PLN bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut untuk menggenjot pasokan listrik ke Karimunjawa • Petrominer - WisataHits
Jawa Tengah

PLN bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut untuk menggenjot pasokan listrik ke Karimunjawa • Petrominer

PLN bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut untuk menggenjot pasokan listrik ke Karimunjawa • Petrominer

PLN bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan TNI Angkatan Laut mengirimkan tim ekspedisi untuk memperkuat pasokan listrik di Karimunjawa, Jawa Tengah.

Semarang, Petromin – PT PLN (Persero) terus berupaya meningkatkan pasokan listrik di Pulau Karimunjawa yang terdampak kondisi cuaca ekstrim. Bekerja sama dengan TNI AL dan Pemprov Jateng, PLN dan tim menerjang gelombang tinggi untuk memenuhi kebutuhan logistik berupa peralatan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD), serta tim ekspedisi dengan Kapal Perang Republik Indonesia ( KRI) Armada Makassar.

Wahyu Jatmiko, General Manager PLN Distribusi Induk Jateng dan DIY menjelaskan, dalam ekspedisi ini PLN memberangkatkan 35 personel siaga, 2 unit genset berkapasitas 50 kilovolt-ampere (kVA) dan 5 unit genset dengan kapasitas 100 KVA, 2 unit truk Crane, 1 unit kendaraan operasional dan 10 drum oli untuk genset. Tim ekspedisi tersebut diharapkan dapat membantu memperkuat pasokan listrik Karimunjawa di tengah kondisi cuaca ekstrem.

“Dengan penyerahan logistik listrik kali ini diharapkan dapat semakin memperkuat sistem kelistrikan Pulau Karimunjawa sehingga kelistrikan semakin handal. Saya dan tim nanti akan mengawasi langsung ekspedisi dan pemasangan di sana,” kata Jatmiko di sela-sela pemberhentian tim ekspedisi listrik ke Pulau Karimunjawa, Kamis (1/5).

Sebelumnya, cuaca ekstrem di pesisir utara Jawa Tengah berdampak buruk bagi Pulau Karimunjawa. Pulau yang menjadi tujuan wisata ini mengalami hujan lebat disertai angin kencang dan gelombang laut yang tinggi.

Kondisi ini tentunya juga mengganggu pasokan listrik di Karimunjawa. Selain itu, gelombang laut yang tinggi membuat akses transportasi logistik dari dan ke pulau menjadi sulit, sehingga mengganggu pasokan bahan bakar untuk pembangkit listrik.

PLN dengan armada kapal perang Republik Indonesia (KRI) mengirimkan permintaan logistik ke Makassar untuk membantu memulihkan dan memperkuat pasokan listrik di Pulau Karimunjawa

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam kesempatan lain mengatakan, upaya bersama ini merupakan respon cepat untuk membantu Pulau Karimunjawa di tengah kondisi cuaca ekstrem. Warga Karimunjawa masih bergulat dengan gelombang pasang yang melanda awal tahun ini. Oleh karena itu, pasokan listrik yang andal sangat penting bagi masyarakat untuk melanjutkan aktivitasnya.

Ganjar juga berterima kasih kepada PLN dan semua pihak yang telah berkontribusi dalam penguatan pasokan listrik di Pulau Karimunjawa.

“PLN bawa sekering Jadi diesel nanti, kalau-kalau itu terjadi kejengkelan di sana, kehendak Tuhan bisa ditangani oleh teman-teman dari PLN. Jadi itu bagian dari bagaimana kita menyelesaikan (masalah) di daerah terpencil dengan kondisi cuaca seperti itu,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button