Nusa Penida Bali - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Nusa Penida Bali – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Atraksi, Aktivitas Liburan, Fasilitas, Lokasi dan Biaya Perjalanan – Nusa Penida salah satu pulau wisata Bali yang menawarkan berbagai tempat menarik. Sebuah pulau dengan pemandangan laut yang indah dan tujuan wisata yang populer.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp75.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: daerah. Nusapenida, Kab. Klungkung, Bali; Kasus: Cek lokasi

Di Indonesia terdapat banyak sekali destinasi wisata yang menjadi primadona baik bagi penduduk lokal maupun wisatawan asing. Tempat yang menjadi primadona para wisatawan tentu saja Bali. Pulau dewata ini memiliki banyak destinasi wisata yang menakjubkan. Salah satu destinasi favorit adalah Nusa Penida.

Pulau Bali yang eksotis ini beberapa tahun terakhir menjadi primadona untuk dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Pemandangan alam yang unik dan indah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Pengunjung tersibuk ke pulau seribu pesona biasanya terjadi pada bulan Juli hingga Agustus, yang bertepatan dengan liburan sekolah.

Jika Anda sedang merencanakan liburan di Nusa Penida, tentunya Anda perlu mengetahui berbagai informasi terkait destinasi wisata ini. Berikut ulasan lengkap mengenai destinasi wisata menarik ini.

Atraksi Nusa Penida Bali

Tempat Wisata Nusa Penida BaliKredit gambar: Google Maps Made Prasetya

Bagi Anda yang pernah berlibur ke pulau ini pasti tahu bahwa destinasi wisata ini sebenarnya terbagi menjadi tiga wilayah yaitu Barat, Timur dan Selatan. Setiap lingkungan memiliki pesonanya sendiri.

Tempat wisata Nusa Penida Barat dikenal jauh lebih awal dibandingkan daerah lain. Lokasi yang menarik dan akses yang mudah menjadi pertimbangan tersendiri bagi pengunjung. Tak heran jika tempat ini lebih ramai dibandingkan daerah lain.

1. Pura Goa Giri Putri

Pintu masuk ke pura Goa Giri Putri sangat kecil. Permukaan jalan sekitar 80cm, jadi wisatawan yang masuk harus melihat ke bawah. Namun, setelah sampai di dalam gua, Anda akan menemukan sebagian besar ruangan. Di dalam ruangan terdapat sebuah pura yang digunakan oleh umat Hindu untuk berdoa. Aula gua yang luas dapat menampung hingga 5.000 orang.

2. Bukit Atuh

Bukit Atuh sering disebut sebagai Raja Lima karena kemiripannya dengan Raja Ampat di Papua Barat. Dilihat dari kejauhan, bukit ini akan terlihat seperti gugusan karang yang luar biasa. Pasir putihnya juga lembut.

Wisatawan juga dapat menikmati mata air di tepi pantai yang tidak berasa asin dan tidak pernah kering. Selain tempat-tempat tersebut, masih banyak tempat wisata lain di Nusa Penida seperti Pantai Berlian dan Teluk Manta yang menarik untuk menyelam.

3. Angel’s Billabong

Angel’s Billabong terletak sekitar 500 meter dari Pasir Uwug. Jadi, jika Anda sudah puas menikmati keindahan Pasir Uwug, Anda bisa langsung menjadikan Angel’s Billabong sebagai destinasi Anda selanjutnya.

Anda akan menemukan tebing dengan kolam alami yang menghadap ke laut, ini adalah bentuk Angel’s Billabong. Jika ombaknya tidak besar, beberapa wisatawan akan memanfaatkan kesempatan untuk berenang di sana.

4. Pantai Teluk Kristal

Tempat Wisata di Nusa Penida BaliKredit Gambar: Tampilan Insinyur Google Maps

Pantai Crystal Bay merupakan pantai yang eksotis bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan karang dan ikan bawah laut. Anda bisa menjadikan lokasi ini sebagai tempat penutup untuk day trip Anda. Pemandangan yang indah di sore hari akan membuat pikiran Anda lebih rileks dan siap untuk menikmati perjalanan selanjutnya.

Lokasi Nusa Penida Timur lebih sepi dari barat. Oleh karena itu, tempat ini cocok untuk wisatawan yang tidak terlalu suka keramaian.

5. Bukit dan Pantai Pinkie

Jika Anda berada di bukit ini Anda akan menemukan pemandangan yang menakjubkan. Di bawah Bukit Kelingking terdapat pantai putih bersih yang memanjakan mata siapa saja yang melihatnya. Namun, jalan menuju bukit ini cukup curam dan berbahaya.

6. Pasih Uwuh (Pantai Patah)

Pasih Uwuh berasal dari kata Pasih (pantai) dan Uwug (rusak) yang berarti pantai yang rusak. Namun, Anda tidak akan menemukan pantai di sana. Sebaliknya, Anda akan disuguhi dataran luas dengan lubang raksasa di tengahnya.

Jika diperhatikan, tempat ini memang layak disebut sebagai broken land dengan pemandangan yang menakjubkan. Anda juga bisa menikmati sunset di tempat ini.

Alamat dan rute menuju lokasi Nusa Penida

Alamat Nusa PenidaKredit gambar: Google Maps Parc Alphine

Pulau indah ini terletak di Klungkung, provinsi Bali, tepatnya di sebelah tenggara dan dipisahkan oleh Selat Badung. Oleh karena itu jika ingin menuju ke nusa penida jalur terbaik dan termurah adalah melalui jalur laut, di dekat pulau ini terdapat pulau-pulau kecil lainnya yaitu pulau nusa lembongan dan pulau nusa ceningan. Berikut rute menuju pulau tersebut:

1. Jalur Sanur

Rute Sanur dapat dicapai dengan perahu, speedboat dan perahu nelayan tersedia menawarkan tujuan ke Nusa Penida.

2. Jadwal Perjalanan Tanjung Benoa

Rute ini dapat ditempuh dengan menggunakan day cruise yang mengoperasikan kapal Quicksilver.

3. Pelabuhan Teluk Padang

Jalur ini cocok bagi Anda yang sengaja membawa kendaraan pribadi. Di jalur menuju Nusa Penida ini, Anda bisa naik kapal feri.

4. Pelabuhan Pantai Kusumba Klungkung

Rute menuju lokasi pulau ini dapat ditempuh dengan sampan yang telah disediakan khusus untuk transportasi unik para wisatawan.

Biaya Perjalanan Tour Nusa Penida Bali

Biaya Perjalanan Tour Nusa Penida BaliKredit Gambar: Google Maps Sembunyikan Wee

Menyeberang dari Sanur ke Nusa Penida menggunakan speedboat biaya antara 75.000 dan 100.000 sekali jalan. Sedangkan untuk turis asing, harga tiket speed boat berkisar antara 150.000 hingga 200.000 sekali jalan.

Sesampainya di Pelabuhan Banyar Nyuh, wisatawan biasanya akan ditawari kendaraan sewaan seperti sepeda motor dan mobil. Wisatawan lokal akan ditawari biaya sewa sepeda motor sekitar 75.000 sekali jalan per hari. Sedangkan sewa mobil dibandrol dengan harga 500.000 per hari. Jika Anda membutuhkan pemandu untuk mengemudi, harga sewa akan naik 300.000 per hari.

Wisatawan yang ingin menikmati Nusa Penida dalam satu hari disarankan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata terdekat. Contoh lokasi terdekat adalah Raja Lima, Pantai Atuh dan Pantai Diamond. Biaya masuk ke lokasi wisata juga tidak mahal. Cukup merogoh kocek 5 ribu untuk membeli tiket masuk per orang.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Nusa Penida

Aktivitas Menarik di Nusa PenidaKredit Gambar: Google Maps nisarg pandya

1. Mainkan olahraga air

Nusa Penida menawarkan fasilitas water sport seperti banana boat, parasailing, jet sky, flying fish dan masih banyak lagi. Anda dapat menyewa fasilitas ini dengan harga yang berbeda.

2. Berselancar

Ombak di pantai pulau ini cukup besar sehingga cocok untuk berselancar. Bahkan pulau cantik ini sering dijadikan sebagai ajang kompetisi selancar kelas dunia. Tak heran jika bagi yang belum tahu cara berselancar, ada juga instruktur yang siap membantu.

3. Perburuan Matahari Terbenam

Berburu saat matahari terbenam menjadi kegiatan wajib. Tidak lengkap rasanya mengunjungi Nusa Penida tanpa melihat sunset. Mengingat lokasi ini, itu adalah tempat yang tepat untuk menikmati keindahan alam.

4. Menyelam di perairan pulau

Lokasinya yang masih alami membuat perairan bawah laut pulau ini menjadi favorit untuk snorkeling dan diving. Di sini Anda bisa melihat keindahan bawah laut yang luar biasa. Berbagai biota laut masih cukup terjaga kelestariannya.

5. Berjalan-jalan melalui hutan bakau

Kegiatan menarik di Nusa PenidaKredit gambar: Google Maps Indra Tamedius Diputra

Destinasi menarik untuk berwisata di pulau ini adalah hutan mangrove. Hutan mangrove berfungsi untuk mengatasi abrasi air laut.

6. Lihat budidaya alga

Nusa Penida memiliki masyarakat yang bergantung pada hasil laut, termasuk rumput laut. Wisatawan dapat melihat secara langsung bagaimana masyarakat mengubah rumput laut menjadi sesuatu yang bernilai ekonomi.

7. Mendaki Bukit Teletubies

Bukit Teletubies merupakan bukit dengan lokasi yang mirip dengan kartun Teletubies. Semuanya menawarkan pemandangan perbukitan yang hijau dan luas. Ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi wisatawan.

8. Wisata perahu di Nusa Penida

Perahu wisata tidak hanya dapat digunakan untuk berkeliling pulau ini tetapi juga dapat digunakan untuk melihat lokasi Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan yang berada di dekat pulau wisata ini.

Penginapan murah di sekitar Nusa Penida

Penginapan murah di sekitar Nusa PenidaKredit Gambar: Google Maps Ariel DiazNusa Penida Bali – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Nusa Penida yang menjadi tujuan wisata unggulan tentunya memiliki fasilitas akomodasi berupa hotel. Harga sewa hotel berkisar dari ratusan ribu hingga jutaan per hari. Namun, harga sewa sebanding dengan fasilitas yang akan didapat. Semakin tinggi harga sewa, semakin lengkap penawaran akomodasi.

1. Desa Mereren

Ada beberapa hostel di kawasan wisata ini yang menawarkan fasilitas lengkap, di antaranya Desa Mereren. Hostel ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki anggaran terbatas.

Hostel ini menawarkan fasilitas berupa AC, kolam renang, restoran, wifi, parkir luas, dengan harga sekitar 1,5 juta per hari. Harga yang dipatok tentunya sangat proporsional dengan layanan yang ditawarkan.

2. Hotel Bukit Semabu

Bagi yang memiliki budget pas-pasan, Bukit Semabu bisa dijadikan tempat istirahat yang pas. Harga per malamnya mulai dari Rp 874.000 saja.

Hotel bintang 3 ini menawarkan fasilitas yang cukup lengkap seperti kolam renang, wifi, sarapan pagi, bar dan lain-lain.

3. Bukit Sangcure Hostel Penida

Selain itu, bagi Anda yang memiliki budget terbatas, akomodasi terjangkau yang disediakan oleh Bukit Sangcure Penida Hostel bisa menjadi pilihan yang tepat.

Hostel ini hanya menawarkan harga sewa di bawah 100.000 per hari. Fasilitas yang wisatawan dapatkan dari hostel ini adalah AC, parkir dan wifi.

Fasilitas yang tersedia di Nusa Penida Bali

FasilitasNusa Penida BaliKredit gambar: Google Maps Katarzyna Wręga

1. Pelabuhan

Jalur laut merupakan pintu masuk utama menuju kawasan wisata. Nusa Penida menawarkan 4 pelabuhan sebagai jalur transportasi bagi wisatawan, yaitu pelabuhan Buyuk, Toya Pakeh, Banjar Nyuh dan Sampalan.

2. Transportasi

Pengelola wisata pulau cantik ini telah memberikan fasilitas berupa mobil pick up yang dimodifikasi. Penjemputan ini dapat digunakan wisatawan untuk berwisata secara rombongan.

3. Restoran dan Kafe

Restoran yang direkomendasikan di sini adalah Poh Manis Restaurant yang menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman. Makanan yang tersedia termasuk makanan laut dan steak.

4. Penyewaan sepeda motor

Belum puas keliling Nusa Penida? Anda bisa meningkatkan rasa traveling Anda di sekitar pulau eksotis ini dengan mengendarai sepeda motor. Harga sewa motor di kawasan Toyapakeh berkisar antara 80.000 hingga 120.000.

Nusa Penida Bali memiliki pesona luar biasa yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Suguhan alam yang eksotis, akses yang sulit, fasilitas yang tersedia, harga yang terjangkau dan penduduk yang ramah akan menjadi kenangan tersendiri bagi wisatawan dan membuat semua orang ingin kembali lagi.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button