Wisata Religi Masjid Al Jabbar Bandung - WisataHits
Jawa Barat

Wisata Religi Masjid Al Jabbar Bandung

Wisata Religi Masjid Al Jabbar Bandung

CELEBESMEDIA.ID: Makassar – Masjid Al Jabbar diresmikan pada 30 Desember 2022. Pembangunan masjid yang akan menjadi Masjid Raya Jawa Barat ini memakan waktu 7 tahun.

Masjid Raya Al Jabbar memiliki berbagai fungsi sebagai ruang publik. Selain sebagai tempat ibadah umat Islam, masjid di Gedebage Kota Bandung ini bisa menjadi destinasi wisata dan edukasi yang menarik.

Konsep bangunannya sendiri berasal dari rumus matematika yang identik dengan rumus aljabar. Hal ini terlihat dari ornamen yang rumit namun indah. Para matematikawan dunia juga disebut aljabar.

Al Jabbar juga merupakan salah satu nama Asmaul Husna yang tertulis di mihrab masjid. Al Jabbar juga merupakan nama Asmaul Husna yang kita tulis di Mihrab yang artinya agung. Al Jabbar bisa juga merupakan singkatan dari Jawa Barat.

Masjid Al Jabbar juga didesain memiliki 27 pintu yang melambangkan 27 kabupaten/kota di Jawa Barat. Ukiran batik pada 27 pintu berbeda-beda sesuai dengan keunikan masing-masing daerah. Masjid Al Jabbar memiliki beberapa fasilitas lainnya:

Ma’rodh

Ma’rodh dapat diartikan sebagai ruang pamer atau pameran. Ma’rodh dihadirkan di Masjid Raya Jawa Barat atas nama Ridwan Kamil, penggagas sekaligus arsitek masjid ini.

Kang Emil ingin masjid ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga memiliki fungsi pendidikan dan sosial

Taman Hiburan 25 Nabi dan Rasul

Masjid Al-Jabbar dikelilingi oleh taman bertema 25 nabi dan rasul seperti Taman Nabi Adam, Taman Nabi Ibrahim dan Taman Nabi.

Fasilitas lain yang tersedia antara lain telaga retensi yang menopang bangunan Masjid Al Jabbar, tempat parkir mobil, Alun-alun Timur, Alun-alun Observasi dan pemandangan alam secara keseluruhan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button