Pulau Kodingareng Keke Makassar - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Pulau Kodingareng Keke Makassar – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan – Pulau Kodingareng Keke Makassar merupakan destinasi wisata bahari terbaik dengan pesona alam yang menakjubkan dan eksotis yang masih terjaga.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp15.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pulau Kondingareng, Kec. Ujung Tanah, Kota Makassar, Sulawesi Selatan; Kasus: Cek lokasi

Berpetualang di kota Makassar, Anda akan menjumpai salah satu surganya Indonesia. Namanya Pulau Kodingareng Keke, nama yang unik dan cukup membuat wisatawan penasaran. Konon pulau ini jarang terjamah oleh tangan manusia. Setiap jengkal keindahan alamnya masih terlihat alami dan terjaga dengan baik. Belum lagi pesona bawah laut dengan keindahan terumbu karang dan berbagai biota lautnya.

Tempat Wisata Pulau Kodingareng Keke Pulau

Tempat Wisata Pulau Kodingareng KekeKredit Gambar: Instagram Ardy Last

Padahal, banyak yang sudah mengetahui keindahan pulau tak berpenghuni ini. Namun keberadaannya belum terasa di permukaan, hanya sedikit orang yang mengetahuinya. Seiring dengan perkembangan teknologi, Pulau Kodingareng Keke perlahan mulai dikenal masyarakat luas. Rata-rata wisatawan yang datang terpesona dengan pesona lautnya, ditambah lagi dengan hamparan pantai yang terlihat seperti bongkahan batu kapur.

Dari bibir pantai, kejernihan air laut terlihat jelas, untuk mengungkap pemandangan bawah laut. Dari permukaan pun terlihat berbagai terumbu karang yang masih alami. Keindahan bawah laut bisa Anda saksikan saat melakukan aktivitas snorkeling. Dengan kedalaman sekitar 3 hingga 5 meter, pengunjung dapat menjelajahi berbagai bentuk biota laut. Pengunjung akan menjumpai ikan nemo yang mengintai di tepi karang.

Di pinggir pantai terdapat semacam tonjolan ke arah laut yang sering disebut gusung. Biasanya tempat ini digunakan wisatawan untuk bermain air di sekitar pantai. Sesekali Anda akan melihat pemandangan nelayan menyandarkan perahu di sana. Terkadang aktivitas nelayan terlihat di pulau ini, mulai dari memperbaiki jaring hingga mengembalikan hasil tangkapannya. Kearifan lokal inilah yang membuat pulau ini semakin dikagumi.

Di Pulau Kodingareng Keke terdapat bangunan tiga lantai yang dibangun untuk tempat peristirahatan. Bentuk bangunannya menyerupai vila dan sering digunakan sebagai menara observasi. Dari atas gedung, Anda bisa melihat keindahan alam di setiap sudut pantai. Model bangunan ini tidak memiliki pintu atau jendela sehingga semua sisinya terbuka. Dari margin ini, pengunjung bisa menikmati pesona alam laut, dengan perpaduan warna biru dan hijau.

Di sekitar pulau juga terdapat pohon pinus, seolah menambah kesan indah Pulau Kodingareng Keke. Tanaman ini awalnya ditanam oleh orang Belanda beberapa tahun yang lalu. Kemudian dibiarkan tumbuh bebas hingga menjadi subur, sering digunakan sebagai tempat berteduh. Namun rerimbunan pohon mulai menyusut dan meninggalkan ranting-ranting yang mati. Pengunjung sering menggunakannya sebagai background foto yang cukup Instagramable.

Alamat dan Arah Lokasi Pulau Kodingareng Keke

Alamat Pulau Kodingareng KekeKredit gambar: Twitter petualang indonesia

Letak pulau ini berada di wilayah Ujung Tanah tepatnya di Provinsi Sulawesi Selatan. Jaraknya kurang lebih 15 kilometer dari Dermaga Kayu Bangkoa, dapat diakses dari pusat kota Makassar. Untuk sampai ke Pulau Kodingareng Keke, Anda akan menghabiskan waktu 1 jam naik perahu. Selama penyeberangan, Anda akan disuguhi pemandangan alam, sehingga perjalanan ke pulau tidak akan membosankan.

Anda harus berangkat dari dermaga Kayu Bangkoa dan ikut pemberangkatan di pagi hari. Dalam satu hari, kapal hanya berangkat satu kali dan tidak kembali hingga keesokan harinya. Perahu ini membawa sekitar 30 hingga 50 penumpang, dengan tarif 15.000 per orang. Atau Anda bisa menyewa speedboat yang mampu menampung sekitar 10 orang, dengan kecepatan mesin 40pk. Tentu saja harga sewa speedboat lebih mahal dari kapal nelayan biasa.

Sesampainya di Dermaga Pulau Kodingareng Keke, Anda akan disuguhi desa nelayan. Ada beberapa perahu yang umumnya digunakan oleh para pemancing untuk mengarungi lautan. Dari desa ini, Anda hanya perlu berjalan kaki sebentar untuk sampai ke pulau Makassar yang indah ini. Sambi berjalan ke lokasi Anda sambil menonton aktivitas penduduk setempat. Ada yang sibuk mengurangi hasil tangkapannya, ada pula yang berjualan ikan.

Biaya Perjalanan ke Pulau Kodingareng Keke

Biaya Wisata Pulau Kodingareng KekeKredit Gambar: Google Maps ray mulia

Pertanyaan penganggaran harus disiapkan sebelum memulai perencana liburan. Hal ini dimaksudkan agar kegiatan liburan lebih tenang. Tak perlu khawatir kehabisan budget di tengah perjalanan. Anda harus memperhitungkan mulai dari biaya transportasi saat keberangkatan, hingga biaya di tempat. Jika Anda berangkat dari pusat kota, Anda harus naik bus yang biayanya sekitar 50.000 sekali jalan.

Begitu sampai di dermaga Kayu Bangkoa, Anda harus naik perahu untuk sampai ke tujuan. Anda harus menyiapkan budget sekitar 15 hingga 20 ribu, tergantung jenis perahu yang Anda naiki. Kalau perahu nelayan hanya bisa merogoh kocek 15-20 ribu, sedangkan speedboatnya tetap tarifnya di atas 50 ribu, bisa dibilang harus merogoh kocek sekitar 100-250 ribu.

Sesampainya di Pulau Kodingareng Keke, Anda perlu membayar tiket masuk, sekitar 30-50 ribu per orang. Belum lagi jika Anda menyukai aktivitas seperti snorkeling dan diving, Anda membutuhkan anggaran sekitar 250-500.000. Biaya ini digunakan untuk menyewa semua peralatan menyelam, mulai dari pakaian selam hingga tank Diving. Jika ditotal membutuhkan budget sekitar 1-2 juta rupiah.

Kegiatan menarik dilakukan di Pulau Kodingareng Keke

Aktivitas di Pulau Kodingareng KekeKredit gambar: Twitter penjelajah media

Kegiatan yang paling menarik bagi pengunjung tentu saja snorkeling dan diving, tergantung dari tujuan utama melihat keindahan dasar laut. Anda bisa memulai perjalanan dari Atlantis Garden, di mana Anda akan melihat benda-benda unik di laut, dari kedalaman 14 meter, Anda bisa melihat bangkai VW Combi, serta beberapa patung besar. Selain itu, ada gorong-gorong yang digunakan untuk transplantasi terumbu karang.

Eksplorasi bawah laut terus berlanjut hingga safety stop tepatnya di kedalaman 8 meter. Di kawasan ini, Anda bisa melihat terumbu karang, serta ikan-ikan yang berenang bebas. Ada juga hewan mikro seperti nudibranch, yang sangat kecil dan sangat indah. Di sekitar anemon, wisatawan akan bertemu ikan nemo, yang berenang di antara mereka sendiri. Dianjurkan untuk tidak menyentuh karang agar tidak merusak daya tahannya.

Jika Anda tidak menyukai aktivitas yang berbau air, Anda bisa memilih untuk bersantai di pantai. Pengelola wisata ini menyediakan hammock yang bisa digunakan untuk beristirahat sejenak. Atau sebarkan tikar di bawah pohon yang rimbun untuk tempat berteduh sementara. Di dekat gedung tiga lantai ada gazebo kecil yang bisa digunakan untuk makan siang.

Akomodasi di Kodingareng Keke. wilayah pulau

Akomodasi di Pulau Kodingareng KekeKredit gambar: Twitter lnlywlf0101

Tidak cukup menjelajahi pulau ini dari Makassar dalam satu atau dua hari. Oleh karena itu, Anda membutuhkan tempat tinggal, untuk mengistirahatkan tubuh Anda sebelum hari esok datang. Ada berbagai pilihan akomodasi mulai dari kelas standar hingga hotel bintang lima. Sayangnya, rata-rata lokasi resor ini sekitar 13 kilometer dari Pulau Kodingareng Keke. Jadi Anda harus menempuh perjalanan yang agak jauh dari area dermaga.

Namun Anda dijamin tidak akan menyesal setelah tiba di hostel. Ada Hotel Grand Populer dengan tarif per malam mulai 150.000. Selain itu, Hotel Mulia yang memiliki fasilitas layanan 24 jam dikenakan tarif 280.000 per malam. Namun akan lebih sulit jika Anda membangun tenda di pinggir pantai. Atau cobalah untuk tinggal di rumah-rumah penduduk, di mana mereka akan sangat senang menyambut wisatawan.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Kodingareng Keke Pulau

Fasilitas Pulau Kodingareng KekeKredit Gambar: Google Maps Pulau Kodingareng Keke

Meski merupakan pulau terpencil di pinggiran Makassar, bukan berarti tidak ada fasilitas di sini. Mungkin tidak ada homestay atau hostel, tapi fasilitas yang menunjang liburan sudah tersedia. Di sini terdapat fasilitas wisata kuliner yang menjual berbagai jenis makanan laut, para pedagang menjual segala jenis makanan laut segar yang dapat diolah sesuai pesanan pelanggan.

Selain itu, ada kamar mandi yang bisa digunakan untuk membilas setelah snorkeling. Agak jauh dari pantai terdapat tempat persewaan diving, mulai dari baju hingga tubing. Jika Anda tidak membawa hammock atau tikar, tidak masalah, karena pengelola wisata sudah menyediakannya. Anda dapat menyewa semua peralatan bantuan liburan dengan harga terjangkau. Pasti tidak akan mengosongkan isi dompet saat liburan.

Kota Makassar tidak hanya kaya akan budaya dan segudang wisata kuliner. Tapi itu juga menyimpan surga yang masih sedikit diketahui wisatawan. Salah satunya adalah keberadaan Pulau Kodingareng Keke yang udara alamnya tetap terjaga. Jaraknya sekitar 15 kilometer dari pusat kota Makassar dan bisa ditempuh dengan perahu selama 1 jam. Di sana Anda akan melihat keindahan dasar laut, hingga pasir putih yang bersih.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button