Hotel di Banyuwangi Splashing Luck G20 Bali - WisataHits
Jawa Timur

Hotel di Banyuwangi Splashing Luck G20 Bali

Banyuwangi, IDN kali – Seluruh pelaku usaha hotel, restoran dan pariwisata di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur menyambut positif KTT G20 yang akan digelar di Bali pada 15-16 November mendatang. Berbagai persiapan pun dilakukan. Selain pengamanan, hotel dan wisata di Banyuwangi juga bersiap. Mereka mengaku dihujani berkah dari konferensi dunia itu.

1. Banyak tamu yang memilih Banyuwangi untuk menginap

Hotel dan Pariwisata Banyuwangi Meriahkan Fortune G20 Summit di Baliilustrasi hotel. (Instagram/@grandcandismg).

Presiden Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Banyuwangi Zaenal Muttaqin, sudah beberapa pekan merasakan dampak ekonomi dari KTT G20. Menurut Zaenal, hotel dan restoran di Banyuwangi sudah dijejali makanan sejak simulasi keamanan Selat Bali dilakukan. Dia mengatakan banyak tamu dari luar daerah yang menginap di beberapa hotel atau penginapan.

“Kemarin, saat rombongan tamu TNI dan Polri dari Jawa Timur hadir untuk persiapan KTT G20, beberapa rekan hotel juga terkena imbas secara ekonomi. Tak hanya hotel berbintang, hotel kelas melati pun sudah merasakan hal ini. Banyak yang menginap,” kata Zaenal, Kamis (11/10). /2022).

Menurut Zaenal, tidak menutup kemungkinan banyak delegasi akan tinggal beberapa hari lagi setelah KTT G20 untuk mengunjungi daerah-daerah di Indonesia, termasuk Banyuwangi.

“Pasti ada kemungkinan, yang jelas kami Sahabat Hotel dan Penginapan Banyuwangi akan memberikan pelayanan yang terbaik untuk tamu-tamunya,” ujarnya.

Baca Juga: KTT G20, Jatim Siaga 700 Aparat Keamanan di Banyuwangi

2. Penyeberangan Bali via destinasi wisata ditutup sementara

Hotel dan Pariwisata Banyuwangi Meriahkan Fortune G20 Summit di BaliPerahu nelayan di Banyuwangi. (IDN Times/Agung Sedana)

Selain itu, seluruh pengelola pariwisata di Banyuwangi telah melakukan serangkaian persiapan matang untuk menyambut KTT G20 di Bali. Mulai dari sosialisasi hingga bentuk pengamanan wisata. “Sudah disosialisasikan dan kami di Himpunan Pokdarwis Banyuwangi juga sudah membahasnya bersama-sama,” kata Ketua Pokdarwis Banyuwangi Abdul Aziz.

Menurut Aziz, seluruh pengelola pariwisata di Banyuwangi telah sepakat dan bertekad untuk melarang setiap kelompok yang berencana mengganggu pertemuan tingkat dunia itu. Salah satunya adalah penutupan jalur penyeberangan tikus ke Bali untuk wisata pantai.

“Perlintasan jalur tikus ke Bali sudah kami bahas dan akan kami pertahankan dan pelarangan sementara. Terutama dalam wisata pantai. Kami juga akan melarang siapa pun yang mengganggu kelancaran G20 di Banyuwang,” katanya.

3. Penawaran Perjalanan Spesial G20

Hotel dan Pariwisata Banyuwangi Meriahkan Fortune G20 Summit di BaliWisata Pinus Songgon Banyuwangi. (IDN Times/Agung Sedana)

Aziz mengatakan, untuk menyambut KTT G20 mendatang, ada beberapa destinasi wisata di Banyuwangi yang sengaja menawarkan promo dan paket wisata menarik. Hal itu dilakukan untuk memanfaatkan momen G20 sebagai ajang promosi pariwisata di Banyuwangi.

“Memang benar, dan itu adalah wewenang dari setiap teman yang menjalankan tur. Bagaimana dengan event dunia ini, teman-teman di Banyuwangi bisa mempromosikan wisatanya masing-masing,” jelasnya.

Salah satu pengelola pariwisata di Banyuwangi, Yusuf Sugiono mengaku telah memberikan promo khusus G20 bagi setiap orang yang ingin berwisata ke Pinus Songgon mulai 14-17 November 2022. Dia sudah menyediakan paket perkemahan VIP khusus di kapal pesiar olahraga air.

“Berlaku untuk semua orang, khusus untuk menyambut event G20 ini, Pinus Songgon punya promo menarik di pertengahan bulan ini,” kata Yusuf.

Baca Juga: Grace, Pemain Biola Surabaya yang Tampil Bagus di KTT dan Istana G20

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button