Bari, dan yang paling sering digunakan adalah Labuan Badas. Sedangkan tujuannya adalah Labuan Aji di Pulau Moyo.

Muara Kali mudah diakses karena terletak di kawasan perkotaan. Tempatnya terletak di Labuan Sumbawa termasuk bagian tengah Sumbawa. Lokasinya berada di hilir Sungai Brang Biji sehingga pengunjung dapat dengan mudah mengaksesnya.

Sedangkan Labuan Badas berada di sebelah barat dengan jarak 7,2 kilometer. Pelabuhan Badas dapat dicapai dalam waktu sekitar puluhan menit dari Muara Kali dan pusat Kabupaten Sumbawa.

Biaya Perjalanan ke Pulau Moyo, Sumbawa

Biaya Perjalanan ke Pulau Moyo, SumbawaKredit gambar: Google Maps Clever Hadrians

Pengunjung tidak perlu membayar selama berada di pulau. Namun, ketika Anda mengendarai speedboat atau perahu untuk menuju ke sana, tentu Anda harus membayar biaya. Jika menggunakan kapal nelayan lokal, wisatawan harus membayar puluhan hingga ratusan ribu rupiah untuk sekali perjalanan yang memakan waktu satu hingga dua jam.

Namun, jika ingin melaju lebih cepat, Anda bisa menggunakan speed boat dengan tarif ratusan ribu hingga jutaan rupiah jika menyewa armada. Perjalanan hanya memakan waktu beberapa puluh menit. Sementara itu, wisatawan juga bisa menggunakan perahu dari Labuan Badas dengan biaya sekitar seratus ribu rupiah.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Moyo

Kegiatan menarik di Pulau MoyoKredit gambar: Google Maps Hananto Baratha

1. Menikmati pantai pasir putih

Pulau dengan garis pantai sekitar 88 kilometer ini memiliki berbagai tempat menarik untuk dikunjungi. Pantai di sana berwarna putih, dikelilingi lautan yang jernih dengan ombak yang tenang dan vegetasi alami yang terlihat hijau. Menikmatinya jelas merupakan kegiatan yang harus dilakukan di pulau itu.

2. Jelajahi laut di sekitarnya

Pengunjung bisa mempraktekkan aktivitas ini karena laut di sini relatif aman. Wisatawan bisa leluasa berenang di sekitar pantai-pantai yang ada. Selain itu, dengan air yang terlihat jernih, Anda bisa menyelam di sana. Kegiatan snorkling bisa dilakukan karena ada persewaan peralatan untuk melakukannya.

3. Mengunjungi hewan langka

Di Pulau Moyo, beberapa satwa tergolong langka, seperti burung koakkao dan rusa timor. Terletak di kawasan konservasi Taman Buru.

4. Ambil gambar

Kegiatan ini sendiri tentunya menjadi kewajiban selama Anda menginap. Banyak spot yang bisa dijadikan tempat mengabadikan momen liburan.

Akomodasi murah di sekitar Pulau Moyo

Akomodasi murah di sekitar Pulau MoyoKredit gambar: Google Maps yoppie harimurti

1. Maleo Moyo Hotel & Resor Selam

Wisma ini membuka kamar mulai dari yang murah hingga harga menengah. Fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap seperti area parkir, AC, restoran.

2. Resor Laut Biru em

Hostel kelas menengah ini menawarkan berbagai fasilitas untuk dinikmati para pengunjungnya. Beberapa di antaranya adalah wifi, AC, kolam renang, restoran.

3. Bungalo Matahari Terbenam Moyo

Tempat ini bisa disewa dengan harga sedang dengan fasilitas yang disediakan seperti AC, wifi, area parkir.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Moyo, Sumbawa

Fasilitas di Pulau Moyo, SumbawaKredit gambar: Google Maps Faishal Rahman Akbar

Banyak fasilitas di pulau tidak terlihat begitu bagus. Beberapa ruas jalan tampak berlubang dan rusak. Namun, masih bisa dilintasi dengan nyaman oleh pengunjung yang singgah di situ. Ada tempat persewaan untuk wisata seperti snorkeling di sekitar pantai. Fasilitas seperti toilet dan tempat ibadah juga tersedia di sana.

Sumbawa memiliki beragam tempat wisata yang masih belum diketahui oleh kebanyakan orang. Bahkan jika banyak dari mereka memiliki kekhasan yang layak untuk dilihat. Salah satunya adalah Pulau Moyo. Berhenti di Sumbawa tidak akan lengkap jika tidak mengunjungi pulau tersebut.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button