Pangeran Curug, air terjun eksotis di tengah hutan Bogor - WisataHits
wisatahits

Pangeran Curug, air terjun eksotis di tengah hutan Bogor

Curug Pangeran adalah salah satu wisata air terjun yang bagus di kawasan Taman Nasional Halimun Salak Bogor, Jawa Barat. Air terjun yang diberi nama unik ini memiliki panorama alam yang indah, air yang jernih, dan berada di tengah hutan yang asri dan menyejukkan.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 06.00-18.00 WIB, Alamat: Jl.Pasir Reungit, Gunung Sari, Kec. Pamijahan, kota Bogor, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Curug Pangeran terletak di Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Bogor. Dimana lokasinya merupakan kawasan lindung, air terjun ini selalu dirawat dan dijaga. Sehingga air terjun yang menjadi tempat wisata bagi banyak orang ini sangat bersih dan tertata dengan baik. Membuatnya nyaman dan aman saat berkunjung.

Suasana air terjun yang indah dan megah. Selain itu, akses menuju lokasi dan jalan setapak menuju air terjun juga cukup user friendly. Inilah salah satu daya tarik keberadaan air terjun yang selalu dikunjungi. Meski cukup terpencil, keberadaan air terjun ini tidak pernah sepi pengunjung dari berbagai kalangan.

Curug Pangeran adalah salah satu dari sekian banyak air terjun yang menawan di Bogor, tujuan wisata yang menarik. Dijuluki kota hujan, Bogor memiliki banyak tempat wisata air yang beragam, indah dan megah. Air terjun ini juga merupakan salah satu tempat wisata yang memiliki spot keren.

Daya Tarik Air Terjun Pangeran

Atraksi Air Terjun PangeranKredit Gambar: Instagram Resmi Abdurrohman

Daya tarik dan keunikan wisata air terjun ini menarik wisatawan. Selain namanya yang unik, lokasinya yang strategis juga membuat tempat wisata ini semakin menarik. Simak beberapa atraksi di air terjun berikut ini:

1. Pemandian Pangeran Kerajaan

Air terjun, dinamai Pangeran, dikatakan telah menjadi tempat mandi para pangeran kerajaan di zaman kuno. Dimana letak air terjun yang cukup sepi di tengah hutan menjadikannya tempat wisata yang ideal dan cocok untuk berenang dan mandi.

Anda dapat mencium bau mandi dan membenamkan diri di air terjun ini dengan perasaan seorang pangeran kerajaan. Air terjun yang memiliki sensasi berbeda dengan air terjun lainnya ini membuat setiap pengunjung yang mandi dan berendam sangat percaya diri.

2. Keindahan alam yang mempesona di sekitar Curug Pangeran

Air terjun yang mengalir hingga setinggi 6 meter menjadi daya tarik tersendiri. Di bawah air terjun terdapat muara yang menjadi kolam alami. Di mana kolam itu menampung air terjun yang mengalir.

Airnya yang jernih dan bersih membuat siapa saja tergoda untuk mandi dan berenang di kolam tersebut. Karena air kolamnya bersih, maka memancarkan warna biru yang cemerlang.

Suasana sejuk dengan pepohonan di sekitarnya memberikan kenyamanan tersendiri. Suasana ini bisa menjadi terapi bagi Anda yang sibuk dengan kehidupan di luar rumah. Suasana santai yang ditawarkan di tempat ini menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin menyegarkan diri.

3. Jalur Seru Menuju Lokasi Curug

Daya Tarik Curug PangeranKredit gambar: Twitter Larisa

Dari tempat parkir, Anda akan mengikuti jalan setapak menuju Curug Pangeran. Jalan setapak yang seru dan indah di sepanjang jalan memberikan momen-momen indah untuk diabadikan. Apalagi di sepanjang jalan perlintasan yang dikelilingi pepohonan rindang. Pesona alam dengan pemandangan segar yang ditumbuhi tanaman liar dan semak belukar menjadi perasaan yang mengasyikkan.

Anda juga akan melewati sungai yang airnya dingin dan segar selama perjalanan. Bebatuan besar di sekitar jalan sangat indah dan unik. Lumut yang menempel di beberapa bebatuan menjadi keindahan yang eksotis.

Alamat, lokasi, rute dan harga tiket masuk Curug Pangeran

Alamat Curug Pangeran BogorFoto oleh Google Maps Dany Hz

Alamat air terjun eksotis ini berada di Jawa Barat, Bogor. Lokasi tepatnya di Pamijahan, desa Gunung Picung. Jalur menuju lokasi air terjun dari pusat kota cukup jauh. Namun, ada banyak angkutan umum yang menuju ke lokasi Pangeran Curug.

Bagi anda yang membawa kendaraan sendiri bisa bertanya kepada siapa saja yang ada dipinggir jalan. Rata-rata semua orang di Bogor tahu persis lokasi air terjun.

Jadi Anda tidak perlu khawatir jika mulai tersesat di jalur menuju tempat wisata ini. setiap orang yang Anda ajukan pertanyaan akan memberikan jawaban yang sederhana dan dapat dimengerti. Selain itu, penduduk setempat juga sangat ramah dan baik.

Air terjun ini bisa dikunjungi mulai pukul 6 pagi hingga 6 sore. Hari buka adalah setiap hari. Kapan pun Anda ingin datang setiap hari. Untuk bisa masuk ke lokasi air terjun, seseorang harus membayar tiket masuk dengan harga Rp 10.000 saja.

Bagi wisatawan yang membawa kendaraan akan dikenakan biaya parkir dengan nilai nominal Rp 5.000 untuk kendaraan bermotor. Sedangkan untuk kendaraan roda empat dan sejenisnya dikenakan biaya Rp 10.000. Bagi wisatawan yang ingin berkemah akan dikenakan biaya keamanan sebesar Rp 10.000 untuk satu malam.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pangeran Curug

Aktivitas di Air Terjun Pangeran BogorFoto dari Google Maps Curug Pangeran

Berbagai aktivitas menarik dilakukan saat mengunjungi Air Terjun Pangeran. Kegiatan berikut ini merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh wisatawan yang melintas. Yuk simak aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan jika berkunjung ke air terjun ini:

1. Banyak spot foto

Berburu foto saat ini menjadi salah satu kegiatan yang paling diminati wisatawan. Selain berenang dan trekking, kamu juga bisa mencari spot-spot foto yang indah dan asri di sekitar air terjun ini.

Salah satunya dengan membuat latar belakang aliran air terjun dan kolam alami berwarna biru. Berfoto di tempat ini merupakan salah satu tempat yang paling diidolakan. Anda juga bisa berfoto selfie dengan teman-teman.

Spot foto lainnya adalah dengan pepohonan yang berjejer indah di sekitar air terjun. Berdiri di antara pepohonan juga akan menghasilkan citra estetis. Ini seperti berada di padang pasir dan tersesat.

Bisa berfoto di sepanjang perjalanan menuju lokasi air terjun. Jalur atau persimpangan jalan akan terlihat bagus di foto. Selain itu, Anda juga dapat mengambil foto di antara tangga saat Anda tiba di tempat kejadian.

2. Berenang di air terjun

Air Pangeran Curug yang memiliki kesejukan dan kesegaran selalu ramai dikunjungi wisatawan berendam dan berendam. Ada kolam alami yang dalamnya sekitar 5 meter.

Untuk anak-anak, mereka bisa berenang dan bermain air di tepi kolam renang. Air yang mengalir dari air terjun ini tidak terlalu deras, sehingga anak-anak juga bisa bermain dan mandi di sekitar aliran sungai.

Saran bagi wisatawan yang mandi dan berenang adalah menjauhi pusat air terjun yang jatuh ke kolam. Karena kita takut terjadi hal yang tidak diinginkan. Demi keamanan dan keselamatan pengunjung.

3. Main air dan main susun batu

Saat bermain air di tepi kolam, Anda bisa bermain atau berlomba menyusun batu. Kegiatan ini sering dilakukan oleh wisatawan yang datang. Kompetisi untuk meletakkan batu terbanyak dan tertinggi adalah pemenangnya. Anda bisa mengabadikan foto sambil menata bebatuan. Foto tersebut akan menjadi satu foto.

Perakitan batu-batu ini tidak mudah, membutuhkan kesabaran dan teknik tertentu agar batu dapat dengan mudah dan cocok dengan batu sebelumnya. Mencari bebatuan di sekitar aliran sungai akan menjadi saat-saat yang mengasyikkan. Anda mungkin melewatkan hal-hal sepele seperti ini ketika Anda sibuk dengan dunia luar nanti.

4. Pendakian ringan

Jarak antara Curug Pangeran dan tempat parkir sekitar 150 meter. Anda bisa menikmati aktivitas hiking ringan menuju lokasi air terjun. Jalur pendakian tidak terlalu sulit. Cukup ramah dengan suasana sejuk dan sejuk.

Dalam perjalanan menuju tempat wisata, Anda akan melihat pemandangan yang indah dan asri. Kesegaran yang tercipta akibat suasana pegunungan yang mengelilinginya setiap saat.

5. Uji nyali Anda dengan lompat tebing

Aktivitas Lainnya Curug Pangeran BogorFoto oleh Google Maps Deri Slyrova

Terdapat tebing yang cukup tinggi dan menjadi tempat untuk melompat ke kolam air buatan di bawahnya. Aksi ini kerap dilakukan wisatawan yang ingin menguji nyali.

Rasa segar dan semangat terasa saat Anda melompat dan menceburkan diri ke dalam air. Kegiatan menarik ini hanya dilakukan oleh pengunjung yang bisa berenang. Karena kedalaman kolam juga menjadi faktor pengunjung yang melompat. Jika Anda tidak bisa berenang, tidak disarankan untuk mengikuti jejaknya.

6. Tamasya yang menyenangkan

Kegiatan lain yang tak kalah seru adalah outbond. Mainkan permainan seru di sekitar area yang telah disediakan. Anda dapat bermain dengan puas jika Anda pergi keluar di sekitar tempat ini.

Anda bisa mengajak teman hang out, atau teman aktivis di kampus dan teman di kantor. Bersenang-senang di sini akan menjadi salah satu kegiatan yang tidak akan terlupakan.

7. Berkemah di sekitar Curug

Pengunjung yang suka bermalam di tengah hutan, memilih berkemah di dekat Curug Pangeran sebagai salah satu kegiatan yang paling cocok. Ada bumi perkemahan yang merupakan tempat yang asik untuk berkemah bersama teman-teman.

Area camping yang direncanakan di dekat air terjun ini sangat indah. Mendirikan tenda di atas rerumputan dan dikelilingi hutan merupakan salah satu atraksi utama.

Siapkan tenda dan nikmati pemandangan di malam yang dingin. Selain itu, Anda dapat membuat api unggun untuk kehangatan dan cahaya. Berkemah di tepi air terjun sangat cocok bagi Anda yang tidak bisa kehabisan air. Anda dapat dengan mudah mendapatkan sumber air di daerah ini.

Fasilitas yang tersedia di Curug Pangeran Bogor

Fasilitas Air Terjun Pangeran BogorFoto dari Google Maps John Stefanus Chandra

Karena berada di kawasan lindung pemerintah, objek wisata alam ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Selain itu adanya camping ground yang luas dan exit area. Terdapat tempat parkir yang cukup luas. Dimana parkir dapat menampung banyak kendaraan. Dari sepeda motor atau mobil dan bus atau damri.

Kawasan air terjun ini juga menawarkan banyak fasilitas umum. Sebagai contoh toilet yang bersih dan rapi, terdapat tempat pembuangan sampah. Di sekitar lokasi terdapat tempat persewaan tenda atau gubuk bagi anda yang ingin bermalam disini. Ada tempat persewaan ban yang bisa digunakan untuk berenang dan terapung di atas air.

Demikian ulasan singkat tentang Curug Pangeran Bogor yang sedang diputar. Dimana keberadaan air terjun menjadi incaran para wisatawan yang ingin berlibur. Namun, usahakan membawa kendaraan yang baik dan bagus untuk datang ke lokasi air terjun. Selamat berlibur bagi anda yang ingin menghabiskan akhir pekan di air terjun.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button