Sedayu Karst Tubing, sungai dengan dinding kapur yang menakjubkan di Bantul - WisataHits
wisatahits

Sedayu Karst Tubing, sungai dengan dinding kapur yang menakjubkan di Bantul

Sedayu Karst Tubing, sungai dengan dinding kapur yang menakjubkan di Bantul
Harga tiket: Rp 50.000, Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jl.Wates No.Km.9, RW.5, Surobayan, Argomulyo, Kec. Sedayu, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

River tubing tidak dapat disangkal adalah salah satu kegiatan paling populer saat ini. Body rafting menggunakan ban (bak) seperti ini akan menghadirkan pengalaman seru dan menantang, apalagi jika dilakukan secara beramai-ramai bersama keluarga atau teman. Bagi yang berminat, Karst Tubing Sedayu merupakan tempat yang tepat untuk melakukan aktivitas body rafting ini.

Disebut Karst Tubing karena sungai tersebut memiliki dinding batu kapur (karst) dengan pemandangan yang menakjubkan. Keberadaan dinding kapur ini menjadi daya tarik tersendiri, sehingga Anda wajib mencoba rafting di sini saat liburan di Kabupaten Bantul. Hal menarik apa saja yang bisa ditemukan di tempat wisata?

Cek hotel murah di Bantul

Daya Tarik Karst Tubing Sedayu

Atraksi Karst Tubing SedayuFoto oleh Fatchi Bangsawan di Google Maps

✦ Sungai Bertembok Kapur

Selama aktivitas menyusuri sungai menggunakan ban dalam tour guide Bantul ini, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan dinding kapur atau karst di kanan dan kirinya. Tebing karst menjadi daya tarik tersendiri karena mampu memanjakan mata dengan bentuk dan warnanya yang indah.

Selain deretan tebing-tebing karst, Anda juga akan disuguhi dengan berbagai pemandangan menawan saat menyusuri sungai. Seperti rimbunnya pepohonan yang membuat suasana asri dan segar, hingga areal tanam warga yang hijau dan royo royo.

✦ Ada dua pilihan jarak

Karst Tubing Sedayu menawarkan aktivitas body rafting dengan menggunakan ban yang dapat diatur sesuai selera. Maksudnya di sini pengunjung memiliki dua pilihan jarak untuk menyeberangi sungai, ada yang menempuh jarak 900 meter dan jarak 1,2 kilometer dengan kedalaman sungai hingga 2 meter.

Jadi Anda bisa memilih apakah ingin menempuh jarak 900 meter yang sangat cocok untuk pemula, atau ingin menyusuri sungai lebih panjang melewati jarak 1,2 kilometer. Selain menjadi permainan air yang menarik untuk menantang adrenalin, river tubing bisa menjadi aktivitas seru untuk kumpul-kumpul. Petualangan sungai seperti ini akan menambah kedekatan emosional di antara mereka.

✦ Dipandu oleh para profesional

Body rafting memang termasuk aktivitas olahraga adrenalin tingkat dasar yang cukup menantang. Selain itu, setiap orang akan menggunakan satu ban selama kegiatan penyeberangan sungai, tidak seperti arung jeram yang menggunakan perahu karet dengan maksimal 6 peserta sekaligus.

Artinya jika anda terbawa suasana dan terpisah dari rombongan, maka anda akan terpisah sendiri saat pelampung turun. Namun Anda tidak perlu khawatir akan hal itu karena Karst Tubing Sedayu sudah memiliki guide profesional yang siap membantu Anda. Mereka akan memberikan arahan terlebih dahulu selama kurang lebih 10 menit sebelum meluncur menyusuri sungai.

Jogja Day Trip: Arung Jeram Sungai Oya, Sri Getuk dan Lintang Sewu

✦ Paket Wisata Luar Negeri

Jika Anda datang ke sini dengan rombongan besar, Anda bisa memilih perjalanan terorganisir yang sangat menarik untuk dicoba. Destinasi ini memang sangat cocok untuk acara kumpul-kumpul, dimana ditawarkan paket sekali jalan dengan minimal 30 peserta selama 3 jam.

Selain paket sekali jalan, Karst Tubing Sedayu juga menawarkan paket Ice Breaking dengan minimal 30 peserta. Kemudian ada juga paket Belajar Gamelan satu jam minimal 30 orang, Jemparingan/Panahan minimal 30 peserta, Tour Sepeda minimal 20 peserta.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Tabung Karst SedayuFoto oleh Arif Ra di Google Maps

Karst Tubing terletak di Jalan Raya Wates Km 9,5, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, DIY Yogyakarta. Karst Tubing yang menawarkan wisata tepi sungai yang memacu adrenalin hanya tersedia di alamat ini, sedangkan wisata serupa di Kali Serang sudah lama tutup, jadi jangan sampai salah tempat. Karena hanya ada satu di Dusun Surobayan, Sedayu.

Yang berjarak sekitar 12 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, dapat ditempuh dalam waktu 30 menit di tempat tersebut. Rute ini mudah diakses dengan jalan beraspal yang lebar. Jadi bisa menggunakan sepeda motor, mobil atau bahkan kendaraan besar seperti bus. Bahkan disalip oleh angkutan umum meski jumlahnya tidak banyak.

Jadi lebih baik menggunakan kendaraan pribadi atau bisa mencoba menyewanya di pusat kota untuk menuju Karst Tubing Sedayu. Cukup arahkan kendaraan lurus ke arah Jalan Wates lalu belok kiri menuju Jalan Glondong. Kemudian belok kanan dan terus lurus sampai Anda mencapai tujuan Anda. Gunakan peta digital untuk memudahkan Anda, dan jangan ragu untuk bertanya kepada penduduk setempat.

Paket Jogja Day Tour (Pemandangan Laut Heha, Bukit Becici, Hutan Pinus Pengger)

Harga tiket masuk dan jam buka

Untuk menikmati perjalanan body rafting di sungai di Dusun Suroboyan, Anda perlu membayar biaya tergantung paket yang dipilih. Sudah ada paket tubing only minimal 5 peserta seharga Rp 50.000 untuk turis domestik dan Rp 60.000 untuk turis mancanegara.

Harga berlaku per orang sudah termasuk perlengkapan pelampung seperti helm, jaket pelampung dan ban karet. Tidak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan fasilitas pemandu profesional, penjemputan garis finish, asuransi, makanan ringan dan teh atau jahe yang disediakan untuk Anda setelah aktivitas penyeberangan sungai selesai. Jika ingin mencoba paket lain, akan dikenakan biaya tambahan.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas Seru Sedayu Karst TubingGambar Soul Incubator di Google Maps

1. Body Rafting di sungai

Saat mengunjungi Karst Tubing Sedayu, tentunya aktivitas utama yang bisa dilakukan adalah river tiler atau arung jeram menyusuri sungai dengan menggunakan ban. Sebelum menyusuri sungai menggunakan ban, perjalanan dimulai dengan terlebih dahulu menyusuri jalan setapak hingga 200 meter sambil membawa ban.

Setibanya di lokasi, persiapan dilakukan dengan mendengarkan petunjuk dari pemandu wisata. Tempatkan mereka di atas ban yang ada di sungai dan semua anggota dapat menaiki bannya masing-masing. Kegiatan meluncur mengikuti aliran sungai dengan dinding batu kapur di kedua sisinya berlangsung sekitar 1 jam.

2. Melompat dari tebing setinggi 2 meter di Sedayu Karst Tubing

Tak hanya menyusuri sungai berarus deras dalam suasana menyenangkan, Anda juga bisa mencoba aktivitas menantang menjelang akhir trail. Karena ada tempat yang akan dilalui sebelum mencapai finish. Di titik ini kawasannya cukup luas dengan tebing mencapai 2 hingga 3 meter, biasanya wisatawan akan mencoba terjun ke sungai dari ketinggian tebing.

3. Manfaatkan kegiatan keluar

Jika Anda berkunjung dengan rombongan Karst Tubing Sedayu, Anda wajib mencoba paket one way. Karena di sini banyak sekali perjalanan seru yang ditawarkan. Anda bahkan bisa mencoba bersepeda bersama menggunakan sepeda tua mengelilingi sawah kemudian masuk ke desa.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas casing Karst SedayuGambar Vi Vo di Google Maps

Karst Tubing di Sedayu telah didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai sehingga dapat menunjang Anda selama melakukan berbagai aktivitas di sini. Fasilitas tersebut antara lain tempat parkir kendaraan yang luas, pusat informasi, jasa guide dan persewaan peralatan tubing.

Tersedia pula kamar mandi dan ruang ganti untuk Anda bersih-bersih dan berganti pakaian setelah rafting yang dilengkapi dengan fasilitas air minum. Bagi yang ingin berkumpul, sudah tersedia area exit menuju bumi perkemahan yang bisa digunakan.

Karst Tubing Sedayu juga memiliki sederet kios wisata yang menawarkan aneka makanan dan minuman. Paket sungainya sendiri juga sudah termasuk jajanan tradisional dan minuman hangat seperti teh atau jahe.

Berlibur dengan river tubing tentunya bisa menjadi pengalaman yang sangat seru dan berharga. Apalagi jika Anda datang bersama rombongan keluarga atau teman, Anda bisa menikmati aktivitas seru di luar negeri sekaligus. Jadi tunggu apa lagi? Sekarang ayo rencanakan liburan Karst Tubing Anda di Sedayu.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button