Tiket dan Aktivitas GROJONGAN SEWU Tawangmangu - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Aktivitas GROJONGAN SEWU Tawangmangu

Tiket dan Aktivitas GROJONGAN SEWU Tawangmangu

Harga tiket masuk Air Terjun Grojongan Sewu: Rp 22.000. Jam buka: 08:00 – 15:00 WIB. Nomor telepon: -. Alamat: Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia, 57792.

Jika berbicara tentang air terjun, maka langsung terlintas di pikiran helaian air yang jatuh dengan suara yang khas. Meski suaranya begitu menggelegar, tapi ajaibnya, suaranya justru menenangkan. Inilah yang akan dirasakan pengunjung ketika mereka tiba Grojongan Sewu Tawangmangu Karanganyar.

Letaknya yang berada di kaki Gunung Lawu membuat kawasan ini begitu sejuk. Hutan yang mengelilingi kawasan ini membuat pemandangan begitu indah. Suasana seperti ini tentu mendorong relaksasi dari penatnya rutinitas sehari-hari.

Dalam bahasa Jawa, grojogan artinya air terjun, sedangkan sewu artinya seribu. Disebut Grojongan Sewu karena banyak air yang jatuh sehingga tidak bisa dihitung. Ada juga yang menganggap perekonomian tumbuh ribuan kali lipat karena grojogan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Grojongan Sewu

Ada 2 jenis tiket masuk Grojongan Sewu. Yang pertama untuk turis domestik Rp 22.000/orang dan tiket masuk khusus turis mancanegara.

Harga Tiket Masuk Grojongan Sewu
Tiket Masuk Turis Domestik Rp 22.000

Baca: TAMAN BALEKAMBANG Tiket Masuk dan Kegiatan di Tawangmangu

Jam Buka Area Grojongan Sewu

Kawasan wisata ini bisa dikunjungi setiap hari. Buka dari pagi hingga sore hari.

Jam buka
Setiap hari 08.00 – 15.00 WIB

Berbagai aktivitas wisata bisa dilakukan di tempat wisata ini. Terutama kegiatan yang berhubungan dengan alam dan lingkungan. Berikut adalah beberapa:

1. Wisata konservasi hutan

Air Terjun Grojongan Sewu merupakan tempat wisata konservasi alam. Oleh karena itu, flora terlindungi dengan baik. Beberapa di antaranya adalah pinus, gunung kemlandingan, beringin, puspa gondang.

Sedangkan satwa liar yang paling banyak dijumpai adalah monyet ekor panjang, tupai, dan burung. Sebagai wisata konservasi alam, hewan-hewan di sini dibiarkan bebas. Pengelola melindunginya dengan membiarkan hewan berkembang biak secara alami.

Baca: Tiket Masuk dan Kegiatan di Bukit Tawangmangu Sekipan

Monyet liar di sekitar kawasan wisataMonyet liar di sekitar kawasan hutan wisata. Foto: Google Maps/Nour Rosyid Fahmi

2. Interaksi langsung dengan monyet liar

Bagi pengunjung yang menyukai binatang, Grojongan Sewu adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Monyet ekor panjang yang dilindungi di sini sering muncul di sekitar pengunjung. Dengan demikian, pengunjung bisa langsung berinteraksi dengan monyet-monyet tersebut.

Interaksi di sini bukan berarti bergandengan tangan dan berfoto selfie. Tapi lebih ke Katakan halo hanya pada jarak dekat. Karena jika terlalu dekat, monyet bisa mengambil barang bawaan pengunjung.

Baca: Tiket Masuk MONGKRANG HILL Lawu dan Aneka Atraksi

3. Menikmati kesejukan air terjun

Air Terjun Grojogan SewuAir Terjun Grojogan Sewu. Foto: Google Maps/Sunday Tangcity biker

Ini adalah daerah pegunungan, tentunya udaranya segar dan tidak tercemar. Juga, ada air terjun di kawasan itu, pasti tambah keren. Namun di sini pengunjung dilarang berenang langsung di bawah air terjun.

Larangan itu cukup masuk akal, karena kaskade yang cepat. Dikhawatirkan benda keras akan jatuh dan menimpa pengunjung yang berada tepat di bawah. Pengunjung bisa merasakan kesejukan air terjun melalui sungai yang mengalir di bawahnya.

4. Menunggang kuda di Taman Wisata Grojongan Sewu

Jika pengunjung merasa berat menaiki tangga, ada alternatif lain. Penyewaan kuda disiapkan untuk mengantisipasi hal tersebut.

Menunggang kuda di Grojogan sewuSelain kawasan hutan dan air terjun, pengunjung juga bisa mencoba menunggang kuda di sini. Foto: Google Maps/Andreas Victor Hery Pratama

5. Jalan sekali jalan menuju Taman Wisata Grojongan Sewu

Ketinggian air terjun mencapai 81 meter, yang membuat kawasan sekitarnya cocok untuk didatangi. Salah satu rilis menarik di sini adalah flying fox. Hanya dengan membayar Rp 11.000 pengunjung sudah merasakan sensasi berseluncur di sungai.

Arung jeram juga merupakan wahana yang patut dicoba. Hanya saja, perjalanan arung jeram di sini hanya dilakukan pada hari-hari tertentu saja. Jadi kadang ada kadang tidak.

6. Wisata Kuliner Sate Kelinci

Puas mencoba berbagai aktivitas, kini saatnya bersantai sambil makan. Berbagai kuliner tersedia di tempat rekreasi ini. Namun ada satu sajian yang menjadi ikon di daerah ini yaitu sate kelinci.

Serat daging kelinci yang lembut sangat nikmat dipadukan dengan bumbu kacang. Ditambah irisan cabai dan bawang merah, melengkapi kenikmatan sate kelinci di sini.

Agar lebih kenyang, sate kelinci juga dikaitkan dengan sumber karbohidrat. Jika biasanya nasi digunakan sebagai sumber karbohidrat, di tempat ini nasi diganti dengan lontong.

Fasilitas di Grojongan Sewu

Selain air terjun, ada fasilitas yang juga berhubungan dengan air yaitu kolam renang. Di sini juga tersedia banyak warung makan. Tersedia pula toilet, mushola dan gazebo untuk istirahat sejenak menuju penginapan.

Kolam renang di kawasan wisata grojongan sewuSelain berendam di air terjun, ternyata di kawasan wisata ini juga terdapat kolam renang. Foto: Google Maps/IWAN-MUCHTAROM

Lokasi Grojongan Sewu

Kawasan wisata ini dapat diakses dari 2 arah yaitu Solo atau Madiun. Dari Solo sekitar 45 km arah timur, dari Madiun 75 km arah barat daya. Lokasinya di Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button