Tiket dan Aktivitas Kebun Raya Baturraden - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Aktivitas Kebun Raya Baturraden

Tiket dan Aktivitas Kebun Raya Baturraden

Harga tiket masuk Kebun Raya Baturraden: Rp 20.000 – Rp 25.000 Jam buka: 06:00 – 15:00. Nomor Telepon: 0281681822. Alamat/Tempat: Jl.Pancuranpuh – Ekowisata Baturraden, Purwokerto, Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia, 53151.

Banyumas memiliki kawasan wisata yang juga merupakan kawasan konservasi berbagai jenis tumbuhan. Atraksi ini adalah Kebun Raya Baturaden yang telah dirintis sejak tahun 2001. Wisatawan dapat melihat berbagai koleksi tumbuhan dan bibit bahkan tumbuhan langka.

Secara total, tidak kurang dari 3000 spesimen tanaman dapat dilihat di sini. Dengan luas total 140 hektar, terletak di kawasan wisata hutan pinus Perhutani yang rindang dan sejuk. Kebun raya ini sangat cocok sebagai tempat rekreasi keluarga.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Baturaden

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung dan berwisata ke kebun raya ini akan dikenakan biaya tiket. Harga tiketnya cukup terjangkau.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Baturaden
Tiket masuk pada hari kerja Rp 20.000
Tiket masuk akhir pekan Rp 25.000

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Desa Baturraden

Jam Buka Kebun Raya Baturraden

Pengunjung bisa datang ke tempat wisata ini setiap hari. Buka pagi hingga sore hari pada hari kerja dan akhir pekan.

Jam kerja
Setiap hari 06.00 – 15.00

Kegiatan wisata di Kebun Raya Baturraden

kawasan kebun rayaKebun Raya Baturraden yang bersih dan rindang. Foto: Google Maps/Avuk Jimmy

Berbagai kegiatan wisata dapat dilakukan di sini. Melihat berbagai macam tanaman adalah suguhan utama. Selain itu, wisatawan juga bisa piknik, bermain di berbagai wahana, dan berolahraga. Berikut beberapa aktivitas menarik di kawasan wisata Kebun Raya.

Lihat berbagai jenis tanaman

berbagai jenis tumbuhan Lihat berbagai jenis tanaman, termasuk pembibitan. Google Maps/Toomtam Bane

Di area sekitar Kebun Raya terdapat berbagai koleksi tumbuhan. Koleksi yang dimiliki kebun raya dengan konsep taman Tumbuhan Gunung Jawa ini bisa mencapai 116 famili tumbuhan. Jumlah tumbuhan dalam koleksi dapat ditingkatkan karena kawasan ini merupakan kawasan konservasi.

Pengunjung bisa melihat tanaman kantong semar, anggrek Vanda, Polygala, Rhododendrum atau bahkan buah pinang dan mandalaka. Tanaman yang ditanam di Kebun Raya Baturraden dilengkapi dengan papan nama. Papan nama tersebut berisi nama tanaman dan bahasa latinnya serta produsennya.

Untuk melengkapi fasilitas belajar bagi pengunjung, pihak pengelola juga menyediakan fasilitas lainnya. Beberapa di antaranya adalah pembibitan, rumah kaca, rumah kompos. Selain itu, ada juga rumah anggrek untuk mengenal berbagai jenis anggrek di koleksi Kebun Raya ini.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Lokawisata Baturraden

Berolahraga di Kebun Raya

Bersepeda di Kebun RayaBersepeda merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan pengunjung mengingat luasnya areal taman wisata ini. Foto: Google Maps/gazkart ben beckmann

Di kawasan Kebun Raya Baturraden sudah dilengkapi dengan jalan setapak lintas alam untuk pengunjung. Di sekitar jalur ini terdapat berbagai jenis tumbuhan seperti pohon pinus. Pengunjung bisa berkeliling Kebun Raya mengikuti jalur ini agar lebih nyaman saat hiking.

Pengunjung juga dapat mencoba memanah di area panahan. Nantinya pengunjung akan ditemani petugas yang berada di area panahan untuk mencoba. Misalnya mengarahkan cara menembak dan membidik sasaran yang baik dan wajar.

Kawasan taman wisata ini memiliki ketinggian 600-700 mdpl, sehingga memiliki tipografi yang sulit. Dengan suhu sekitar 20-30 derajat Celcius, pengendara sepeda bisa lebih nyaman saat mengendarai sepedanya. Pesepeda dapat bersepeda mengelilingi Kebun Raya Baturraden sambil menikmati pemandangan dan kesejukan alam.

Baca: Tiket Masuk dan Atraksi Small World Baturaden

Fotografi

Pengunjung bisa berfoto di Kebun Raya Baturraden, misalnya di pintu masuk atau di taman. Tumbuhan yang ada disini dikelompokkan berdasarkan jenisnya. Selain itu, sekeliling taman juga dilengkapi dengan pagar agar tanaman tidak rusak terinjak.

Taman dibuat pada ketinggian yang berbeda. Jadi ada yang di tempat yang agak tinggi dan ada yang di tempat yang agak rendah. Berkat tata letak ini, pengunjung dapat mengambil foto dan mengagumi berbagai tumbuhan di taman.

Baca: Tiket Masuk Kebun Raya Bogor, Jam Buka, Kegiatan, Fasilitas & Lokasi

Berbagai jenis permainan

Air terjun di Kebun Raya BaturradenWisatawan juga bisa menikmati sekaligus bermain air terjun mini di kawasan wisata Baturraden. Foto: Google Maps/Exkuwin Suharyanto

Di sekitarnya terdapat air terjun alami. Air terjun kecil ini dikelilingi oleh pohon-pohon tinggi. Karena aliran airnya tidak terlalu besar, pengunjung bisa bermain air di tempat ini.

Taman wisata ini juga memiliki rumah pohon yang bisa dijadikan tempat istirahat dan bermain anak-anak. Untuk sampai ke rumah pohon, pengunjung harus melewati jembatan kayu. Dibutuhkan keseimbangan dan keberanian untuk dapat melintasi jembatan tersebut, terutama bagi anak-anak.

Ada berbagai macam wahana mainan disini dan salah satunya adalah jungkat-jungkit. Permainan ini dapat dimainkan oleh 2 sampai 4 orang, misalnya 1 orang pada masing-masing sisi mainan. Pengunjung bisa bermain jungkat-jungkit bersama anak-anak atau bersama teman dan keluarga.

Tak jauh dari ayunan, pengunjung bisa bermain seluncuran. Anak-anak bisa bergantian meluncur di perosotan yang tidak terlalu tinggi. Saat bermain, Anda harus lebih berhati-hati agar tidak tersandung akar pohon di ujung bawah seluncuran.

Pengunjung dapat menguji ketelitian dan kerja sama mereka di taman labirin. Jika datang berkelompok, kita bisa memanjat pohon untuk memberi petunjuk arah. Sementara yang lain melewati labirin yang terbuat dari pagar untuk keluar dari labirin.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Caping Park Purwokerto

pikiran

wahana jembatan gantungBerbagai wahana juga bisa dimainkan untuk anak-anak dan dewasa. Foto: Google Maps/Ganang Restu Bariadi

Saat akhir pekan atau saat liburan panjang, objek wisata ini bisa menjadi tujuan wisata yang tepat. Pengunjung bisa membawa bekal sendiri dari rumah atau membelinya di Kebun Raya Baturraden.

Agar lebih menikmati suasana alam bersama keluarga, pengunjung bisa misalnya menggelar tikar di dekat taman bermain. Jadi, sambil bersantai bersama keluarga, Anda juga bisa melihat anak-anak bermain.

Kemudahan

Pada tahun 2016 Kebun Raya Baturraden membangun rumah kaca konservasi, gedung pengelolaan. Setelah itu dibangun taman tematik. Di tahun 2017, pengunjung dapat memanfaatkan fasilitas inspeksi jalan dan lingkungan. Pada tahun 2018 fasilitas pengunjung ditambah rambu, pujasera, kafe, dan musala.

Lokasi Kebun Raya Baturraden

Taman wisata ini terletak di Jl. Pancuran Tujuh – Ekowisata Baturraden, Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi pengelola kawasan wisata di (0281) 681822.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button