Pantai Teleng Ria Pacitan - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Teleng Ria Pacitan – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Harga Tiket – Pantai Teleng Ria, salah satu pantai alam Pacitan yang menakjubkan. Wisata bahari cocok sebagai tujuan liburan keluarga.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Balong, Sidoharjo, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Pacitan, salah satu kota di Jawa Timur yang menawarkan pesona alam yang indah dan tidak kalah dengan kota wisata Malang dan Banyuwangi. Ada banyak Goa yang bagus dan beberapa pantai yang layak untuk dikunjungi.

Teleng Ria adalah bagian dari keindahan alam Pacitan. Ombaknya cukup besar dan berpotensi agak ganas. Dasar pantainya juga cukup empuk untuk berenang. Menawarkan banyak keunikan, terutama lokasinya juga mudah diakses dan tidak jauh dari pusat kota.

Tentunya masih banyak hal menarik lainnya yang bisa Anda temukan di Pantai Teleng Ria. Selain itu, area pasir putih kecoklatan dan kondisi geografis memungkinkan Anda untuk berlatih berbagai aktivitas menyenangkan bersama teman atau keluarga.

Atraksi Pantai Teleng Ria

Aktivitas di Pantai Teleng RiaKredit gambar: Google Maps André Alvis ZP

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang ada di daerah Pacitan. Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata alam yang banyak dikunjungi di kawasan ini. Tentunya ini bisa menjadi alternatif destinasi wisata selain pantai-pantai lain di Malang atau Banyuwangi. Karena begitu banyak atraksi yang ditawarkan.

1. Pasir yang luas dan bersih

Pantai Teleng Ria memiliki hamparan pasir coklat yang cukup luas dan bersih. Sehingga pengunjung bisa leluasa melakukan aktivitas bersama keluarga atau rekan kerja sambil menikmati indahnya deburan ombak memecah air laut menuju bibir pantai.

Objek wisata ini sangat cocok bagi Anda yang berkunjung bersama anak-anak. Karena Anda bisa bermain pasir dengan bebas dan nyaman. Namun, Anda juga harus sedikit berhati-hati karena ritme ombaknya yang tidak tetap dan terkadang cukup ganas.

2. Ombaknya cukup besar dan cocok untuk surfing

Daya tarik Teleng Ria selanjutnya adalah ombaknya yang cukup besar. Sepertinya tidak aman untuk dikunjungi. Namun, kondisi ini kemudian menarik wisatawan asing untuk berkunjung dan berlatih olahraga selancar.

Ombaknya cukup besar namun tidak terlalu ganas dengan perubahan irama gulungan air. Perlu diketahui juga bahwa setiap tahun akan diadakan acara selancar internasional di Pantai Teleng Ria. Jadi ini adalah kesempatan Anda untuk melihat pertunjukan berkelas yang tidak mengecewakan.

3. Memiliki taman air

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai Teleng RiaKredit gambar: Google Maps Sugiono Arifin

Kemudian, Anda akan menemukan pesona yang tidak biasa dari pantai ini. Kita tahu bahwa ombak tidak cocok untuk berenang. Namun, pengelola tidak kekurangan ide untuk memuaskan keinginan pengunjung dengan membangun taman air di kompleks di dalam pantai.

4. Naik limusin

Daya tarik pantai ini memberikan kesan eksotisme yang tiada tara. Karena tempat ini terbelah dengan indah oleh Gunung Limo. Situasi ini membuatnya terlihat seperti huruf U. Bagi pecinta olahraga panjat tebing, ini tentu saja merupakan kesempatan langka. Anda bisa melihat keindahan Pantai Teleng Ria dari atas gunung.

5. Hutan Cemara

Objek wisata ini menawarkan kesegaran dengan hamparan hijau pohon cemara yang berjajar indah. Poros ini digunakan sebagai alat untuk menghilangkan abrasi. Namun keberadaannya juga memberikan kesan indah dan unik jika dilihat dari pantai. Banyak pengunjung yang menjadikannya sebagai tempat bersantai dengan meletakkan tikar di atasnya.

Alamat, Rute dan Harga Tiket Pantai Teleng Ria Pantai

Alamat Pantai Teleng Ria PantaiKredit Gambar: Google Maps siti mardiyah

Pantai indah ini merupakan salah satu dari sekian banyak pantai yang ada di daerah Pacitan pada khususnya. Lokasinya sekitar 2,5 kilometer dari pusat kota. Waktu tempuh untuk sampai ke sana sekitar 30 menit. Akses untuk menyeberang juga cukup mudah dan dapat ditempuh dengan menggunakan roda empat maupun roda dua.

Bagi pengunjung yang belum mengetahui lokasi atau baru pertama kali berkunjung, dapat menggunakan aplikasi peta online yang tersedia di ponsel pintar Anda. Titik lokasinya cukup akurat, karena banyak pengunjung asing dan domestik yang mengaksesnya setiap hari.

Jika rute Anda dimulai dari wilayah Surabaya, maka Anda bisa mengambil rute ke wilayah Mojokerto, Jawa Timur. Setelah itu gunakan akses ke daerah Jombang, lalu Nganjuk dan Ponorogo. Waktu tempuh untuk rute ini kurang lebih 6 jam.

Sedangkan untuk wilayah Solo dan Jogjakarta bisa menggunakan akses dari jalan Solo-Pacitan. Jika Anda berangkat dari Jogjakarta, gunakan jalan Wonosari sampai Anda tiba di tempat dengan waktu 2,5 jam perjalanan. Bagi yang datang dari arah Solo sekitar 3 jam perjalanan. Jangan khawatir, setiap akses jalan yang lewat sangat aman dan bagus. Sehingga tidak membutuhkan tenaga lebih untuk mencapai lokasi pantai.

Ketika Anda mengunjungi suatu objek wisata, Anda harus membayar sejumlah uang untuk tiket masuk. Apa pun yang dibayarkan juga akan dikembalikan dalam bentuk pemeliharaan dan pembangunan fasilitas pendukung. Begitu juga saat berada di Pantai Teleng Ria tentunya ada biaya masuk untuk menikmati fasilitas dan keindahan alamnya.

Manajer mengenakan biaya masuk dengan harga yang berbeda. Akhir pekan Rp 15.000,- per orang. Selama hari kerja Rp 10.000,-. Biaya parkir terpisah adalah Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Teleng Ria Pantai

Aktivitas di Pantai Pantai Teleng RiaKredit Gambar: Twitter.com @mnc_insurance

1. Berselancar

Anda pecinta olahraga air, Teleng Ria adalah tempat yang tepat. Ombaknya kuat dan besar cocok untuk berselancar (surfing). Setiap tahun ada juga acara selancar internasional yang diikuti oleh peselancar dari berbagai negara. Asyiknya bisa berayun dengan papan mengikuti gulungan ombak.

2. Bersantai di bawah pohon

Aktivitas menarik lainnya yang bisa Anda lakukan bersama keluarga atau teman adalah bersantai dan menggelar tikar di bawah pohon pinus. Pantai Teleng Ria memiliki hutan konservasi untuk meredam dampak abrasi berupa pepohonan pinus yang sejuk dan asri yang mengelilingi pantai. Dapat digunakan untuk bersantai dan menikmati hari.

3. Ambil gambar

Aktivitas seru lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah berfoto di spot-spot bagus di sekitar pantai. Banyak tempat terbaik yang bisa Anda abadikan. Dari pemandangan laut lepas, pasir putih, hutan pinus, hingga limusin gunung yang memecah pantai berbentuk U. Semuanya bisa digunakan untuk mencari foto terbaik Anda.

4. Kuliner

Hal keren lainnya yang bisa Anda lakukan adalah memasak. Ada pasar ikan yang menjual makanan laut segar. Ikan tersebut kemudian bisa dipanggang di pantai bersama keluarga atau teman atau dibeli dalam keadaan matang. Tentunya sangat menarik dan sayang untuk dilewatkan. Harga ikan lebih murah dan tentunya segar karena ditangkap langsung di pantai oleh nelayan setempat.

5. Berenang

Ombak di Pantai Teleng Ria memang besar dan berpotensi ganas. Namun, pantainya cukup landai untuk berenang. Tidak sepenuhnya aman, tetapi dapat digunakan sebagai alternatif. Jika memang ingin aman, pasti bisa menggunakan fasilitas waterpark yang sudah disediakan pengelola di sekitar pantai.

6. Bermain pasir

Hamparan pasir putih kecoklatan pantai eksotis ini sangat luas dan lembut. Cocok untuk anda yang datang bersama anak-anak. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas menarik seperti berjemur di atas pasir, membangun istana pasir bahkan berjalan-jalan dengan tenang.

7. Mendaki Gunung Limusin

Aktivitas menarik lainnya yang sangat sulit adalah mendaki Gunung Limo. Bagi Anda yang gemar mendaki, Anda bisa mendapatkan dua manfaat langsung yaitu melihat hamparan laut dan mendaki gunung sekaligus. Pemandangan dari puncak Gunung Limo juga sangat indah. Saya pasti tidak akan mengecewakan Anda.

Akomodasi Murah Dekat Pantai Teleng Ria Pantai

Akomodasi Murah Dekat Pantai Teleng Ria PantaiKredit Gambar: Google Maps illyana isyak

1. Hotel Minang Permai 3

Akomodasi di dekat pantai Teleng Ria dengan biaya terjangkau salah satunya di hotel Minang Permai 3. Fasilitas yang disediakan lengkap dan standar. Jarak ke lokasi pantai hanya 4 kilometer. Biaya menginap per malam yang harus dibayar pengunjung hanya Rp 150.000.

2. Akomodasi Wijaya Mulia

Akomodasi terjangkau kedua di dekat pantai adalah Wijaya Mulia Inn. Biaya menginap per malam yang harus dibayar untuk menginap hanya Rp 120.000,-. Fasilitas yang didapat antara lain kamar tidur, tempat parkir kendaraan yang luas, AC, wifi dan kamar mandi standar dengan shower.

3. Kamar Terjangkau (Hotel Sido Mulyo)

Akomodasi lain yang cukup lengkap dengan fasilitas yang nyaman adalah Hotel Sido Mulyo. Hanya dengan menginap Rp100.000, Anda akan mendapatkan banyak fasilitas yang mendukung. Kamar mandi dengan shower, kamar tidur dengan wifi dan AC, dan juga terdapat tempat parkir yang cukup untuk kendaraan pribadi Anda.

4. Wisma Griya Madani Syariah

Rekomendasi penginapan murah selanjutnya di dekat pantai Teleng Ria adalah wisma Griya Madani Syariah. Terletak sekitar 5 kilometer dari pantai. Harga per malam untuk menginap hanya Rp 180.000 saja. Kamar hotel standar dengan wifi dan AC, parkir luas, dan juga memiliki kamar mandi dengan shower.

5. Wisma Kraton Mas

Wisma Kraton Mas berjarak 3 kilometer dari pantai ini. Harga menginap per malamnya mulai dari Rp 180.000 saja. Fasilitas yang disediakan antara lain kamar mandi, AC, Wifi dan kamar tidur.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Teleng Ria Pantai

Fasilitas Pantai Teleng RiaKredit gambar: Google Maps Framayoga Fairuzie

Fasilitas yang disediakan cukup lengkap dan cukup baik. Berbagai dukungan disediakan untuk membuat aktivitas Anda lebih menyenangkan. Mulai dari Pendopo dengan ornamen seni Wayang, hingga lampu hias di sepanjang jalan indah pantai Teleng Ria di malam hari.

Sedangkan fasilitas penunjang lainnya seperti mushola, kamar mandi, tempat parkir dan warung makan sudah lengkap tersedia. Pengunjung dapat menikmati liburannya tanpa khawatir makan, beribadah, dan memarkir kendaraannya dengan tenang di tepi pantai.

Itulah deretan atraksi unik, fasilitas, rute terbaik menuju lokasi yang bisa Anda pilih saat berkunjung ke Pantai Teleng Ria di Pacitan. Infrastrukturnya juga sangat lengkap dan terawat, sehingga liburan semakin nyaman dan menyenangkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button