Teluk Kiluan Lampung – Atraksi, Aktivitas Liburan dan Tempat - WisataHits
wisatahits

Teluk Kiluan Lampung – Atraksi, Aktivitas Liburan dan Tempat

Atraksi, Aktivitas Liburan dan Tempat – Teluk Kiluan salah satu teluk yang indah di Tenggamus, Provinsi lampung kaya akan pesona. Wisata bahari yang menawarkan pantai dan laguna yang menawan menarik untuk dikunjungi saat liburan.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kiluan Negeri, Kec. Kelumbayan, Kab. Tanggamus, Lampung; Kasus: Cek lokasi

Lampung kembali menghadirkan pesona alam yang luar biasa di beberapa titik wilayahnya. Destinasi wisata Teluk Kiluan salah satunya. Tempat wisata ini menawarkan panorama alam yang tidak biasa. Karena di tempat ini Anda juga akan melihat lumba-lumba berenang kesana kemari seolah menyapa para pengunjung yang datang.

Bahkan tempat ini juga terkenal dengan keindahan wisata bawah lautnya. Dengan air laut yang begitu jernih dan garis pantai yang memukau akan menambah suasana yang memukau. Bahkan dengan berbagai jenis ikan yang menghuninya, teluk ini merupakan tempat yang tepat bagi para pecinta biota laut.

Kini, Teluk Kiluan Lampung menjadi tempat wisata unggulan yang sayang untuk dilewatkan saat liburan tiba. Pesona dan keunikannya seolah membius siapa pun untuk segera datang ke sini. Selain itu, aktivitas seru menanti Anda di teluk eksotis Lampung ini.

Atraksi Teluk Kiluan

Aktivitas di Teluk KiluanKredit gambar: Google Maps Rienpra

1. Pantai dan laut yang luar biasa

Menjadi salah satu tujuan wisata utama di Lampung, Teluk Kiluan menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Hal ini dibuktikan dengan air laut yang jernih dan laut yang biru. Belum lagi ditambah dengan hijaunya pepohonan yang mengelilingi area teluk. Anda pasti akan terkejut hanya dengan sekali lihat.

Teluk ini memiliki garis pantai yang indah yang dihuni oleh pasir putih yang menakjubkan. Apalagi dengan air yang cenderung dangkal, sehingga aman digunakan untuk bermain air. Rasakan lembutnya air menyentuh kaki Anda. Pengunjung juga bisa melihat bebatuan kokoh yang ada di pinggir pantai.

2. Ada primata asli Teluk Kiluan

Bagi pecinta primata, tempat ini juga dihuni oleh puluhan primata asli. Jika Anda beruntung, Anda akan menemukan beberapa primata berbulu hitam melompat dari pohon ke pohon. Mereka juga mengeluarkan suara yang cukup keras untuk menghadirkan harmoni mereka sendiri di pantai.

Hewan ini biasanya muncul secara tidak terduga, jadi jangan heran jika Anda menjumpai primata yang menghuni pulau tersebut. Beberapa primata asli teluk adalah kukang, owa, simpai, dan banyak lagi. Selama berada di laut, Anda bisa melihat penyu hijau berenang di laut, tentunya akan menjadi pengalaman liburan yang tak terlupakan.

3. Lumba-lumba

Teluk Kiluan memiliki pesona alam yang tidak biasa. Karena di sanalah Anda bisa melihat sekawanan lumba-lumba berenang dan melompat keluar dari air. Bahkan lumba-lumba tempat ini juga sering menyambut pengunjung yang datang. Saksikan ratusan lumba-lumba berduyun-duyun ke perahu nelayan yang terparkir rapi.

Anda tidak perlu takut ketika didekati oleh hewan laut ini. Karena mereka sangat ramah dan sangat penurut. Banyaknya lumba-lumba yang ada di sini tak lain adalah teluk itu sendiri yang menjadi jalur migrasi. Sehingga terkadang Anda akan melihat lumba-lumba berenang seolah-olah sedang mengejar. Diantaranya adalah lumba-lumba hidung botol dan lumba-lumba panjang yang penurut. Jika beruntung, Anda juga akan menjumpai lumba-lumba abu-abu.

4. Laguna Gayau yang Indah

Atraksi selanjutnya yang bisa Anda lihat di Teluk Kiluan adalah Laguna Gayau. Laguna itu sendiri merupakan daerah cekungan yang dikelilingi oleh bebatuan yang terbentuk secara alami. Laguna juga biasa disebut sebagai kolam alami karena airnya sendiri berasal dari air pasang.

Dengan warna airnya yang biru kehijauan, Gayau Lagoon adalah tempat yang populer bagi pengunjung. Meski begitu, untuk sampai ke laguna, Anda harus berjalan menyusuri garis pantai. Menjadi tempat dengan air laut alami, laguna ini memiliki kedalaman sekitar 1 hingga 3 meter. Jadi pastikan Anda tahu cara berenang untuk bisa berenang di sini.

5. Matahari terbenam yang indah

Dengan lokasi pantai yang menghadap ke barat, di pantai teluk ini anda bisa menikmati sunset yang indah. Anda pasti akan dibuat takjub dengan pemandangan matahari terbenam di tempat ini.

Hanya duduk santai di tepi pantai menikmati detik demi detik matahari terbenam di ufuk barat. Suasananya pasti akan sangat berkesan untuk liburan Anda. Apalagi jika Anda menontonnya bersama orang tersayang.

Alamat dan rute menuju lokasi Teluk Kiluan

Alamat Teluk KiluanKredit gambar: Google Maps Elly Suryani

Bagi Anda yang ingin melihat sekawanan lumba-lumba berenang saat senja, Anda harus mengunjungi wisata bahari ini. Teluk eksotis ini terletak di Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Tenggamus, Lampung. Untuk sampai ke tempat yang tepat, beberapa rute harus ditempuh. Jika ditempuh dari kawasan Kota Bandar Lampung akan memakan waktu sekitar 2,5 jam. Cukup panjang memang, juga karena jaraknya sekitar 80 meter.

Dari kawasan Bandar Lampung, Anda bisa berkendara menuju Morotai. Kemudian naik kendaraan pribadi menuju kawasan jalan raya Way Ratay. Dari jalan raya terus ikuti medan yang ada sampai Anda mencapai Jalan Dirt Road. Dari sana, Anda akan sampai di desa Kiluan Negeri.

Selain melewati Morotai, pengunjung juga bisa mengambil jalan menuju Padang Cermin. Dari sana, percepat kendaraan Anda hingga mencapai Punduh Pidada. Di bagian jalan ini, pengunjung akan menemukan tanda yang menunjukkan Teluk Kiluan. Cukup ikuti petunjuk untuk sampai ke sana secepat mungkin.

Seperti tempat wisata primadona lainnya, tempat ini juga menetapkan harga tiket berdasarkan keindahan alamnya. Meski begitu, biaya yang harus dikeluarkan tidak terlalu menguras kantong Anda. Hanya dengan membayar Rp 5000 kamu sudah bisa mengakses semua keindahan yang disuguhkan.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Teluk Kiluan

Aktivitas Seru di Teluk KiluanKredit gambar: Google Maps Abdillah Bramaywa Ahmad Manudipta

1. Berenang

Aktivitas pertama yang tidak boleh dilewatkan di Teluk Kiluan adalah berenang. Seperti yang sudah dibahas, teluk ini memiliki air yang tidak terlalu dalam. Jadi Anda bisa berenang dengan ikan di waktu luang Anda. Jangan lupa juga untuk membawa jaket pelampung untuk berjaga-jaga.

Berenang di laut biru Kiluan memang akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Jangan lewatkan. Rasakan sensasi airnya yang begitu dingin dengan deburan ombak laut yang bersahabat, apalagi ditambah dengan hijaunya pepohonan yang terlihat rindang. Anda pasti akan ketagihan berkunjung ke sini.

2. Bermain air di laguna

Seperti yang Anda ketahui, teluk ini juga memiliki laguna yang indah. Nah, bagi kamu yang berkunjung ke laguna ini, kamu bisa membayar tiket selain tiket masuk ke teluk. Di laguna ini, Anda bisa bermain air dengan puas. Mulailah dengan berenang, mandi, atau sekadar mengagumi keindahan alam laguna.

3. Snorkeling

Teluk ini dikenal memiliki panorama bawah laut yang mempesona. Oleh karena itu, rasanya kurang afdhol jika tidak melihat keanekaragaman terumbu karang dan biota laut di sana. Apalagi daerah lain masih sama jelasnya. Anda bisa membawa peralatan snorkeling sendiri dari rumah atau menyewanya di sekitar Teluk Kiluan.

Anda tinggal mencari titik snorkeling yang tepat untuk bisa berbaur dengan ikan-ikan. Pastinya akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi Anda.

Akomodasi Murah Terdekat ke Teluk Kiluan

Akomodasi di Teluk KiluanKredit gambar: Google Maps Farid Rohman Sholeh

1. Homestay Amin Yahuza

Di Amin Yahuza Homestay, Anda bisa menginap dengan harga kurang dari Rp 200.000 per malam. Untuk fasilitasnya sendiri, tersedia kipas angin dan kamar mandi pribadi. Untuk menuju hostel ini, Anda hanya perlu menempuh jarak 0,5 km. Tempatnya memang dekat dengan kawasan Teluk Kiluan, hanya beberapa menit dari Amin Yahuza Homestay.

2. Kiluan Dholpin

Anda dapat menemukan Kiluan Dholpin di daerah pesisir. Dengan merogoh kocek kurang dari Rp 400.000 kamu bisa bermalam di sini. Lihat juga dari kamar tidur pemandangan tempat ini di malam hari. Dimana langit malam membiaskan indahnya air laut teluk ini. Seketika mata akan terpana dengan fenomena alam ini.

3. Cece Guesthouse

Hostel ini terletak di tepi pantai dengan kamar yang cukup luas. Oleh karena itu akan lebih nyaman jika dihuni oleh beberapa orang sekaligus. Apalagi dengan fasilitas yang sudah ber-AC, pengunjung tentu akan merasa lebih nyaman.

Fasilitas wisata yang tersedia di Teluk Kiluan Lampung

Fasilitas di Teluk Kiluan LampungKredit gambar: Google Maps Abdillah Bramaywa Ahmad Manudipta

Sebagai tempat wisata primadona di Lampung, Teluk Kiluan menyuguhkan berbagai pemandangan alam yang indah. Hal ini juga didukung dengan berbagai fasilitas yang tersedia di sini. Fasilitas ini menjadi pusat perhatian pengunjung.

Di wisata bahari ini sendiri sudah memiliki fasilitas yang memadai. Anda akan menemukan masjid, hostel, perahu yang disewakan untuk melihat lumba-lumba dan toilet.

Berbagai ulasan di atas tentang Teluk Kiluan Lampung pasti akan membuat Anda ingin segera ke sana. Jangan lupa untuk membawa perbekalan yang cukup ketika Anda pergi berlibur ke sini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button