Alun-Alun Kota Malang, tempat rekreasi favorit untuk liburan keluarga - WisataHits
wisatahits

Alun-Alun Kota Malang, tempat rekreasi favorit untuk liburan keluarga

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Merdeka Selatan, Kiduldalem, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Alun-Alun Kota Malang merupakan tempat yang sering ditemui oleh masyarakat, baik pada saat musim liburan maupun setiap hari dalam seminggu. Ini adalah tempat wisata yang sangat sibuk karena Anda dapat dengan mudah menemukan warung makan, pedagang kaki lima, kendaraan, masjid, dan pasar. Hal ini karena alun-alun merupakan lokasi utama kota Malang.

Orang-orang akan datang ke alun-alun pada hari Minggu di mana banyak orang berjalan-jalan dan mengambil gambar. Uniknya, alun-alun ini dibangun oleh pemerintah setempat dengan desain yang menarik layaknya taman anak-anak. Begitu banyak orang yang menyempatkan diri datang ke sini untuk berlibur. Berwisata sambil berwisata kuliner juga akan menyenangkan.

Di tempat ini, Anda bisa menghilangkan segala rasa penat dan jenuh dari aktivitas sehari-hari. Tempat-tempat wisata akan terlihat semakin indah jika Anda mengunjunginya pada malam hari. Anda bisa naik bianglala atau melihat keindahan air mancur di sana. Lampu-lampu taman alun-alun akan menambah keindahan suasana kota di malam hari.

Tempat Wisata Malang Town Square

Alun-alun kota malangKredit gambar: Google Maps Datuk Ismail

1. Bianglala untuk melihat kota Malang

Malang Square memiliki konsep pengembangan yang berbeda dari biasanya. Tempat ini memiliki kincir ria yang bisa dikendarai oleh semua pengunjung. Saat roda mulai naik, Anda bisa melihat seluruh area kota Malang dari atas. Keindahan kota akan semakin sempurna saat Anda menaiki kincir angin di malam hari.

2. Gedung Apel dan Stroberi

Perhatikan bahwa kota Malang sangat terkenal dengan apelnya, yang menjadikannya sebagai ikon daerah tersebut. Di alun-alun, ada bangunan unik berbentuk apel dan stroberi. Kedua bangunan ini memiliki fungsi yang berbeda dimana citra apel adalah kamar mandi, sedangkan strawberry sebagai pusat informasi kota Malang.

3. Ada rumah ibadah bersejarah

Objek wisata alun-alun kota malangKredit gambar: Google Maps Rini Juariah

Tidak hanya di area tengah alun-alun, wisatawan berkunjung ke tempat ini untuk melihat bangunan bersejarah. Kota Malang memiliki banyak peninggalan sejarah, termasuk tempat ibadahnya. Anda bisa beribadah, berfoto dan mendapatkan informasi sejarah di Masjid Raya Malang yang sudah dibangun sejak abad ke-18.

Selain tempat ibadah umat Islam, di sekitar alun-alun terdapat dua gereja yang telah berdiri selama lebih dari 100 tahun. Kedua tempat ibadah tersebut bernama Gereja Kayutangan dan GPIB Immanuel. Mirip dengan Masjid Agung Malang, kedua gereja ini dapat memiliki dua fungsi, yaitu sebagai tempat ibadah dan untuk studi sejarah pada masa kolonial.

4. Bangunan estetis

Alun-Alun Kota Malang memiliki beberapa bangunan estetis yang menjadi alasan wisatawan berkunjung ke tempat tersebut. Ada tugu Chairil Anwar yang biasa dijadikan spot foto favorit para wisatawan. Bahkan, beberapa pengunjung akan berfoto di depan Bank Indonesia yang terlihat estetis dan keren.

Selanjutnya wisatawan akan mengunjungi Toko Oen yang sudah ada sejak tahun 1922. Selain memiliki sejarah, toko ini sangat unik dengan oleh-oleh yang sangat lezat dan populer di kalangan wisatawan. Sebagian besar wisatawan sangat tertarik untuk mencicipi makanan di toko karena menyajikan makanan ringan lokal hingga kue barat.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Alun-Alun Kota MalangKredit gambar: Google Maps Yopie Janitra

Alun-alun Kota Malang terletak di Jalan Merdeka Selatan, Desa Kidul Dalem. Wilayah tersebut merupakan bagian dari Kecamatan Klojen, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur. Karena alun-alun ini berada di pusat kota, pengunjung hanya perlu beberapa menit untuk sampai ke tempat wisata ini.

Bagi Anda yang datang dari luar daerah, Anda bisa naik kereta api menuju Stasiun Malang Kotabaru atau bus menuju Terminal Arjosari. Selain itu, Kota Malang memiliki Bandara Abdul Rachman Saleh yang memudahkan wisatawan asing untuk berkunjung.

Dari terminal Arjosari, Anda bisa naik angkot biru yang melewati Jalan Teluk Pacitan, Jalan Sunandar Priyo Sudarmo dan Jalan Cokroaminoto. Lanjutkan perjalanan menuju Jalan Suropati yang dekat dengan alun-alun kota Malang.

Anda akan melakukan perjalanan sekitar setengah jam dari terminal sebagai gantinya. Sebaiknya gunakan kendaraan pribadi atau taksi online untuk mengantarkan Anda ke tempat tujuan dengan cepat.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Malang Town SquareKredit gambar: Google Maps Kholis X

Anda bisa mengunjungi Malang Town Square dengan biaya yang sangat murah karena tidak dipungut biaya masuk atau gratis. Anda dapat bermain di waktu luang Anda selama 24 jam di alun-alun ini. Hal ini tentunya menjadi alasan utama mengapa banyak wisatawan yang berkunjung ke kota Malang. Anda bisa berfoto atau jalan-jalan tanpa harus membayar sepeser pun.

Anda hanya perlu menyiapkan biaya akomodasi, makan dan transportasi. Meski gratis, wisatawan harus membayar 15.000 rupee jika ingin naik kincir besar di alun-alun. Hanya dengan harga standar kamu sudah bisa melihat pesona kota Malang di malam hari.

Kegiatan menarik untuk dilakukan di alun-alun

Aktivitas di Alun-Alun Kota MalangKredit Gambar: Instagram Indra Iswanto

1. Ambil gambar

Kegiatan menarik yang bisa dilakukan di alun-alun kota Malang adalah berfoto-foto di sekitarnya. Anda bisa berfoto di beberapa tempat terbaik, seperti di tengah taman atau di depan bangunan bersejarah. Foto yang dihasilkan akan indah dan estetis sehingga dapat Anda bagikan di jejaring sosial.

Namun, ada dua tempat menarik yang sering dijadikan spot foto, yaitu air mancur dan taman. Sebaiknya Anda berfoto di area sekitar air mancur pada malam hari, yang akan semakin indah. Memang, air mancur akan bersinar dengan lampu warna-warni ketika sudah larut malam.

Apalagi berfoto di taman bersama burung merpati akan terlihat menakjubkan meski Anda sedang berlibur ke luar negeri. Wisatawan akan mencoba berburu banyak merpati sambil melakukan ops foto keren. Namun, jangan coba-coba mengganggu merpati demi menjaga populasinya.

2. Jalan-jalan dan naik bianglala

Selain berfoto, Anda bisa berjalan-jalan di sekitar taman yang dipenuhi pepohonan hijau nan asri. Kebersihan tempat wisata yang indah ini membuat pengunjung nyaman saat berlibur di sana. Tanaman berbunga yang tertata rapi turut mempercantik keadaan taman yang banyak digunakan untuk berfoto.

Setelah berkeliling, Anda bisa naik bianglala di sore atau malam hari. Naik reel sambil melihat taman yang penuh lampu dan keindahan kota-kota lain di Malang membuat liburan menjadi sangat menyenangkan. Bahkan, Anda bisa menikmati kenyamanan liburan ini secara gratis.

3. Makan jajan di bangku taman dan gazebo mini

Aktivitas menarik di alun-alun kota MalangKredit gambar: Google Maps Ricky Ritonga

Anda bisa membeli jajanan dan duduk di bangku taman di alun-alun kota Malang. Akan lebih seru jika Anda duduk bersama teman atau keluarga yang akan berlibur bersama. Anda bisa duduk di bangku taman sambil menyaksikan keindahan payung yang dipasang di antara pepohonan.

Payung akan bersinar di siang hari karena pantulan sinar matahari. Bahkan, payung terlihat jauh lebih baik saat menyinari lampu di malam hari. Plus, Anda bisa bersantai sambil duduk datar di Mini Gazebo. Tempat ini sangat cocok untuk makan bersama keluarga saat liburan.

4. Baca slidenya

Merencanakan liburan di tempat ini akan menyenangkan jika Anda membawa anak-anak. Terdapat arena bermain atau area bermain khusus anak yang dilengkapi dengan beberapa perosotan. Anak-anak pasti akan merasa senang jika Anda mengajak mereka bermain di sana.

Taman bermain ini menjadi tempat favorit bagi anak-anak yang tinggal di sekitar alun-alun. Anak-anak juga dapat menikmati seluncuran secara gratis tanpa dikenakan biaya atau batas waktu. Hanya dengan mengunjungi tempat tersebut, Anda dan keluarga dapat menikmati liburan yang memuaskan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan taman kota

Fasilitas di area Alun-Alun Kota MalangKredit gambar: Google Maps Unero

Alun-Alun Kota Malang memiliki fasilitas yang memadai seperti area parkir, mushola dan toilet. Anda dapat berdoa dan menjaga kendaraan Anda tetap tenang selama berada di alun-alun. Di sekitar alun-alun juga terdapat beberapa rumah makan yang menyajikan berbagai menu lezat khas kota Malang. Anda juga bisa berwisata kuliner selama kunjungannya.

Fasilitas lainnya adalah taman bermain yang merupakan tempat utama untuk bermain. Anak-anak akan betah saat berlibur di alun-alun ini karena mereka bisa berfoto, bermain dengan burung merpati dan menikmati arena bermain di sana. Memang, Anda bisa bermain di alun-alun hingga malam hari untuk membuat roda besar bersama anak-anak.

Selain itu, pemerintah setempat memberikan pelayanan terbaik kepada pengunjung dengan sistem wifi gratis. Hal ini tentu saja membuat alun-alun banyak dikunjungi anak muda yang ingin berlibur, berfoto selfie dan langsung membagikannya di Internet. Fasilitas ini paling banyak dicari oleh semua wisatawan yang berlibur.

Itulah informasi tentang Alun-Alun Kota Malang dengan berbagai kegiatan menarik. Tempat ini harus menjadi tempat pertama yang Anda kunjungi ketika Anda berlibur di kota Malang. Taman ini memiliki pemandangan yang indah, bersih dan mudah dijangkau. Siapapun yang berkunjung ke alun-alun ini akan betah dan ingin menikmatinya berhari-hari.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button