Tiket dan Atraksi Kaliurang PUTRI TLOGO - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Atraksi Kaliurang PUTRI TLOGO

Harga tiket masuk Tlogo Putri: Rp 6.000 Jam Buka: 07:00 – 18:00 No. Telepon: -Alamat: Jalan Tlogo Putri, Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55582

Tlogo Putri Kaliurang salah satu tempat wisata alam dengan suasana sejuk dan pepohonan yang rimbun. Bahkan, masih ada hewan liar seperti monyet yang sering berbaur dengan turis. Kaliurang sendiri merupakan kawasan wisata pegunungan di lereng Gunung Merapi.

Di sini tidak hanya menikmati keindahan alamnya. Wisatawan juga bisa memainkan berbagai wahana menarik. Pada waktu-waktu tertentu atau akhir pekan, ada juga pertunjukan di kawasan objek wisata ini. Apalagi ada juga kuliner khas Kaliurang yang wajib dicoba.

Harga Tiket Masuk Kaliurang Putri Tlogo

Tempat wisata ini mematok tarif masuk yang tetap terjangkau. Selain itu, wisatawan juga dikenakan tarif parkir tergantung kendaraan.

Biaya masuk
Tiket masuk Rp 6.000
Penyewaan skuter Rp15.000 – Rp35.000
Tarif parkir
Sepeda motor Rp2.000
Mobil Rp 10.000
Bis Rp20.000

Baca: Tiket dan Aktivitas Taman Wisata Kaliurang

Jam Buka dari Putri Kaliurang Tlogo

Objek wisata ini buka setiap hari dan dapat dinikmati dari pagi hingga malam hari. Saat liburan atau akhir pekan, tempat ini sering ramai dikunjungi wisatawan. Jika tidak ingin terlalu ramai, Anda bisa datang pada hari kerja. Dan pada pagi atau sore hari, umumnya jumlah pengunjung akan berkurang.

Jam operasional
Setiap hari 07:00 – 18:00 WIB

Keindahan alam putri cantik Tlogo

Wisata Tlogo Putri KaliurangKunjungi Tlogo Putri Kaliurang. Foto: Gmap/Sarminto Rumadi

Tlogo Putri merupakan kawasan wisata alam di lereng Gunung Merapi. Lokasinya yang berada di dekat Gunung Merapi memberikan udara segar. Daerah ini juga begitu indah dengan pohon-pohon besar yang rimbun. Tenggelam dalam suasana, wisatawan akan mendengar kicau burung dan suara binatang hutan lainnya.

Sedangkan daya tarik utamanya adalah danau air tawar yang jernih. Danau ini memiliki air yang hijau jernih, serta permukaan air yang tenang. Bahkan, bisa dilihat dari permukaan dalam pantulan pepohonan di sekitarnya. Kadang-kadang pusaran kecil muncul karena bertengger burung atau serangga.

Di sekitar danau ini terdapat tembok semen untuk membatasi danau dari daratan. Serta pagar di pinggir jalan agar lebih aman saat wisatawan lewat. Wisatawan dapat bersantai dan menikmati keindahan di sekitar danau. Sambil berfoto dengan latar belakang danau yang indah ini.

Baca: Tiket Masuk SURALOKA ZOO dan Full Rides

Sejarah dan Mitos di Tlogo Putri

Nama Tlogo Putri sendiri memiliki arti tersendiri. Dimana “tlogo” dalam bahasa Jawa berarti danau atau danau. Sedangkan “putri” mengandung arti yang sebenarnya, yaitu putri atau bidadari. Hal ini tidak terlepas dari legenda yang melekat pada masyarakat setempat.

Menurut cerita, telaga ini pernah menjadi tempat pemandian bidadari dari surga. Tentu saja, itu adalah cerita turun-temurun yang tidak memiliki bukti. Meski begitu, masyarakat tetap mempercayainya. Dan tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Selain itu, ada juga kepercayaan bahwa jika air danau dapat membawa kebaikan. Jika Anda mencuci muka dengan air danau, itu akan membuat wajah Anda terlihat lebih muda.

Baca: Tiket dan Aktivitas Agrowisata Bhumi Merapi

Air Terjun Tlogo Putri

Daerah air terjun yang sangat bagusDaerah air terjun yang sangat bagus. Foto: Gmap/Muhammad Asad

Di kawasan Tlogo Putri, selain danau juga terdapat air terjun. Air terjun ini memiliki ketinggian lebih dari 10 meter. Aliran airnya tidak begitu deras, sehingga aman bagi wisatawan untuk mendekat. Debit airnya cukup rendah dan tidak jarang anak-anak bermain di bawahnya.

Aliran airnya begitu jernih, mengalir ke kolam dan sungai di bawahnya. Kolam di bawah air terjun juga sangat dangkal, dengan bebatuan yang berserakan. Wisatawan bisa berenang atau sekedar bermain di kolam ini. Tentunya sambil berfoto-foto memperlihatkan dasar air terjun yang indah ini.

Baca: Tiket LAVA TOUR MERAPI dan Tempat Menarik

Ikuti tur menikmati ketenangan danau

Danau Tenang Tlogo PutriTlogo Putri Telaga Tenang. Foto: Gmap/Baihaqi Aditya

Danau Tlogo Putri sendiri bisa dinikmati tanpa harus berenang di dalamnya. Terutama saat berkano atau mengayuh perahu. Selama berkano, wisatawan akan dibekali dengan peralatan seperti dayung dan pelampung. Sebuah kano hanya dapat menampung satu orang.

Perjalanan kano ini lebih cocok untuk remaja daripada orang dewasa. Karena Anda perlu keseimbangan agar sampan tidak terbalik.

Jika anak-anak ingin menikmati danau, mereka bisa mencoba wahana sepeda air. Tentunya lebih aman karena di kanan kiri sepeda air sudah dilengkapi pengaman. Wisatawan hanya perlu mengayuh sepeda air dan menyetir.

Baca: Tiket dan Aktivitas Bukit Klangon Sleman

Berkeliling kawasan wisata dengan skuter

Di sekitar kawasan wisata bersama SuterKeliling kawasan wisata bersama Suter. Foto: Wisata Gmap/Jogja

Kebaruan berikutnya di Tlogo Putri adalah wahana skuter. Wisatawan dapat menyewa skuter untuk jangka waktu tertentu. Tarif sewa yang berlaku juga berdasarkan waktu perjalanan penyewa antara 15 menit hingga 60 menit.

Dengan skuter, wisatawan dapat menjelajahi wilayah Tlogo Putri yang lebih luas. Bahkan, Anda bisa berjalan hingga patung elang Jawa di depan pintu depan. Sambil berfoto di depan patung elang di lokasi yang telah ditentukan. Jangan lupa untuk mengambil foto agar momen indah ini terabadikan dengan baik.

Menikmati Kuliner Kaliurang

Jika Jogja mengkhususkan diri pada gudeg, di Kaliurang ada hal lain yang bisa dicoba. Wisatawan bisa mencoba Jadah Tempe, yang paling terkenal adalah Jadah Tempe Mbah Carik.

Jadah adalah makanan ketan dengan pasta yang halus. Biasa disebut dengan uli atau di Jawa dikenal dengan gembllong. Teksturnya lembut dengan rasa kelapa yang gurih. Ditemani dengan tempe bacem ringan dan legit serta cabai rawit pedas.

Jika belum kenyang, Anda bisa mencoba Warung Mbah Ganis. Berikut ini adalah berbagai macam menu sate dan tongseng. Dari olahan ayam, dari kelinci hingga kambing. Dijamin bisa membungkam perut yang keroncongan.

Baca: Tiket dan Aktivitas BREKSI Cliff Park

Meredakan

Pertunjukan panggung tempat pementasanHiburan panggung untuk pementasan. Foto: Gmap/Jati Kurniawan

Tempat wisata ini telah dilengkapi dengan fasilitas umum yang lengkap. Mulai dari mushola, tempat parkir, toilet, fasilitas hiburan. Pada hari ulang tahun khusus, hari libur atau akhir pekan, berbagai acara akan berlangsung. Ada pertunjukan wayang kulit, saree campuran, grup musik dan komedian.

Lokasi Tlogo Putri Kaliurang

Kawasan wiata ini terletak di Jalan Tlogo Putri, Kaliurang, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button