Puncak Widosari, hidden gem di Kulonprogo, ini rute dan fasilitasnya Solopos.com - WisataHits
Yogyakarta

Puncak Widosari, hidden gem di Kulonprogo, ini rute dan fasilitasnya Solopos.com

SOLOPOS.COM – Keindahan Alam di Puncak Widosari, Kabupaten Kulonprogo. (Khusus/jogjaprov.go.id)

Solopos.com, KULONPROGO — Tempat wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta tidak pernah ada habisnya. Bagi wisatawan selalu ada tempat wisata menarik yang layak untuk dikunjungi. Salah satu tempat wisata indah yang wajib dikunjungi adalah Puncak Widosari.

Alamat Puncak Widosari ini berada di Dusun Tritis, Desa Ngargosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan hijau yang menyejukkan mata.

Promosi Kartu Tokopedia menjadi Kartu Kredit Terbaik Versi Asian Banker Awards 2022

Terdapat juga bongkahan batu besar di Puncak Widosari yang menambah keunikan tempat wisata ini. Selain itu, pengunjung dapat menikmati pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu dari Puncak Wisodari.

Untuk menuju tempat wisata ini, pengunjung dari kota Jogja dapat mengambil jalan menuju Jalan Godean dan ikuti jalan tersebut sampai bertemu dengan perempatan Nanggulan. Dari pertigaan ini pengunjung dapat mengambil jalan ke kanan hingga bertemu dengan Persimpangan Dekso lalu lurus terus hingga sampai di Pasar Plono.

Sesampainya di Pasar Paripurna, Anda tinggal mengikuti rambu-rambu yang mengarah ke Puncak Widosari.

Baca juga: Pencuri Ditangkap di Plaza Malioboro, Ada Remaja Putri dan Kakek Nenek

Dilaporkan oleh jogjaprov.go.id, Rabu (14/12/2022), Puncak Widosari merupakan titik tertinggi dari Bukit Widosari yang merupakan gugusan Pegunungan Menoreh. Gundukan ini unik karena sekilas menyerupai kepala manusia. Pada gundukan ini terlihat ada benjolan berbentuk mata, hidung dan mulut manusia.

Di atas bukit, pengunjung dapat melihat pemandangan alam yang menakjubkan. Tanaman hijau yang luas akan menyejukkan mata. Di kawasan ini terdapat ikon puncak Widosari yaitu adanya batu besar di atas bukit.

puncak widosari kulonprogoKeindahan alam di Puncak Widosari, Kabupaten Kulonprogo. (Khusus/jogjaprov.go.id)

Untuk menuju puncak, pengunjung harus siap menyiapkan tenaga. Hal ini dikarenakan terdapat tangga dengan pagar pengaman untuk menuju lokasi puncak. Setidaknya ada sekitar 240 anak tangga yang harus didaki untuk menuju Puncak Widosari. Namun, penat pengunjung akan terbayar dengan pemandangan yang indah.

Sebenarnya tempat wisata ini sudah mulai dibangun sejak tahun 2012. Namun, karena lokasinya yang ekstrem dan berbahaya, hanya sedikit wisatawan yang mengunjunginya. Hingga akhirnya pada tahun 2017 pengelola mulai membenahi diri dan menjadikan kawasan ini lebih aman dan lebih ramah pengunjung.

Selain keindahan alam yang mempesona. Ternyata Puncak Widosari juga memiliki nilai sejarah, artinya konon Bukit Widosari pernah menjadi tempat bersemedi Pangeran Diponegoro.

Baca Juga: Izin Penunjukan Lahan Tol Jogja-YIA Terhalang 7 Sektor No Man’s Land

Berbagai fasilitas juga tersedia di tempat wisata ini, antara lain toilet umum, warung makan, mushola, tempat parkir yang luas, dan penginapan. Ada juga gardu pandang yang bisa dijadikan tempat hunting foto.

Pengunjung yang ingin datang ke Puncak Widosari tidak disarankan saat hujan. Ini karena akses ke atas licin dan rawan tergelincir.

Pengelola juga sudah menyiapkan berbagai paket wisata yang bisa dipilih pengunjung. Dilaporkan oleh dewi-widosari.comPaket 2 hari 1 malam terdiri dari tiket travel, makan, homestay, transportasi, tour guide, 5 lokasi pilihan dan dokumentasi.

puncak widosari kulonprogoKeindahan alam di Puncak Widosari, Kabupaten Kulonprogo. (Khusus/jogjaprov.go.id)

Paket reguler terdiri dari tiket kereta api, makan, transportasi, guide, empat tempat wisata dan dokumentasi. Paket wisata alam dan edukasi terdiri dari tiket, makan, transportasi, guide, empat lokasi terpilih dan dokumentasi.

Pengelola Puncak Widosari juga telah menyiapkan paket camping dengan tiga pilihan yaitu Bukit Mata Elang dengan fasilitas untuk camping, makan, api unggun, tenda, sleeping bag, cooking set, hammock dan lampu dome. Kamudian Puncak Proman dengan fasilitas untuk camping, makan, api unggun, tenda, sleeping bag, cooking set, hammock dan lampu dome. Sedangkan wisata alam dan edukasi dilengkapi fasilitas untuk berkemah, makan, api unggun, tenda, sleeping bag, cooking set, hammock dan lampu dome.

Baca Juga: Jalan Menuju Pantai Siung Gunungkidul Tertimbun dan Terputus Longsor

Saat ini ada dua pilihan paket outbound yaitu Rajendra Farm with Consuming Opportunities, Leadership, Achievement Motivation, Personal Development, Excellent Service dan Hypnotherapy. Rajendra Farm terdiri dari konsumsi, kepemimpinan, motivasi berprestasi, pengembangan pribadi, keunggulan dalam pelayanan dan hipnoterapi.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button