Pemandangan & Tengara di Solo - WisataHits
wisatahits

Pemandangan & Tengara di Solo

Pemandangan & Tengara di Solo

Kota Solo adalah julukan dari kota Surakarta yang merupakan salah satu kotamadya yang terletak di bagian selatan Jawa Tengah. Di artikel lain di blog ini Anda mungkin akan menemukan daftar tempat wisata terindah di Kabupaten ini.

Namun dalam artikel ini kita akan membicarakannya secara khusus tempat wisata di Solo yang harus Anda kunjungi. Lagi-lagi khusus untuk tempat wisata di kota Solo.

Setiap kota berlomba-lomba untuk meningkatkan pembangunan daerahnya dengan pariwisata sebagai daya tarik utama kota tersebut. Kini Surakarta atau Solo telah dijadikan sebagai tempat wisata dengan tempat wisata yang berada di Solo dan lingkungan sekitar Solo.

Pemandangan & Tengara di Solo

Berikut tempat wisata Solo yang terkenal

1. Tempat Wisata Taman Hiburan Rakyat (THR) Sriwedari Solo.

Objek wisata Taman Hiburan Rakyat Sriwedari merupakan taman sejarah kota Solo.

Tempat wisata ini sudah lama dijadikan sebagai tempat pertunjukan kesenian tradisional khas Jawa Tengah seperti wayang orang, kethoprak, pesta gamelan menyanyi keroncongan dan tari jawa.

Namun kini Taman Sriwedari telah disulap menjadi tempat yang lebih modern, dengan tambahan permainan anak-anak bahkan ada taman air mini.

Tidak hanya wahana hiburan, terdapat juga warung makan dan panggung pertunjukan musik lokal seperti dangdut, lagu Koes Plus atau panggung band lokal.

2. Tempat Wisata Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Dulunya tempat wisata Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ini merupakan bagian dari kerajaan Mataram.

Karena perebutan kekuasaan dan masalah politik, Kerajaan Mataram akhirnya terpecah menjadi 2, yaitu Kasunanan Surakarta dipimpin oleh Pakubuwono III dan Kesultanan Yogyakarta dipimpin oleh Pangeran Mangkubumi.

Setelah itu Pangeran Mangkubumi bergelar Sultan Hamengku Buwono I dan merupakan titik awal berdirinya Kerajaan Yogyakarta yang masih eksis hingga saat ini. Begitu juga dengan Keraton Surakarta yang masih berdiri hingga sekarang.

Ada banyak jenis peninggalan raja-raja sebelumnya. Pengunjung dapat melihat berbagai jenis koleksi di keraton ini.

Tak hanya itu, di Keraton Surakarta, upacara adat juga kerap dilakukan pada hari-hari tertentu, seperti Sekaten pada malam maulid Nabi dan arak kebo Kyai Slamet pada malam 1 Suro.

Oleh karena itu hingga saat ini Keraton Surakarta dijadikan sebagai tempat wisata di Solo yang banyak diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

3. Tempat Wisata Kebun Binatang Taru Jurug

Tempat wisata unggulan di Solo berikut ini hadir berupa objek wisata kebun binatang. Tempat wisata Kebun Binatang Jurug atau nama resminya Taman Margasatwa Taru Jurug merupakan salah satu tempat wisata kebanggaan warga Solo.

Tempat wisata Kebun Binatang Jurug terletak di pinggir Bengawan Solo atau perbatasan dengan Kabupaten Karanganyar.

Objek wisata tersendiri, Kebun Binatang Jurug memiliki koleksi hewan yang lengkap. Suasana tempat wisata solo ini juga sangat sejuk, nyaman dan aman sehingga sangat cocok sebagai tempat berkumpul bersama teman-teman anda.

Untuk semua hari Minggu dan hari libur, tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

4. Tempat Wisata Museum Radya Pustaka

Obyek wisata Museum Radya Pustaka terletak di dekat kompleks Taman Sriwedari Solo. Landmark Museum Radya Pustaka ini merupakan salah satu museum tertua di Indonesia.

Di dalamnya banyak barang-barang yang berkaitan dengan kota Solo dan peninggalan Keraton Mataram.

Koleksi yang cukup terkenal adalah koleksi porselen yang merupakan pemberian Napoleon Bonaparte kepada Sri Susuhunan Paku Buwono IV.

Namun sayangnya museum ini memiliki sejarah buruk berupa pencurian barang koleksi oleh oknum keluarga kerajaan Surakarta.

Namun kasus ini diselesaikan oleh polisi. Ini menunjukkan betapa tidak hormatnya kita sampai sekarang terhadap sejarah negara kita sendiri. Peninggalan-peninggalan sejarah harus selalu kita lestarikan agar kita selalu dapat mengingat sejarah bangsa kita sendiri.

5. Tempat Wisata Pasar Malam Ngarsopuro Solo

Ngarsopuro merupakan salah satu jalan di kota Solo yang disulap menjadi tempat berkumpul yang sangat nyaman bagi warga Solo.

Untuk kawasan Ngarsopuro tepatnya terletak di Jalan Diponegoro atau bagian selatan Candi Mangkunegaran. Pada hari kerja, setiap malam tempat ini dipadati anak muda yang nongkrong.

Namun setiap hari Sabtu dan Minggu mulai pukul 19.00 hingga 21.00 WIB, tempat ini dijadikan sebagai pusat keramaian berupa pedagang yang menjajakan dagangannya kepada pengunjung. Barang-barang yang dijual di Solo City Tour ini berupa batik, cinderamata, kerajinan tangan, makanan khas Solo, dan barang-barang suvenir lainnya.

6. Tempat Wisata Museum Batik Solo Danar Hadi

Jika Anda dari luar kota dan berkunjung ke Solo, rasanya belum lengkap jika belum membeli batik Danar Hadi sebagai oleh-oleh. Danar Hadi merupakan brand batik ternama asal Solo. Baju batik Danarhadi bisa anda jadikan sebagai oleh-oleh khas Solo yang sangat cantik dan menarik.

Selain outlet, Danar Hadi juga telah mendirikan museum batik yaitu Museum Batik Danar Hadi. Di Museum Batik Danar Hadi Solo, pengunjung dapat melihat koleksi berbagai desain batik dari seluruh nusantara.

Baca juga : Mengunjungi Istana Warisan sendirian

7. Tempat Wisata Pasar Klewer Solo

Pasar Klewer merupakan pasar yang menawarkan berbagai macam kain, batik dan pakaian terbesar di Solo. Di sini kamu bisa beli baju murah, karena Pasar Klewer adalah tempat grosir baju.

Namun perlu diingat bahwa Anda juga harus pandai menawar harga. Meski tidak sebagus yang ditawar, harga baju sebenarnya bisa mahal.

Selain wisata budaya, kota Solo juga terkenal dengan wisata belanjanya. Salah satu wisata belanja Solo yang wajib dilakukan adalah berbelanja di Pasar Klewer Solo.

8. Tempat Wisata Galabo Solo

Tempat wisata di Solo berikut ini berupa wisata kuliner yang buka pada malam hari. Tempat wisata Galabo mewakili Gladak Langen Bogan yang merupakan semacam pusat kuliner yang terletak di Solo dan buka setiap malam.

Di lokasi ini terdapat berbagai jenis gerai makanan dan jajanan yang siap menyediakan makanan favorit Anda.

Gerai yang menjualnya pada dasarnya adalah gerai yang ada di Kota Solo, namun memiliki area khusus untuk membuka toko di sana sehingga pengunjung dapat menikmati berbagai jenis makanan dalam satu tempat.

Untuk makanan yang dijual di solo food tour ini misalnya bandeng bakar, soto, steak, angkringan, sate, timlo, gudek, dll. Oh iya, lokasi Galabo sesuai dengan namanya berada di kawasan Gladak atau tepatnya di seberang PGS.

Baca Juga : Tempat Wisata di Bandungan Semarang

Demikian tadi informasi tempat wisata terindah di kota solo yang wajib anda kunjungi. Semoga membantu anda yang sedang mencari informasi tempat wisata di Solo dan sekitarnya yang paling anda minati. Jangan lupa untuk mencoba penawaran Wisata Kuliner Solo yang sangat diminati wisatawan.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button