Tiket dan Kegiatan Desa Budaya Sindang - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Kegiatan Desa Budaya Sindang

Tiket dan Kegiatan Desa Budaya Sindang

Harga tiket masuk Kampung Budaya Sindang Barang: Rp 150.000 hingga Rp 350.000. Jam buka: 09:00 – 16:00 WIB. Nomor telepon: 082147876363/0817406363. Alamat: Jl. Endang Sumawijaya, RT. 02/RW. 08, Sindang Barang, Dukuh Menteng, Desa Pasir Eurih,, Tamansari, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16631.

Wisata di Bogor bukan hanya tentang Puncak atau Kebun Raya. Di kota hujan juga terdapat wisata budaya yang tidak kalah menarik dan seru yaitu Kampung Budaya Sindang Barang. Destinasi ini merupakan kawasan pemukiman tradisional yang dianggap sebagai desa tertua di wilayah Bogor.

Padahal, menurut pantun setempat, Kampung Sindang Barang sudah ada sejak zaman kerajaan Sunda sekitar abad ke 12. Di kampung ini juga diyakini pernah ada kerajaan bernama Sindangbarang dengan Kutabarang sebagai ibu kotanya. Di sana pula budaya Sunda Bogor mulai berkembang sebagai budaya upacara adat. tahun-tahun yang menakutkan.

Harga Tiket Masuk Desa Wisata Sindang Barang

Rekreasi dan merasakan kehidupan tradisional di Kampung Sindang Bagi pengunjung, pengunjung harus membayar tiket yang relatif murah. Biaya masuk Kampung Budaya Sindang Barang ditawarkan mulai dari Rp 150.000

Biaya masuk Kampung Budaya Sindang Barang
Paket Lembur Mulia Ka Rp 150.000
Paket Budaya Spesial Rp 175.000
Paket Seni & Budaya Rp 185.000
Paket Sawengi Rp350.000
Paket Pertunjukan Seni Budaya Rp 150.000

Baca: Tiket Masuk Sentul Culture Park dan 10 Exit Activity

Jam buka

Desa wisata budaya ini buka setiap hari dari pagi hingga sore hari. Pengunjung bisa datang ke Kampung Budaya Sindang Barang mulai pukul 09:00 sore.

Jam Buka Kampung Budaya Sindang Barang
Setiap hari 09.00 – 16.00 WIB

Tempat Wisata dan Aktivitas di Kampung Budaya Sindang Barang

Berada di tempat yang dikelilingi alam hijau asri, desa wisata ini menawarkan banyak atraksi, mulai dari objek tradisional hingga objek wisata budaya. Berikut adalah beberapa:

1. Rumah Adat Desa Budaya Sindang Barang

Rumah adat Sunda di kampung budaya Sindang BarangRumah adat Sunda menjadi salah satu daya tarik wisata yang ditawarkan oleh Kampung Sindang Barang. foto: googlemap/Mirhan Fauzi

Hal pertama yang langsung terlontar saat berada di desa wisata ini adalah deretan rumah adat yang sangat khas. Tempat ini seperti icon yang wajib dikunjungi bagi wisatawan yang datang ke desa ini.

Bagian pertama yang akan Anda temukan adalah sebuah rumah besar yang biasa digunakan sebagai tempat berkumpul dan berkumpulnya warga. Rumah itu bernama Imah Gede. Di bagian lain, terdapat rumah lain yang berukuran lebih kecil yang digunakan sebagai tempat penyimpanan hasil panen atau lumbung padi milik warga setempat. Di tempat yang sama juga terdapat sebuah rumah yang digunakan untuk menampung para tamu terhormat yang datang.

2. Galeri seni dan kegiatan budaya

Pertunjukan Tari Sunda JaipongPertunjukan seni dan budaya Sunda juga kerap digelar di tempat wisata ini. foto: googlemap/hasan sadiq

Ada juga bangunan yang menyediakan berbagai alat musik, tarian, dan permainan tradisional. Di sini pengunjung bisa belajar menari atau memainkan gamelan, angklung dan alat musik tradisional yang dipandu langsung oleh gurunya. Pada waktu-waktu tertentu juga diadakan pertunjukan kesenian seperti Jaipongan siap menghibur pengunjung.

Selain kegiatan kesenian, ada juga kegiatan budaya bagi warga seperti Numbuk Padi, Nandur dan mandi kerbau. Tak lupa pengunjung yang datang berkelompok juga bisa mengikuti permainan tradisional. Alat dan perlengkapan lainnya telah disiapkan, termasuk panduan yang akan mengajarkan dan menjelaskan cara bermain. Kegiatan menarik ini biasanya dilakukan jika pengunjung memesan paket wisata khusus.

3. Trek Wisata Arkeologi

Di kawasan desa wisata ini juga terdapat situs arkeologi. Tercatat terdapat lebih dari 90 titik sebaran situs purbakala dan 33 diantaranya berupa bukit peninggalan kerajaan Padjajaran sebagai sarana ibadah agama sunda kuno. Situs yang ada adalah Batu Menhir, Batu Kursi, Batu Dakon dan Batu Tapak.

representasi artistik angklungPertunjukan seni dengan alat musik sunda juga sering diadakan di Kampung Budaya Sindang Barang. foto: googlemap/Mega Trinanda

4. Pijat Tradisional Desa Budaya Sindang Barang

Apakah Anda lelah berjalan-jalan dan ingin bersantai? Tidak ada salahnya mencoba bentuk pengobatan tradisional berupa layanan pijat. Meski terdengar sederhana, setiap daerah biasanya memiliki metode pemijatan khusus agar Anda bisa merasakan perbedaannya.

Baca: Tiket Masuk, Wahana, Rute & Lokasi DEVOYAGE BOGOR

5. Perpustakaan

Perpustakaan dengan koleksi ratusan buku juga menjadi milik desa wisata ini. Buku-buku yang ada tentunya berkaitan dengan budaya, sejarah dan sastra Sunda.

6. Kegiatan Arung jeram

Jika pengunjung ingin melakukan aktivitas lain, bisa memilih paket arung jeram. Atraksi ini akan mengajak pengunjung untuk menjelajahi Sungai Ciberang didampingi oleh instruktur profesional.

Fasilitas pendukung Kampung Budaya Sindang Barang

Di dalam Asrama Desa Budaya Sindang BarangDi Kampung Budaya Sindang Barang juga disediakan penginapan bagi pengunjung yang ingin lebih merasakan suasana kampung tradisional Sunda. foto: googlemap/dian Olly

Menginap di desa budaya ini merupakan pilihan yang tepat untuk merasakan langsung nuansa kehidupan tradisional. Di sini terdapat berbagai pilihan akomodasi berupa rumah adat, seperti Rumah Panengen dan Pangiwa. Terdapat 7 rumah dengan masing-masing dua kamar tidur yang dilengkapi dengan fasilitas yang memadai.

Karena merupakan desa budaya, fasilitas standar lainnya juga mengikuti sebagai desa. Termasuk untuk pertanyaan catering yang sudah termasuk dalam paket untuk pilihan paket wisata. Sebagai oleh-oleh, pengunjung dapat membelinya di toko oleh-oleh setempat.

Baca: PUNCAK MUSTIKA MANIK Tiket Masuk Bogor dan 10 Kegiatan

Transportasi umum ke Kampung Budaya Sindang Barang

Anda memiliki pilihan antara beberapa moda transportasi. Salah satunya menggunakan angkutan umum 03 Ciapus jurusan SBR (Sindang Barang Raya). Sebelum naik, ada baiknya Anda menanyakan kepada driver untuk menuju lokasi karena jarang sekali transportasi yang bisa sampai ke lokasi. Pilihan lain yang lebih mudah adalah menggunakan Gojek atau Grab dari stasiun Bogor yang jaraknya sekitar 11 km.

Lokasi Kampung Sindang Barang

Desa wisata budaya ini sangat layak dijadikan destinasi rekreasi unggulan. Selain dapat menambah pengetahuan dan kecintaan terhadap budaya, juga karena lokasinya yang sangat mudah dijangkau. Hanya sekitar 5 km dari kota Bogor. Lokasi tepatnya di Jalan Endang Sumawijaya RT 02, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Sindang Barang, Kabupaten Bogor.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button