Terminal Tingkir di Salatiga Direvitalisasi Menhub: Nanti ada ruang rapat - WisataHits
Jawa Tengah

Terminal Tingkir di Salatiga Direvitalisasi Menhub: Nanti ada ruang rapat

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan revitalisasi Terminal Tingkir di Salatiga, Jawa Tengah.

Terminal tipe A dibangun menggunakan konsep penggunaan campuran Ini nantinya akan menjadi pusat kegiatan masyarakat dan UMKM.

Saat meninjau lokasi, Minggu (8/7/2022), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, terminal Tingkir nantinya bisa memfasilitasi aktivitas masyarakat.

“Jika Anda mencari kuliner favorit Salatiga, Anda akan menemukannya di terminal ini. Kemudian juga akan ada ruang pertemuan,” katanya seperti dikutip situs Departemen Perhubungan.

Menurutnya, keberadaan terminal ini seharusnya menciptakan lapangan kerja, khususnya bagi UMKM di dalam dan sekitar Salatiga.

“Terminal ini kita bangun sedemikian rupa agar konektivitas berjalan dengan baik dan masyarakat juga bisa terlayani lebih maksimal dengan fasilitas yang ada,” kata Budi.

Baca Juga: Terminal Wisata Seruni Point Dibangun di Bromo, Hubungkan Jembatan Kaca

Terminal Tingkir terletak di Jalan Raya Salatiga-Solo dengan luas sekitar 10.329 meter dan luas bangunan sekitar 1.700 meter.

Pekerjaan konstruksi telah dimulai sejak Februari 2022 dengan target 240 hari kerja atau diharapkan selesai pada Oktober 2022.

Sejauh ini progres pembangunan fisik sudah mencapai 50,91 persen.

Lingkup pekerjaan revitalisasi ini meliputi bangunan terminal, fasilitas terminal, kantor terminal, food court (90 unit kios/agen) dan area parkir.

Kemudian kedatangan dan keberangkatan bus AKAP dan AKDP, ruang tunggu penumpang, tempat parkir kendaraan pribadi, ruang genset, pos jaga, gapura masuk, mushola dan furniture.

Kemudian pekerjaan infrastruktur dan lansekap, antara lain pengaspalan jalan lingkungan, kansteen dan penghijauan, penerangan jalan umum (PJU).

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Salatiga, Wuri Puji Astuti menambahkan, lokasi terminal Tingkir sangat strategis karena berada di tengah kota.

Untuk itu, di samping kebangkitan ini, pihaknya akan berupaya agar terminal Tipe A dapat memfasilitasi kegiatan amal.

Baca Juga: Konsep Wantilan, Ini Desain Terminal VVIP di Bandara Ngurah Rai

“Maka semua produk UMKM yang berkualitas juga akan dikonsentrasikan di sini. Ini akan menjadi pusat oleh-oleh khas Salatiga,” tutup Wuri Puji Astuti.

Saat ini Terminal Tipe A Tingkir melayani jalur bus AKAP dengan 9 trayek yaitu, Salatiga-Denpasar, Salatiga-Surabaya, Salatiga-Bandung, Salatiga-Tangerang, Salatiga-Bogor, Salatiga-Jakarta, Salatiga-Palembang, Salatiga-Lampung dan Salatiga – Bengkulu.

Kemudian jalur bus AKDP melayani dengan 4 trayek yaitu Solo-Salatiga-Semarang, Salatiga-Solo-Purwokerto, Solo-Salatiga-Wonosobo, Salatiga-Semarang.

Juga melayani 5 rute ANGKUDES, yaitu Salatiga-Ambarawa, Salatiga-Traffic Light, Salatiga-Ungaran, Salatiga-Simo dan Salatiga-Karanggede.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button