Politeknik Pariwisata NHI Bandung mendukung kebangkitan sektor pariwisata dengan tenaga profesional - WisataHits
Jawa Barat

Politeknik Pariwisata NHI Bandung mendukung kebangkitan sektor pariwisata dengan tenaga profesional

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG – Sektor pariwisata merupakan salah satu penyumbang devisa negara terbesar. Untuk itu, sektor ini mendapat perhatian pemerintah, terutama pasca pandemi Covid-19.

Pemerintah terus mendukung sektor pariwisata untuk pulih dan didukung oleh sumber daya manusia (SDM) yang kompeten untuk memungkinkan pariwisata Indonesia pulih dan meningkat.

“Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyampaikan bahwa sumber daya manusia di sektor pariwisata harus berkarakter, kompeten dan mampu bekerja sama. Program revolusi mental mencakup nilai-nilai integritas, gotong royong dan etos kerja yang kuat.
terintegrasi ke dalam budaya kerja di industri pariwisata, perhotelan dan perjalanan,” kata Menteri/Sekretaris Utama Ni Wayan Giri Adnyani dalam sambutannya pada diskusi panel bertema Wonderful People, Wonderful Tourism for Wonderful
Indonesia di Kampus Politeknik Pariwisata NHI Bandung, Jumat (12/8/2022).

Baca Juga: Poltekpar NHI Bandung dan Alumni NHI Peduli Gelar Donor Darah Nyata

Menurut Ni Wayan Giri Adnyani, tahun ini Indonesia masih berjuang untuk pulih dari pandemi Covid-19 dan berbagai hal lainnya.
Tantangan baru di era VUCA, namun tidak menyurutkan semangat Politeknik Pariwisata NHI Bandung untuk terus menjalankan program kegiatannya bersama-sama untuk menciptakan SDM yang unggul, profesional dan berdaya saing di bidang pariwisata dan industri kreatif.

Ia berharap keberadaan Poltekpar sebagai lembaga pendidikan dapat menjadi solusi untuk menanamkan sikap nasionalis pada generasi muda.

Menurutnya, kampus bukan sekedar tempat transfer ilmu, tetapi harus menjadi sarana pembentukan karakter bagi warga masyarakat melalui pendidikan.

“Melalui diskusi panel ini diharapkan dapat menjadi kesempatan bagi seluruh mahasiswa yang menempuh pendidikan di Poltekpar, khususnya Politeknik Pariwisata NHI Bandung, untuk menjadi insan pariwisata yang profesional, bermoral, berkarakter kuat dan mengembangkan sikap nasionalis dalam mendukung revitalisasi ekonomi. bangsa kita khususnya di bidang pariwisata. ,” dia berkata.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf Effendi mengatakan pariwisata merupakan penyumbang devisa negara terbesar ketiga.

Dibutuhkan tenaga terampil untuk mendukung sektor ini.

“Indonesia memiliki potensi pariwisata yang besar karena dikaruniai alam yang indah dengan berbagai keunggulan, seperti posisi demografis Indonesia sebagai lintasan benua Asia dan Australia, dan negara khatulistiwa dengan dua musim yaitu hujan dan kemarau, dan semua ini menjadi Indonesia banyak dikunjungi wisatawan. Makanya kita butuh SDM yang kompetitif dan menguasai dunia perhotelan,” ujarnya.

Politeknik Pariwisata NHI Bandung dibawah Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama menyelenggarakan rangkaian kegiatan Studium Generale semester Agustus-Desember 2022 yang dilaksanakan secara Hybrid
sebagai bagian dari penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2022/2023.

Baca Juga: AKPAR NHI Bandung Sukses Selenggarakan Wisuda Tatap Muka Terbatas

Kegiatan diawali dengan prosesi pelantikan mahasiswa baru oleh Senat Poltekpar NHI Bandung, yang kemudian diakhiri dengan kuliah pembukaan oleh Dr. IG Putu Laksaguna. M.Sc, Wakil Ketua TPPN/Badan Profesional Pariwisata Nasional (NTPB).

Studium Generale bersama seluruh Perguruan Tinggi Pariwisata Negeri (PTNP) juga digelar di hari yang sama, dengan partisipasi langsung Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif/Badan Pariwisata dan Industri Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno.

Kegiatan lainnya meliputi pengenalan program dan unit kerja di Poltekpar NHI Bandung seperti Program Kewirausahaan, Layanan Konseling dan Konseling, pengenalan kegiatan Internship and Career Center (ICC), sosialisasi kegiatan

Menutup rangkaian kegiatan Studium Generale dengan diskusi panel Wonderful People, Wonderful Tourism for Wonderful Indonesia, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dr. H. Dede Yusuf Macan Effendi, Me., ST., MI. Pol dan Kapolda Jawa Barat, Irjen Dr. cokelat

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ibu Dra. Ni Wayan Giri Adnyani, MSc, CHE.

Source: jabar.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button