Liburan Nataru, banyak hotel di Bandung telah dipesan oleh wisatawan - WisataHits
Jawa Barat

Liburan Nataru, banyak hotel di Bandung telah dipesan oleh wisatawan

Kabupaten Bandung

Momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) dimanfaatkan warga untuk berlibur. Kabupaten Bandung merupakan daerah tujuan wisata. Rupanya beberapa penginapan di Bandung sudah penuh dipesan.

Kabupaten Bandung sendiri memiliki beragam destinasi wisata mulai dari Pangalengan, Ciwidey hingga destinasi wisata lainnya. Kawasan ini juga sering diserbu wisatawan saat momen liburan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bandung Wawan A. Ridwan mengatakan, menurut laporan yang diterima, banyak hotel di Kabupaten Bandung yang sudah penuh dipesan wisatawan. Namun, dia tidak memungkiri masih ada beberapa hotel yang tidak penuh.

“Beberapa hotel sudah mengajukan full booking untuk Nataru. Tetapi ada juga beberapa hotel untuk akomodasi. Jadi saya sangat mengharapkan hotel-hotel yang ada di Kabupaten Bandung bisa full booking pada waktunya nanti,” kata Wawan detikJabarJumat (23/12/2022).

Dari laporan yang diterimanya, hotel yang dipesan termasuk dalam kategori hotel bintang lima. Sementara kategori hotel lain diapresiasi, masih ada beberapa yang tersisa.

“Di kawasan Soreang, saya kira hotel berbintang sudah full booking untuk tahun baru. Sedangkan untuk Ciwidey berbeda karena tidak semua hotel di sana berbintang. Ada yang belum terisi, dan belum optimal untuk mengisi loadout di dekat Nataru,” ujarnya.

Wawan memperkirakan tingkat okupansi masih sekitar 70 persen. Angka ini juga tercatat setelah pandemi COVID-19.

“Saya kira masih dalam kisaran 70 persen dari kondisi normal. Kondisi normal pada tahun 2019 sebelum pandemi. Ini mulai menggeliat setelah pandemi ini,” katanya.

Wawan berharap lonjakan ini akan membawa pertumbuhan ekonomi masyarakat. Terutama bagi para pemain di industri pariwisata.

“Mudah-mudahan ada geliat yang bisa dioptimalkan oleh para pelaku industri pariwisata untuk membawa pariwisata ke Kabupaten Bandung,” ujarnya.

Sedangkan salah satu penginapan yang lengkap adalah Bubu Jungle Resort and Restaurant. Ferdy Yunus Zahier selaku pengelola menyatakan bahwa penginapan sudah penuh untuk Natal dan Tahun Baru 2023.

“Nataru sampai tanggal 1 sudah full booking karena beda tipe, family, villa, kita punya 13 unit kamar,” kata Ferdy.

Dia menjelaskan, banyak propertinya yang sudah penuh dipesan karena menarik. Dari kejauhan bangunan tersebut terlihat seperti sangkar burung. Menurutnya, konsep tersebut dipilih karena penginapan ini ingin mengusung tema alam. Nama-nama ruangan yang digunakan juga menggunakan nama gunung.

“Karena posisi kami di belakang hutan, di depannya ada sungai. Jadi kami mengambil konsep melestarikan apa yang ada di lingkungan ini,” kata Ferdy.

Penginapan ini juga memiliki skywalk yang panjangnya kurang lebih 150 kaki. Skywalk mengelilingi area restoran. Skywalk adalah tempat yang menarik bagi wisatawan.

Saksikan liburan Nataru, GT Pasteur melihat lonjakan video kendaraan
[Gambas:Video 20detik]
(direktori/direktori)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button