Tiket & Atraksi WHITE CRATER - WisataHits
wisatahits

Tiket & Atraksi WHITE CRATER

Tiket & Atraksi WHITE CRATER

Harga Tiket Masuk Kawah Putih: Rp 28.000-Rp 162.000 Jam Buka: 07:30-16:30 WIB Telepon: 0812-2006-8486 Alamat: Jalan Raya Ciwidey Patengan Km 11 Lebakmuncang Ciwidey, Sugihmukti, Pasirjambu, Bandung , Jawa Barat, Indonesia , 40972

kawah Putih adalah kawah hasil letusan Gunung Patuha, Ciwidey, Bandung. Warna putih kawah hasil dari kandungan beberapa unsur yang bercampur dengan belerang. Keunikan panorama yang memiliki kesan romantis menjadi alasan mengapa kawasan ini menjadi favorit para wisatawan.

Objek wisata ini terletak di dataran daerah pegunungan pada ketinggian sekitar 2.430 meter di atas permukaan laut. Oleh karena itu, suhu di kawasan wisata ini sangat sejuk, berkisar antara 15 hingga 22° Celcius.

Baca: 49 Tempat Wisata Lengkap di Bandung

Harga Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey

Wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Karena harga masuknya cukup terjangkau.

Harga Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey
Tiket Masuk Wisatawan Domestik Rp 28.000
Tiket masuk turis internasional Rp81.000
Tiket Masuk Turis Nasional Rp 40.000
Tiket Masuk Domestik + Anting PP Rp 57.000
Tiket Masuk Wisatawan Internasional + Anting PP Ontang 110.000 rupiah
Tiket Masuk Domestik + Anting PP Ontang 69.000 rupiah
Jasa Lingkungan (Parkir R4 di Pusat Kawah) 162.000 rupee
Berjalan di tengah kawah
Berkuda Rp 50.000
Panahan Rp20.000
Taman bermain mini Rp20.000
Lihat Jembatan Sunan Ibu Rp 11.000
Jembatan terapung Rp 15.000
Jasa fotografer profesional Rp 10.000
Mengisi biaya pemotretan / pre-wedding Rp 500.000
Tembakan Terisi Rp 3.000.000
Tiket parkir kendaraan di bawah
Tiket parkir motor Rp 8.000
tiket parkir Rp 15.000
Tiket parkir bus Rp 35.000

Baca: Tiket Masuk Ranca Upas Ciwidey dan Aktivitas

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum berkunjung:

  1. Kawah Putih Ciwidey terbuka untuk semua wisatawan dari berbagai daerah.
  2. Anak-anak berusia 5 tahun memiliki tiket masuk normal.
  3. Pengunjung dapat membeli tiket langsung di box office.
  4. Setiap wisatawan yang berkunjung diharuskan untuk disaring melalui aplikasi Peduli Protect.

Bagi wisatawan asing, baca artikel ini untuk informasi lebih lanjut tentang destinasi ini.

Jam Buka Kawah Putih Bandung

Tempat wisata ini dibuka untuk umum setiap hari, buka dari pagi hingga sore hari.

Waktu operasional
Senin minggu 07.30 – 16.30

Berbagai kegiatan wisata

Kabut halus seringkali menyelimuti Kawah Putih seperti udara pegunungan yang dingin. Posisinya yang berada di Puncak Ciwidey menambah nuansa asri keindahannya. Kadang-kadang, kabut tebal dapat turun untuk menutupi dan menghalangi pandangan.

Objek wisata ini menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Karena itu, pada hari libur biasa, jumlah wisatawan per hari berkisar antara 1.500 hingga 2.000 orang. Saat libur panjang, jumlahnya bisa mencapai 5.000 orang per hari.

Menikmati keindahan danau

Kawah Putih Bandung terbentuk secara alami dari letusan Gunung Patuha dengan endapan tuf putihKawah Putih Bandung terbentuk secara alami dari letusan Gunung Patuha dengan endapan tuf putih. Foto: Google Maps/Bhisma Puput

Kawah Putih adalah sebuah danau hasil letusan Gunung Patuha pada abad ke 10 dan 12. Garis tanah berwarna putih yang terjadi secara alami dari sedimen tufa (Abu vulkanik). Air danau berwarna putih dan hijau.

Kawah ini dikelilingi oleh pasir putih dengan riak debu asap dan sesekali semburan lumpur hidup. Warna kawah dapat berubah tergantung pada kandungan belerang, suhu dan kondisi cuaca di daerah tersebut. Terkadang hijau apel, kebiruan, cokelat susu, hingga putih berkabut.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Pemandian Air Panas Ciwidey

Di sini wisatawan akan mencium bau belerang yang kuat dari asap yang keluar dari kawah. Berdasarkan tingkat keasaman tinggi pada kisaran pH 0,5 hingga 1,3. Ada larangan bagi wisatawan untuk mandi karena air memiliki kandungan belerang yang sangat tinggi yang dapat merugikan wisatawan.

Naik Ontang ke kawah

Saat memasuki area tempat wisata ini, wisatawan akan menumpang ke area utama. Kendaraan ini merupakan alat transportasi yang dimodifikasi bagi pengelola untuk menuju pintu masuk. Selain sebagai sarana transportasi, sarana transportasi ini menjadi keunikan tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung.

Harga tiket masuk Kawah Putih juga sudah termasuk wahana Ontang-anting. Di atas wahana ini, wisatawan bisa menikmati segarnya udara kawasan yang masih perawan. Sepanjang perjalanan, Anda akan melihat hutan alam khas pegunungan.

Sejarah Kawah Putih Mitologi Sunda

Pepohonan di sekitar kawah memberikan nuansa eksotis yang sangat cocok untuk background foto para wisatawan di Kawah Putih BandungPepohonan di sekitar kawah memberikan nuansa eksotis yang sangat cocok untuk dijadikan latar foto bagi wisatawan. Foto: Instagram/ade_alman11

Menurut legenda, puncak Gunung Patuha tempat Kawah Putih berada adalah tempat bersemayamnya arwah leluhur. Gunung purba di Bandung ini memiliki julukan “Orang Tua” karena diyakini lebih tua dari Gunung Sunda. Letusan Gunung Sunda sendiri memunculkan Gunung Tangkuban Perahu dan Gunung Burangrang.

Kepercayaan mitologis ini dibuktikan secara ilmiah oleh ekspedisi Franz Wilhelm Junghuhn pada tahun 1837. Sebelumnya, Gunung Patuha dianggap sebagai gunung angker dan puncaknya merupakan kawasan keramat yang tidak boleh dimasuki. Hal ini diyakini karena tidak adanya seekor burung pun yang melintasi Gunung Patuha, apalagi puncaknya.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas di Ciwidey Valley Resort

Junghuhn juga menemukan bahwa ini karena kandungan unsur wilayah Kawah Putih. Hal ini mengingatkan pada kata ‘Sunda’ yang berasal dari bahasa Sansekerta kuda berarti ‘putih’. Karena letusan Gunung Sunda menyebabkan dataran Priangan tertutup oleh sedimen tufa putih.

Berburu foto di spot Sunan Ibu

Menikmati matahari terbit dari Sunan Ibu, spot Kawah Putih BandungMenikmati sunrise dari spot Sunan Ibu.
Foto: Instagram/bandunginframe

Menginap di Kawah Putih Bandung yang didominasi warna putih, Anda akan merasakannya. Sangat cocok untuk wisatawan yang suka hunting spot foto Instagramable. Memiliki nuansa romantis dan unik serta menjadi latar favorit wisatawan untuk berfoto. Panorama alamnya yang indah menarik wisatawan terutama pasangan muda untuk mengabadikan momen tersebut.

Selain itu, lantai kawah dan alam yang eksotis menambah kesan natural pada foto tersebut. Destinasi wisata ini juga pernah dipopulerkan sebagai lokasi syuting film Heart tahun 2006. Lokasi ini juga sering digunakan untuk lokasi foto prewedding.

Baca: Tiket Masuk Barusen Hills Ciwidey dan Aktivitas

Salah satu spot foto yang menarik adalah Sunan Ibu pemandangan matahari terbit. Tempat ini menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan khususnya para pecinta fotografi untuk mengejar sunrise. Disini wisatawan bisa menikmati keindahan alam dari atas dan melihat matahari terbit di ketinggian 2.430 m.

Meredakan

Kawasan wisata Kawah Putih Ciwidey juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang cocok untuk para wisatawan. Tempat parkir luas dan aman. Bagi yang ingin bersantap, tersedia banyak pilihan warung makan.

Di kawasan sekitar kawah juga terdapat pedagang yang menjual abu belerang dan bebatuan khas kawah. Souvenir ini ampuh menyembuhkan penyakit kulit dan menghilangkan jerawat.

Untuk mengakses

Akses jalan menuju Kawah Putih Ciwidey cukup mudah. Tempat wisata ini terletak 44 km sebelah selatan kota Bandung. Tepatnya di sebelah kiri jalan raya Ciwidey – Rancabali km 41, sebelum perkemahan Ranca Upas.

Ada dua rute yang bisa dipilih, yaitu dari Cimahi ke Baros dan ke Soreang. Alternatif lain adalah menempuh perjalanan ke Ciwidey dari jalan raya Kopo – Soreang. Ke Ciwidey dari Cimahi, kondisi jalan tidak terlalu padat, hanya saja rutenya akan lebih memutar. Sedangkan jika anda melewati jalan tol Kopo – Soreang akan menghemat waktu anda.

Anda juga bisa menggunakan transportasi umum untuk menuju Kawah Putih. Tepat di gerbang masuk, wisatawan akan menemukan petunjuk arah untuk memasuki kawasan wisata.

Lokasi Kawah Putih

Kawasan wisata ini terletak di Jalan Raya Ciwidey Patengan Km 11 Lebakmuncang Ciwidey, Sugihmukti, Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat 40972.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button