Tiket dan Atraksi BUNKER BATUJAJAR - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Atraksi BUNKER BATUJAJAR

Tiket dan Atraksi BUNKER BATUJAJAR

Harga Tiket Masuk Bunker Batujajar: Gratis. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat/Lokasi: Manglid, Cangkorah, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia, 40561.

Bunker Batujajar sebuah situs bersejarah yang diperkirakan sudah ada sejak masa penjajahan Belanda. Berdiri di tengah ruang hijau tepat di pinggir Waduk Saguling. Bunker pertahanan militer yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Meski warna catnya sudah memudar mengingat usia bangunan, namun usianya sudah sangat tua.

Letak bunker yang berseberangan dengan Waduk Saguling ini memang menjadi daya tarik tersendiri. Karena selain mengunjungi bangunan bersejarah, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan danau. Banyak juga aktivitas seru yang bisa dilakukan pengunjung seperti piknik, naik perahu hingga kemping.

Tiket Masuk Bunker Batujajar

Pengunjung yang datang ke bunker Batujajar tidak dipungut biaya alias gratis. Semua keindahan alam danau ini dan bangunan tua yang eksotis bisa dinikmati secara gratis

Harga Tiket Masuk Bunker Batujajar
Tiket masuk Bebas
Di atas perahu Rp 20.000

Baca: Danau Wakadobol Bandung & Wisata Ekstrem Terlarang

Jam buka

Tempat wisata ini selalu buka setiap saat, Bunker Batujajar bisa dikunjungi kapan saja karena buka setiap hari selama 24 jam. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pagi menjelang siang atau sore hari sekitar jam 4 pagi. Ini untuk menghindari terik matahari, karena lokasinya berada di lapangan terbuka.

Jam buka
Setiap hari 24 jam

Atraksi Bunker Tua yang Unik

Bangunan bunker Batujajar lama Bangunan bunker tersebut masih kokoh hingga saat ini. Foto: google maps/radio backpacker guesthouse

Di lokasi ini terdapat bunker kecil di tepi Waduk Saguling. Bagian depan bangunan bunker memiliki ruang setengah lingkaran dengan beberapa lubang di depannya. Lalu ada bagian lain yang terpasang di belakang dan itu tinggi. Di bagian belakang bangunan terdapat tangga dan pengunjung dapat menaikinya.

Bunker yang berwarna hijau terlihat sudah pudar, khas bangunan tua. Meski memudar, sebenarnya cantik sebagai objek foto bertema kuno. Selain itu, banyak pengunjung yang berswafoto di sekitar bangunan bunker.

Ada bebatuan berbentuk bunker di dalam air

Selain bunker di pinggir waduk, ternyata di tempat ini ada bunker lain yang berada di dalam air. Mungkin bukan bunker aslinya, melainkan batu unik yang mirip dengan bunker tersebut. Letaknya sekitar 25 meter dari bunker Batujajar, di dalam waduk. Bebatuan berbentuk bunker itu tidak dibangun oleh sembarang orang melainkan terbentuk secara alami.

Bebatuan menyerupai bunker akan terlihat saat air waduk surut. Biasanya pada bulan Agustus atau September air surut sehingga pengunjung bisa melihatnya. Saat air pasang, sayangnya objek tersebut tidak akan terlihat.

Matahari terbenam di bunker Batujajar

Destinasi wisata Bunker Batujajar memiliki lokasi yang nyaman dan asri. Areanya luas dengan rerumputan hijau dan terdapat pepohonan untuk berteduh. Selain nongkrong menikmati keindahan Waduk Saguling, kawasan ini juga kerap menjadi tempat yang tepat untuk menyaksikan sunset.

Sambil menunggu matahari terbenam, pengunjung bisa berpiknik dan menggelar tikar di rerumputan di pinggir waduk. Pengunjung harus membawa makanan sendiri karena tidak ada yang menjualnya di sini. Pengunjung yang ingin menyaksikan sunset bisa datang sebelum jam 6 sore. Panorama sunset di sekitar bunker sangat indah, apalagi dengan kombinasi perairan waduk.

Suasana nyaman untuk penyembuhan

Menyembuhkan di bunker BatujajarPeremajaan dan relaksasi di tepi danau di sekitar bunker. Foto: google maps/Rizki Nursaefurohman

Area bunker cocok untuk wisatawan yang ingin berkunjung sementara penyembuhan. Lokasinya cukup tersembunyi dan jauh dari keramaian. Udara segar yang dipadukan dengan angin sepoi-sepoi yang menang akan melengkapi kenyamanan. Pemandangan waduk juga sangat indah dan enak dipandang, pengunjung bisa bersantai sambil menikmati panorama.

Naik perahu keliling waduk

Naik perahu mengelilingi Waduk SagulingNaik perahu mengelilingi Waduk Saguling. Foto: google maps/Indriani

Pengunjung yang datang ke Bunker Batujajar bisa mencoba wahana perahu. Seru banget mengelilingi Waduk Saguling dengan perahu berdua. Perjalanan perahu ini dikenakan biaya tetapi harganya masih sangat terjangkau.

Ada juga perahu yang berfungsi sebagai transportasi ke kota terdekat. Melalui waduk, pengunjung bisa menyeberang dengan perahu untuk sampai ke Kota Baru Parahyangan. Sebaliknya, dari Kota Baru Parahyangan, Anda bisa mengakses tempat wisata ini dengan perahu.

Berkemah di area bunker Batujajar

Berkemah di area bunker BatujajarBerkemah di area bunker. Foto: google maps/Shyfa Berlianty

Kawasan Bunker Batujajar sering menjadi tempat berkemah bagi wisatawan karena luasnya. Bagi yang ingin berkemah di kawasan ini harus membawa perlengkapan sendiri. Pengunjung bisa membawa kompor portabel memanggang panggang.

Bagi yang tidak memiliki perlengkapan tenda, di kawasan Batujajar tersedia tempat persewaan tenda dan berbagai perlengkapan camping. Contohnya Sewa Kamp Arjuna atau Sewa Kamp Batujajar yang jaraknya 8 km dari Bunker Batujajar.

Sering menjadi tempat latihan TNI

Ambil foto di atas bunkerPengunjung mengambil foto di atas bunker. Foto: google maps/traveler. Hanya

Gedung Bunker Batujajar terletak di Zona Militer Tentara Nasional Indonesia. Tak heran jika sewaktu-waktu kawasan ini bisa menjadi tempat latihan fisik bagi TNI. Selain itu, area bunker terkadang bisa menjadi lokasi latihan menembak. Namun pada hari biasa, tempat ini akan menjadi tujuan wisata yang menarik sekaligus menjadi spot foto.

Akses jalan

Lokasi bunker Batujajar agak tersembunyi, beberapa jalan masih belum diaspal. Aksesnya cukup sulit karena jalannya masih tanah dan berbatu. Sepanjang jalan menuju bunker, pengunjung dapat menikmati pemandangan perkebunan dan sawah. Sebaiknya datang pada musim panas karena pada musim hujan akses jalan akan becek.

Mobil masih bisa mengakses tempat ini namun jalannya cukup sempit. Jalan di areal persawahan hanya cukup untuk satu mobil saja. Pengunjung disarankan membawa kendaraan roda dua.

Kemudahan

Di sekitar bunker Batujajar tidak ada toilet atau penjual makanan. Pengunjung bisa menemukan toilet jika menyusuri Kota Baru Parahyangan. Di tengah jalan, akan ada toilet di sebelah kafe. Asyiknya, tempat ini memiliki fasilitas rekreasi seperti perahu dan area camping yang luas.

Lokasi bunker Batujajar

Destinasi wisata ini terletak di Manglid, Cangkorah, Kec. Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40561. Dari pusat kota Bandung ke Bunker Batujajar berjarak 21 km. Jika Anda pergi dengan mobil, dibutuhkan sekitar 1,5 jam.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button