Tiket dan Aktivitas PULAU PANDANG - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Aktivitas PULAU PANDANG

Tiket dan Aktivitas PULAU PANDANG

Harga tiket masuk ke Pulau Pandang: Gratis – Rp 299.000 Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat : -, Selat Malaka, Batu Bara, Sumatera Utara, Indonesia, -.

Sedikit orang yang mengetahui potensi wisata bahari di Sumatera Utara. Di Selat Malaka, di perbatasan Malaysia, ada sebuah pulau kecil dengan nama khusus Pulau Pandang. Saat dilihat di Google Maps, pulau ini mungkin hanya terlihat seperti titik kecil, meski diperbesar.

Namun, pesona alamnya jauh melampaui citranya di peta. Pulau ini memiliki pantai yang indah dengan laut yang bersih. Bentang alam bawah laut dan pemandangan alam pulau ini tidak dapat dilewatkan. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Medan dan menjadi salah satu destinasi wisata bahari favorit.

Tiket masuk dan biaya di Pulau Pandang

Bepergian ke Pulau Pandang tidak ada biaya masuk, hanya tiket kapal. Lain halnya ketika menggunakan jasa travel, wisatawan biasanya tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan apapun. Banyak juga penyedia paket perjalanan yang sudah termasuk biaya transportasi dan segala fasilitasnya. Biasanya paket ini juga sudah termasuk rekreasi di Pulau Salahnamo yang terletak di dekat Pulau Pandang.

Tiket masuk dan biaya perjalanan
Tiket masuk Untuk membebaskan
Mulai dari pelabuhan Rp 179.000
Mulai Medan Rp 289.000
Mulai R. Prapat Rp 299.000

Baca: Tiket Masuk SINGAPORE LAND Batu Bara Water Park & ​​8 Wahana Mendebarkan

Jam operasional

Pulau Pandang selalu terbuka untuk umum sepanjang tahun. Wisatawan hanya perlu memperhatikan jam buka keberangkatan kapal. Feri biasanya hanya berangkat pada pagi hari atau saat air pasang. Meskipun kapal yang lebih kecil lebih fleksibel, mereka sangat bergantung pada kondisi cuaca pada hari itu.

Jam operasional
Setiap hari 24 jam

Pesona Pulau Pandang

Pulau Pandan Pulau Pandang adalah pulau kecil di Selat Malaka yang menjadi tujuan wisata favorit masyarakat yang tinggal di Medan dan sekitarnya – Foto: Google Maps/Lilik Tri

Secara geografis, Pulau Pandang terletak di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. Lokasinya berjarak sekitar 24 kilometer dari kecamatan Tanjung Tiram di pantai timur Sumatera. Dari segi pariwisata, pulau ini umumnya sejajar dengan Pulau Salah Namo yang terletak di kawasan tetangga. Keduanya merupakan destinasi wisata bahari favorit bagi warga Batubara maupun luar daerah.

Mencapai lokasi tidak semudah menjentikkan jari. Sarana transportasi dan fasilitas yang tersedia masih terbatas meskipun cukup memadai. Namun, itu akan terbayar begitu Anda menginjakkan kaki di sana. Mari kita lihat pesona dan pesona pulau ini di bawah ini.

Baca: 4 Tempat Wisata Terbaik di Batu Bara

Pantai pasir putih

Pengunjung bermain di pantaiPasir putih dan laut biru jernih menjadi pemandangan umum di pesisir Pulau Pula – Foto: Google Maps/Achmad Syahfrizal

Perjalanan ke Pulau Pandang bisa menggunakan kapal ferry atau perahu kecil. Pulau ini masih belum memiliki dermaga yang besar, sehingga tidak memungkinkan kapal feri berlabuh. Pilihannya adalah berkeliling menggunakan perahu yang lebih kecil menuju dermaga.

Begitu sampai di pulau, hamparan pasir putih adalah pemandangan pertama yang menyambut. Dengan latar belakang hutan alam yang menghijau, wisatawan seakan mendarat di pulau terpencil. Suasana wisata di pulau ini memang tidak semeriah Bali atau Kepulauan Seribu. Ini juga alasan untuk menjaga keadaan alam pulau.

Pantai di pesisir pulau ini memiliki pasir yang lembut dengan dihiasi bebatuan granit yang berserakan. Warnanya yang hitam kontras dengan pasirnya yang putih bersih. Yang paling mencolok adalah warna lautnya yang biru kehijauan. Laut dengan nuansa hijau hingga biru tua menghiasi zona litoral.

Kawasan pantai ini bisa berada di sisi barat dan sisi timur pulau. Sedangkan sisi utara dan selatan didominasi oleh batu granit dan koral. Pantainya terlindungi dari goncangan ombak yang ganas, sehingga kondisi laut lebih tenang. Oleh karena itu, wisatawan bisa dengan nyaman bermain pasir atau bermain ombak di sini.

Baca: Tiket Masuk Datuk Batu Bara dan Wahana Wisata Alam

daerah Snorkeling

Turis bersantai di bebatuanAir lautnya yang bersih dan jernih sangat cocok untuk snorkeling – Foto: Google Maps/kris diansyah

Laut yang jernih bukanlah pemandangan yang tidak biasa di sini. Pulau ini dikelilingi oleh laut yang sangat bersih. Saking bersihnya, dasar laut yang berisi terumbu karang terlihat jelas dari permukaan.

Inilah mengapa ada banyak tempat bagus untuk snorkeling di sekitar pulau. Bentang alam bawah lautnya dihiasi dengan berbagai terumbu karang dan ikan. Pulau ini juga merupakan tempat penetasan penyu lho.

Baca: Tiket Masuk DOGI PARK dan Charcoal Rides

Matahari terbenam Romantis

Matahari terbenam di Pulau PandangPesisir Pulau Pandang menyuguhkan pemandangan sunset dan sunrise yang menakjubkan – Foto: Google Maps/Khairil Ahmad Dalimunthe

Menyinggung wisata bahari tentunya tidak lepas dari kegiatan menikmati matahari terbenam. Pulau ini juga menjadi tujuan wisata romantis. Banyak wisatawan yang menjadikan Pulau Pandang sebagai destinasi bulan madu. Salah satunya adalah pemandangan sunset yang sangat romantis untuk dinikmati bersama orang tersayang.

Selain itu, pulau ini juga menawarkan berbagai pilihan akomodasi seperti hostel untuk rombongan wisatawan. Selain itu, ada sejumlah fasilitas bungalo sebagai pilihan lain. Wisatawan juga bisa memilih untuk berkemah berkemah yang tersedia. Namun, tidak sedikit pengunjung yang hilir mudik.

Lihat dari ketinggian

Mercusuar 5 lantai menjulang di tengah pulauSatu-satunya mercusuar yang juga menjadi salah satu daya tarik wisata Pulau Dewata – Foto: Google Maps/Achmad Syahfrizal

Pulau ini tidak hanya memiliki kawasan pantai yang menarik. Pemandangan alam berupa perbukitan juga tak kalah menarik. ada jalan lintas alam yang bisa dicoba bagi wisatawan yang menyukai aktivitas fisik ini.

Selama lintas alam Objek wisata yang wajib dikunjungi adalah mercusuar. Pulau Pandang memiliki mercusuar setinggi 20 meter dengan lima lantai. Merupakan titik tertinggi Pulau Pandang untuk menikmati panorama 360 derajat. Apalagi menara ini juga menjadi tempat favorit untuk berfoto dengan pemandangan terbaik.

Fasilitas Pulau Pandang

Ada sejumlah fasilitas umum di pulau itu. Fasilitas ini termasuk kamar kecil umum, tempat tinggal dan dermaga sederhana. Perlu dicatat bahwa tidak ada fasilitas berupa restoran atau warung di sini. Wisatawan harus menyiapkan makanan sendiri untuk bekal di sini.

Lokasi Pulau Pandang

Pulau Pandang masuk dalam wilayah Desa Bogak, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. Pulau ini dapat diakses dengan perahu dari pelabuhan Tanjung Tiram. Anda juga bisa menggunakan perahu dari pelabuhan desa Silau Baru, kecamatan Silau Laut, Asahan.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button