Siaga Bencana BPBD DIY pada akhir Januari - WisataHits
Yogyakarta

Siaga Bencana BPBD DIY pada akhir Januari

Siaga Bencana BPBD DIY pada akhir Januari

Yogyakarta: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memperkirakan risiko bencana hidrometeorologi dapat terjadi pada akhir Januari 2023. Ancaman risiko ini membuat BPBD DIY siaga hingga akhir bulan.

“Siaga darurat bencana hidrometeorologi akan berlanjut hingga 31 Januari,” kata Kepala Pelaksana BPBD DIY Biwara Yuswantana saat dihubungi, Kamis, 5 Januari 2023.

Biwara mengatakan, kesiapsiagaan tersebut akan terus dikoordinasikan dengan berbagai instansi. Petugas BPBD disiagakan mulai tingkat DIY, Kabupaten/Kota, tingkat Desa atau Desa Tahan Bencana (Destana).

Apa pendapat Anda tentang artikel ini?

“Koordinasikan semuanya dengan komponen penanggulangan bencana. Bahwa kita harus meningkatkan kesiapsiagaan dari akar rumput, Destana Kaltana (Desa Bencana Tangguh), FPRB (Forum Pengurangan Risiko Bencana), masyarakat dan penanggulangan bencana di daerah tetap waspada,” ujarnya.

Setelah liburan Natal dan Tahun Baru, fokusnya sekarang adalah keselamatan publik. Meski sejumlah destinasi wisata masih memiliki kunjungan wisatawan.

“Momentum Nataru sudah berakhir. Tidak hanya soal keselamatan wisatawan, tetapi warga negara kita harus siap mewaspadai dinamika kemungkinan kondisi cuaca ekstrem. Standar perawatan untuk menangani perawatan preventif tetap sama, ”ujarnya.

Pihaknya terus berkoordinasi dengan BMKG untuk mengupdate perkembangan cuaca setiap saat. Di sisi lain, bencana alam dapat terjadi di berbagai tempat di bidang perbaikan rumah.

“Tanda-tanda bencana tetap penting untuk dibaca saat cuaca ekstrem, mis. B. saat tanah bergerak atau ada resiko pohon tumbang, agar tidak menimbulkan korban jiwa,” ujarnya.

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News medcom.id

(HANYA)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button