Pantai Nusa Dua, pantai pasir putih di kawasan elite Bali - WisataHits
wisatahits

Pantai Nusa Dua, pantai pasir putih di kawasan elite Bali

Atraksi, aktivitas liburan, dan lokasi Itinerary Pantai Nusa Dua salah satu pantai pasir putih terbersih yang terletak di kawasan elit di Badung, Bali. Pantai yang menawan dengan air laut yang jernih dan ombak yang tenang sangat ideal untuk permainan air dan aktivitas berenang.

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Nusa Dua, Benoa, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali; Kasus: Cek lokasi

Nusa Dua terletak di Bukit Peninsula, Badung, Bali. Membentang dari kawasan timur Bukit Sawangan hingga Semenanjung Tanjung Benoa. Berbicara tentang pariwisata di Nusa Dua, pembahasannya akan mengacu pada sebuah kawasan yang dikenal dengan nama BTDC Nusa Dua. Menawarkan liburan mewah dan popularitasnya menyentuh turis asing.

Berbagai fasilitas dan layanan menarik bisa Anda temukan di sini, mulai dari lapangan golf, pusat perbelanjaan, teater, rumah sakit hingga pantai. Nusa Dua terletak di kawasan elit, sehingga tidak ada alasan untuk meragukan kondisi pengelolaannya. Pemandangan dari pantai ke pantai begitu indah, megah dan bersih.

Pantai Nusa Dua terdiri dari sejumlah tempat pribadi dan umum. Private artinya pantai hanya bisa dinikmati oleh tamu hotel, sedangkan public artinya terbuka lebar untuk semua orang. Tidak ada tiket masuk untuk sejumlah pantai umum, semua orang bisa mencoba keindahannya dari pagi hingga malam.

Atraksi Pantai Nusa Dua

Pantai Nusa DuaKredit gambar: Google Maps Vaibhav Srivastava

1. Jogging Arena di pinggir pantai sambil nunggu matahari terbit

Pemandangan pantai Nusa Dua di pagi hari benar-benar menakjubkan. Pengunjung dapat melakukan joging dulu sambil menunggu matahari pagi datang. Ada jalan berupa pavers dibangun di atas hamparan pasir. Jalanan seolah membelah area berpasir sehingga Anda selalu merasa nyaman saat berlari.

Saat bias kuning keemasan menyebar di langit timur, penduduk setempat terlihat bersiap untuk melakukan aktivitas sehari-hari, termasuk memancing di wilayah pesisir. Saat matahari terbit, pantulan sinarnya menyebar di permukaan air laut.Pancaran cahaya yang bergerak searah deburan ombak terlihat begitu eksotis.

Pengunjung mulai memadati pantai dari waktu ke waktu. Ada yang berdiri di hamparan pasir atau kursi berjemur untuk berjemur, ada yang hanya berjalan tanpa tujuan sambil menikmati air kelapa muda, ada juga yang datang untuk tujuan memancing. Oleh karena itu, semakin awal Anda tiba, semakin besar kemungkinan Anda untuk merasakan suasana tenang pantai ini.

2. Spot Pulau Peninsula atau Pulau Nusa Gede

Ada tempat disebut Pulau Peninsula atau Pulau Nusa Gede, yang selalu berada di sekitar pantai Nusa Dua. Berkat perkembangan pariwisata, pulau yang semula terpisah dari daratan Bali akhirnya disatukan oleh hamparan pasir. Terbentang di atas lahan seluas 7,4 hektar, semua pengunjung bisa masuk tanpa membayar sepeser pun.

Tanaman merambat dengan susunan yang begitu rapi. Suasana hijau terlihat sangat segar dipandang mata. Pepohonan tersebar hampir di mana-mana di area tersebut, yang memberikan rasa kesegaran. Tanah di pulau semenanjung ini tidak dibiarkan terhampar, melainkan berbentuk seperti teras. Anda bisa duduk di sini berjam-jam dan menikmati angin sepoi-sepoi.

Kadang-kadang, pulau semenanjung sering diubah menjadi tempat festival. Satu dari acara Salah satu highlights yang harus Anda kunjungi adalah Festival of Lights. Pulau ini akan didesain dengan berbagai ornamen gemerlap dari lampu hias warna-warni.

Mengingat Festival Cahaya berlangsung pada malam hari, tingkat estetika pulau ini semakin tinggi berkat kombinasi suasana gelap dan berbagai lampu hias. Cahaya yang memancar dalam berbagai warna dan bentuk memenuhi hampir seluruh area. Namun, Anda harus memesan tiket terlebih dahulu secara online atau offline jika ingin menghadiri festival.

3. Lanskap yang menawan dan garis pantai yang panjang

Atraksi di Pantai Nusa DuaKredit gambar: Google Maps Zárfot

Perpaduan birunya air laut dan butiran pasir putih yang agak kecoklatan menciptakan kesan artistik. Menawarkan garis pantai yang panjang diikuti dengan hamparan pasir yang cukup luas. Jika Anda memperhatikan gradasi airnya dengan seksama, Anda akan melihat bahwa ada campuran saturasi biru muda di sepanjang pantai yang menjadi gelap saat Anda pergi ke laut.

Pepohonan lebat tumbuh subur di sekitarnya, memungkinkan pengunjung berteduh dari terik matahari. Selain itu, intensitas ombaknya juga relatif tenang, sangat cocok bagi Anda yang menyukai aktivitas air seperti berenang atau sekedar berendam. Namun, ada banyak ganggang hijau yang tersebar di perairan.

Pemandangan pengunjung menjadi lapang dan bebas karena minimnya bebatuan atau perbukitan di sekitar sini. Sejauh mata memandang, yang ditangkap indra justru jajaran kompleks hotel yang mewah dan berkelas. Deretan kursi santai terhampar rapi di atas pasir dari kanan ke kiri. Kenaikan kapal cepat dan perahu siap untuk menyelesaikan petualangan Anda.

4. Terkenal secara internasional dan termasuk pantai terbaik di Asia

Di mana lagi Anda dapat mengunjungi salah satu pantai terbaik di Asia secara gratis? Keindahan destinasi tunggal ini tidak hanya berlandaskan panorama alam, namun diberkahi dengan pengelolaan yang komprehensif. Inilah sebabnya mengapa Anda akan kesulitan menemukan sampah berserakan selama kunjungan Anda.

Menyusul lokasinya yang berada di kawasan elit, tak pelak membuatnya begitu tertata rapi. Pantai Nusa Dua bahkan menyabet 20 besar sebagai pantai terbaik dalam ajang Traveller’s Choice TripAdvisor. Acara ini melibatkan 322 pantai dari Karibia, Eropa, Afrika dan Asia.

Berangkat dari kesuksesan ini, destinasi ini sering dijadikan sebagai arena acara internasional. Contohnya adalah konvensi Dana Moneter Internasional 2018 yang diselenggarakan oleh Bank Dunia. Tak hanya itu, para selebriti dan tokoh penting dunia kerap menjadikan Nusa Dua sebagai alternatif persinggahan saat berkunjung ke pulau dewata.

Alamat dan Arah Lokasi Pantai Nusa Dua

Alamat Pantai Nusa DuaKredit gambar: Google Maps Alex L

Pantai Nusa Dua terletak di kawasan BTDC, Jalan Nusa Dua, paling mudah diakses dengan pesawat jika Anda datang dari luar pulau Bali. Berangkat dari Bandara Ngurah Rai, dibutuhkan waktu setidaknya 20 menit untuk menempuh jarak 14 km berkendara menuju Benoa di kawasan Kuta Selatan.

Arahkan kendaraan menuju Jalan Tol Mandala begitu keluar dari Bandara Ngurah Rai. Untuk 10 km terus sampai Anda melewati Jalan By Pass ke tujuan Anda. Ikuti lalu lintas sejauh 4 km dan Anda akan segera memasuki area pantai.

Alternatif kendaraan yang bisa digunakan antara lain angkutan umum berupa taksi online. Harga sewa taksi dari bandara berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 100.000. Tidak sulit untuk menemukan destinasi yang terletak di tengah kota ini. Bahkan jika Anda menggunakan kendaraan pribadi dan sulit mendapatkan arah, selalu ada Google Maps sebagai solusinya.

Wisatawan tidak akan dikenakan tiket masuk dan hanya membayar sewa parkir jika membawa kendaraan sendiri. Untuk mobil harga dipatok Rp 10.000, sedangkan untuk motor Rp 5.000. Ini merupakan titik tertinggi di Nusa Dua.

Setiap orang bebas menikmati keindahannya tanpa mengkhawatirkan pembalasan. Padahal, fasilitas di sini tidak kalah memadai. Oleh karena itu, rugi jika datang ke pulau dewata namun melewatkan destinasi yang menawan ini.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Nusa Dua

Aktivitas Seru di Pantai Nusa DuaKredit gambar: Google Maps -Diha-

1. Piknik

Beroperasi 24 jam sehari, Anda dapat mengajak teman bermain atau keluarga Anda ke sini untuk piknik. Deretan pohon rindang siap melindungi pengunjung dari teriknya matahari. Siapkan perbekalan sebelum Anda meninggalkan rumah untuk menghemat pengeluaran.

Jika Anda ragu untuk meletakkan karpet di atas tumpukan pasir, ada Peninsula Island yang bisa menjadi alternatif. Situasi di sini lebih dingin daripada di pantai. Di mana pun Anda memilih, semua tempat memiliki kekhususan dan pesonanya. Anda tinggal menyesuaikan dengan selera dan kesepakatan bersama.

2. Berjemur

Tidak ada salahnya mencoba berjemur meskipun Anda tinggal di negara tropis. Manfaatkan fasilitas yang disediakan oleh pengelola. Ada satu set kursi dengan payung pelindung. Kursi-kursi tersebut disusun berjajar di atas hamparan pasir putih yang cenderung berubah warna menjadi cokelat dan menghadap ke laut.

Perpaduan birunya samudra dan hembusan angin yang mengirimkan cipratan air asin adalah situasi terbaik untuk bersantai. Meski kawasan Pantai Nusa Dua sangat ramai dikunjungi pengunjung, namun kondisi lingkungan benar-benar bersih dan terawat, sehingga kecil kemungkinan Anda akan merasa tidak nyaman.

3. Ajak si kecil bermain

Sebagai orang tua, Anda tentu memiliki kekhawatiran tersendiri saat mengajak buah hati Anda ke objek wisata bahari. Manifestasi dari kekhawatiran ini bisa bermacam-macam, mulai dari ombak yang kuat, pecahan cangkang kerang yang berserakan di wilayah pesisir, hingga bebatuan yang tajam dan keras. Untungnya, ada pantai ramah anak di Nusa Dua, yaitu Pantai Sumuh.

Pantai Sumuh memiliki intensitas ombak yang relatif tenang, sehingga anak-anak pun bisa bermain dengan aman. Apalagi pasirnya yang lembut dan memungkinkan siapa saja untuk berlari tanpa menggunakan sepatu. Tidak perlu khawatir anak Anda terluka atau terguling di ombak selama Anda terus mengawasinya. Biarkan anak bereksplorasi sendiri.

Selain ramah untuk anak kecil, Pantai Sumuh juga menawarkan panorama yang luar biasa saat matahari terbenam. Posisinya yang berada di sebelah timur Bali menjadikannya sebagai tempat lebih baik saksikan detik-detik matahari terbenam di ufuk barat, di balik lautan luas. Pastinya akan menjadi pengalaman yang luar biasa bagi para penikmat sunset.

Ada juga arena berlumpur, di mana banyak hewan laut dengan berbagai bentuk terperangkap di sana. Terlihat sangat lucu dan menggemaskan untuk dimainkan, terutama untuk kelompok usia kecil anak-anak. Anda tidak perlu khawatir jika si kecil akan rewel.

Penginapan murah di sekitar Nusa Dua

Melia BaliKredit gambar: Twitter Pelarian sempurna Anda

1. Melia Bali

Tarif per kamar mulai dari Rp 800.000 dengan fasilitas berupa AC, restoran, resepsionis 24 jam, lift, parkir, kolam renang dan akses WiFi.

2. Resor Westin

Menawarkan fasilitas berupa akses WiFi, lift, resepsionis 24 jam, kolam renang, parkir, AC dan restoran. Harga per kamar sekitar Rp 1.100.000.

3. Hotel Grand Whiz

Harga per kamar diperkirakan mulai Rp 540.000. Fasilitas yang disediakan antara lain restoran, AC, resepsionis 24 jam, parkir, kolam renang dan Wi-Fi.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Nusa Dua Bali

Fasilitas Pantai Nusa Dua BaliKredit gambar: Google Maps Igor Narbekov

Saat memasuki kawasan ITDC Nusa Dua, semua pengunjung harus melewati pintu gerbang yang telah di sablon. Fasilitas di Pantai Nusa Dua antara lain tempat parkir yang luas, toilet, persewaan perahu atau kapal cepat, taman yang indah, tempat sampah, penjaga pantai dan banyak lagi. Mengingat gengsinya yang mencapai kancah internasional, tentu fasilitasnya sangat memadai.

Ini semua hal hebat tentang Pantai Nusa Dua di Bali, termasuk keindahan dan kelengkapan fasilitas yang ditawarkan. Salah satu destinasi kebanggaan milik Pulau Dewata.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button