Tiket dan Atraksi CANDI MUARO JAMBI - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Atraksi CANDI MUARO JAMBI

Tiket dan Atraksi CANDI MUARO JAMBI

Harga tiket masuk Candi Muaro Jambi : Rp 9.000. Jam buka: 08:00 – 18:00 WIB. Nomor telepon: -. Alamat/Lokasi: Muaro Jambi, Maro Sebo, Muaro Jambi, Jambi, Indonesia, 36382.

Tujuan wisata Candi Muaro Jambi merupakan warisan budaya populer di Sumatera. Bangunan candi menjadi saksi peradaban kerajaan ala Buddha di Nusantara. Konstruksi bangunannya terbuat dari batu bata merah yang memberikan kesan klasik. Kompleks bangunan ini konon merupakan tempat berkembangnya ajaran Buddha.

Sejak tahun 2009, candi ini tercatat masuk dalam jajaran warisan UNESCO. Bangunan candi yang megah berdiri di atas lahan seluas 3.981 hektar. Setidaknya ada 9 candi yang merupakan hasil penggalian situs purbakala di kompleks tersebut. Selain candi, terdapat pula objek danau, parit purbakala, dan hutan di kawasan candi.

Harga Tiket Masuk Candi Muaro Jambi

Untuk mengunjungi Candi Muaro Jambi, Anda tidak perlu merogoh kocek yang besar karena tiket masuknya relatif murah. Selain tiket masuk jika pengunjung malas jalan kaki, tersedia pula sepeda motor roda tiga, sepeda, dan sepeda motor listrik. Berikut harga tiket masuk dan sewa kendaraan bagi yang ingin mengunjungi pura.

Harga dan sewa tiket ke Candi Muaro Jambi
Tiket masuk Rp 9.000 per orang
Sewa becak motor Rp10.000 – Rp20.000
Rental Sepeda Rp 20.000
Sewa sepeda motor listrik Rp 50.000

Baca: JAMBI PARADISE Tiket dan Wahana Seru

Jam Buka Candi Muaro Jambi

Cagar budaya ini buka dari pagi hingga sore hari. Jam buka yang cukup panjang membuat pengunjung bisa berekreasi lebih lama di tempat ini. Destinasi wisata ini juga buka setiap hari.

Jam buka
Setiap hari 08.00 – 18.00 WIB

Obyek wisata Candi Muaro Jambi

Candi Tinggi merupakan salah satu bangunan di kompleks percandian Muaro JambiCandi Tinggi merupakan salah satu bangunan di kompleks percandian Muaro Jambi

Destinasi wisata yang satu ini memang sangat cocok untuk para penggemar sejarah. Karena situs arkeologi ini menyembunyikan banyak sisa-sisa yang menjadi saksi peradaban kuno. Selain itu, areanya juga luas, cocok untuk tempat rekreasi sambil bersepeda. Berikut hal-hal menarik saat berekreasi di sekitar candi.

Sejarah Candi Muaro Jambi Bercorak Budha

Penemuan kompleks candi terjadi pada abad ke-19, sedangkan para ahli meyakini bahwa candi tersebut telah ada sejak abad ke-7 hingga ke-12 Masehi.

Setelah penemuan tersebut, pemerintah pada tahun 1975 melakukan pemugaran. Pada rangkaian candi tersebut ditemukan plakat yang bertuliskan “wajrayang terkait dengan aliran Buddhis Tantrayana.

Bangunan candi merupakan peninggalan peradaban kerajaan Sriwijaya dan Melayu yang terkenal menganut agama Budha. Nuansa Buddha yang kental pada bangunan candi terlihat dari keberadaan artefak Buddha.

Di masa lalu, para pelancong dari berbagai belahan dunia datang ke sini untuk belajar lebih banyak tentang agama Buddha. Saksikan penemuan mutiara dari Persia, Cina, dan India.

Baca: Tiket DANAU KACO, Legenda, Misteri dan Pesona

Arsitektur dan patung candi yang unik

Artefak candi yang terdapat di museumArtefak candi yang terdapat di museum. Foto: google maps/Ahmad Ramadhan

Candi-candi yang terletak di pulau Jawa umumnya terbuat dari batu-batuan biasa. Namun candi Muaro Jambi dibangun dengan rangkaian batu bata merah.

Arsitektur candi mungkin mencerminkan mahakarya besar pada masanya. Karena sudah lengkap dengan pintu, blok seperti ruangan, hingga sistem pengairan.

Di sekitar candi terdapat museum yang menyimpan artefak-artefak yang ditemukan di situs purbakala candi. Pasalnya, kompleks candi menyimpan banyak arca dan artefak kuno.

Misalnya piring emas, mutiara, pecahan keramik tua dan lain-lain. Ada pula arca Prajna Paramita yang merupakan simbol dewi kebijaksanaan menurut ajaran Buddha Tantrayana.

Baca: Tiket ATHAYA GARDEN dan Berbagai Wahana Bertema

Tersebar beberapa candi kecil

Candi Gedong IICandi Gedong II. Foto: google maps/Pipiet Harusyah

Di kawasan sekitar candi, setidaknya terdapat 9 candi yang lokasinya tersebar dan terpisah-pisah. Ada Candi Kotomahligai, Kedaton, Gedong Satu, Gedong Dua, Gumpung, Tinggi, Telago Rajo, Batu Kembar.

Kemudian candi terakhir yang bisa dikunjungi diberi nama Kuil Astano. Jika dilihat secara keseluruhan terlihat bahwa ada candi yang utuh dan ada yang tidak.

Bahkan menurut perkiraan di sekitar kawasan ini, masih banyak area tanah yang belum tergali. Tempat ini berisi banyak reruntuhan candi hingga lebih dari 80 reruntuhan.

Sebagian besar bangunannya berbata merah. Jika melihat semua temuan di kompleks candi Muaro Jambi, hanya beberapa saja yang sudah mengalami pemugaran.

Danau dan sumur kuno

Selain candi, masih banyak objek lain yang sering dikunjungi wisatawan. Misalnya, danau yang airnya berwarna biru ini dulunya merupakan tempat pemandian para bangsawan.

Letaknya sekitar 100m dari candi ke arah tenggara. Kanal-kanalnya juga banyak yang sudah tua tapi airnya agak keruh.

Ada pencacahan berupa sumur yang bisa dikunjungi wisatawan. Konon kalau cuci muka di sana, awet muda.

Keyakinan ini, tentu saja, tidak memiliki bukti ilmiah. Tapi alangkah baiknya jika pengunjung bisa mencium bau air yang menyegarkan dari sebuah situs kuno.

Ruang hijau cocok untuk piknik

Kawasan hijau kompleks candi Muaro JambiRuang hijau di sekitar kompleks candi. Foto: google maps/Indra Pradana Simanjuntak

Kompleks candi sangat luas dengan ruang terbuka berumput hijau. Di sekelilingnya ada deretan pohon rindang untuk berteduh.

Tempat ini sangat cocok untuk piknik bersama keluarga, teman atau pasangan. Pengunjung bisa menggelar tikar dan makan bersama di bawah pohon.

Pengunjung bisa membawa makanan sendiri. Karena di area candi tidak ada warung makan yang menawarkan makanan berat. Namun, banyak sekali warung jajanan atau jajanan untuk menopang perut.

Menyewa kendaraan di sekitar candi

Kegiatan di sekitar kompleks candi lebih asyik menggunakan kendaraan. Dengan harga sewa yang tidak terlalu mahal. Pengunjung dapat menyewa becak listrik, sepeda atau sepeda motor. Dengan demikian, Anda tidak akan bosan berjalan-jalan di sekitar area candi.

Kemudahan

Terdapat fasilitas yang cukup lengkap di sekitar kawasan wisata candi Muaro Jambi. Pengelola sudah menyediakan toilet, mushola, tempat parkir. Kemudian ada juga fasilitas penunjang seperti persewaan sepeda motor becak, sepeda, sepeda motor listrik.

Lokasi Candi Muaro Jambi

Kawasan wisata candi ini terletak di Muaro Jambi, Kec. Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi 36382. Dari pusat kota Jambi ke lokasi candi berjarak 22,7 km. Perjalanan dengan mobil memakan waktu sekitar 37 menit.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button