6 Makam leluhur Lamongan yang telah direvitalisasi untuk berziarah, ada Mbah Lamong dan Joko Tingkir - WisataHits
Jawa Timur

6 Makam leluhur Lamongan yang telah direvitalisasi untuk berziarah, ada Mbah Lamong dan Joko Tingkir

SURYA.CO.ID, LAMONGAN – Keberadaan makam leluhur yang meletakkan dasar keberadaan Kabupaten Lamongan bukan hanya sekedar ziarah. Namun kedepannya bisa menjadi tempat ziarah dan tujuan wisata sejarah yang dapat membawa manfaat bagi warga sekitar.

Oleh karena itu, Pemkab Lamongan berencana merestorasi makam-makam penting seperti makam Mbah Kinameng, panglima perang Kadipaten Lamongan di masa lalu.

“Dengan direvitalisasinya makam tersebut diharapkan bisa menjadi daya tarik wisata di Lamongan. Karena masyarakat dengan fasilitas yang memadai bisa berziarah dengan nyaman,” kata Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat berziarah ke makam Mbah Kinameng, Jumat (9/9/2022).

Pemugaran makam leluhur Mbah Kinameng ini diharapkan dapat memberikan semangat dan semangat bagi masyarakat Lamongan. Dan jangan sampai masyarakat Lamongan melupakan tokoh-tokoh yang meletakkan dasar berdirinya daerah Lamongan.

Selain makam Mbah Kinameng, ada juga makam Mbah Lamong dan makam Nyai Andongsari di Kecamatan Ngimbang yang telah direvitalisasi total. Sementara makam Joko Tingkir di Pringgoboyo masih dalam proses pembangunan.

Yuhronur mengucapkan terima kasih kepada warga Desa Sidokumpul di Kecamatan Lamongan, tempat makam Mbah Kinameng berada. Menurutnya, masyarakat harus mendukung agar pemugaran makam bermanfaat bagi warga sekitar, termasuk peziarah dari luar.

“Semoga pemugaran makam ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya warga desa Sidokumpul dan para peziarah yang datang ke makam ini,” kata Kaji Yes, panggilan akrabnya.

Menyebutkan pemugaran makam 2022 dalam enam poin. Yaitu Makam Mbah Lamong dan Makam Nyai Andongsari di Kecamatan Ngimbang, Makam Joko Tingkir, Makam Mbah Kinameng yang saat ini sedang di mulai.

Sementara makam Syech Hasan Ali di Kecamatan Modo masih dalam proses perencanaan. Dan PAPBD akan terus melakukan restorasi makam Rangga Abu Amin kedepannya. *****

Source: surabaya.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button