Tengkleng Solo jadi destinasi wisata - WisataHits
Jawa Tengah

Tengkleng Solo jadi destinasi wisata

Selasa, 2 Agustus 2022 | 22:23 WIB

| penulis:

Buku Catatan: beruntung s

Solo, InfoPublik – Menghabiskan waktu di Solo salah satunya bisa dilakukan dengan wisata kuliner. Tengkleng, masakan khas solo, bisa menjadi menu pilihan. Sate Kambing dan Tengkleng Rica-Rica Pak Manto merupakan kuliner legendaris di kota Solo.

Tengkleng yang ditawarkan di sini berupa tengkleng rica-rica dan tengkleng segar. Selain rasanya yang unik dan enak, isiannya juga banyak, jadi bisa dinikmati bersama keluarga atau teman.

Menariknya, saat pengunjung menikmati olahan kambing di sini, mereka disuguhi suguhan hidup Musik keroncong yang menggugah selera.

Stand Tengkleng Pak Manto telah melayani makanan khas Solo selama 25 tahun. Suasana pertokoan yang ramai jauh dari kata sepi, karena Pangunjung menjadikan Tempat Wisata Kuliner Solo sebagai salah satu pusat destinasi wisata kuliner bagi para wisatawan dan penikmat kuliner solo selama berlibur di Kota Surakarta.

Selain menu Tengkleng Rica, warung Pak Manto juga menyajikan masakan kuliner kambing muda lainnya seperti sate pompom, tongsing kambing dan gulai. Semuanya terasa lembut, kental, gurih, menggoda seperti rasa sembako di toko.

Arifin Ikhsan, 53, yang bepergian bersama istri dan empat anaknya, mengatakan Pak Mantos Tengkleng memang tujuannya. Tidak hanya kali ini saja, setiap kali datang ke Solo, ia menyempatkan diri untuk menikmati Pak Mantos Tengkleng.

Tengkleng segar di sini enak, satenya juga empuk, kata Arifin, 47, yang mengaku asal Bojonegoro saat ditemui di warung Pak Manto, Selasa (8/2/2022).

Arifin memakai tagline tie-dye khas Solo dan mengaku menu favoritnya di kedai kuliner legendaris itu adalah tengkleng segar dan sate pompom. Arifin selalu memesan dua menu itu saat makan di warung Tengkleng milik Pak Manto.

Menurut Arifin, daging empuk yang disajikan dengan bumbu pedas dan dimasak dengan arang membuat stand Pak Manto melegenda di Solo. “Bau asap di dagingnya bikin kita pengen banget menikmati satenya,” kata Arifin.

Konon menurut berbagai informasi, diperlukan seekor kambing muda untuk menyiapkan menu masakan khas Solo Tengkleng karena daging kambingnya lebih empuk dan juga bisa dimasak lebih cepat.

Dikatakan pula bahwa salah satu kunci kelezatan Pak Mantos Tengkleng-Rica adalah menjaga keluhuran eksistensi warisan resep kuliner tradisional, termasuk menjaga kualitas bahan baku, bumbu dan teknik racikan. Seperti pada pembuatan kuahnya, campuran bumbu dan santan direbus bersama selama kurang lebih 1,5 jam untuk membuat tengkleng segar.

Cara memasaknya masih tradisional, bukan karena tidak ingin menyelaraskan waktu, tetapi proses memasak yang lama dengan oven arang menciptakan tekstur khusus dan bumbu meresap sempurna. Namun tentu ada trik khusus yang digunakan Pak Manto dalam produksinya.

Untuk menyiapkan sajian tengkleng rica khas Solo, pak manto membutuhkan bara api yang besar dan juga sekitar 2 sampai 3 menit untuk menguapkan santannya. Hal ini membuat warung Pak Manto menjadi salah satu warung yang dikenal menyajikan kuliner khas Tengkleng.

Jadi jika ingin mencobanya, datanglah ke Solo.

Foto: Amiri Yandi/InfoPublic

Anda dapat mengirim ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini asalkan Anda mencantumkan sumbernya InfoPublik.id

Source: infopublik.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button