Teluk Kiluan, Wisata Bahari yang Eksotis di Lampung - WisataHits
wisatahits

Teluk Kiluan, Wisata Bahari yang Eksotis di Lampung

Teluk Kiluan adalah salah satunya tujuan bahari yang luar biasa di Lampung tepatnya di Kabupaten Tenggamus. Ssejuta keindahan tersembunyi di Lampung dengan pesona yang unikkeberadaan lumba-lumba, pantai pasir putih dan lokasi yang indah.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Kiluan Negeri, Kec. Kelumbayan, Kab. Tanggamus, Lampung; Kasus: Cek lokasi

Wisata Teluk Kiluan merupakan destinasi bahari yang merupakan surga alam yang terbentang indah hingga ke perairan Lampung. Kawasan tersebut dihiasi dengan berbagai tampilan alam yang eksotis dengan warna air laut yang biru dan gradasi hijau. Pesona sekitarnya pun tak kalah menarik untuk diapresiasi.

Perbukitan hijau dan berbagai pepohonan yang tumbuh di hutan, melembutkan pemandangan eksotis yang ditawarkannya. Kehidupan laut sangat kaya dengan terumbu karang dan kehidupan laut tidak ditemukan di tempat lain.

Ada berbagai aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan. Segala bentuk infrastruktur tersedia untuk mendukung aktivitas pengunjung. Semua pesona alamnya akan membuat semua orang betah berlama-lama.

Atraksi Teluk Kiluan

Aktivitas di Teluk KiluanKredit gambar: Google Maps Elly Suryani

1. Bentuk laut

Salah satu daya tarik utama Teluk Kiluan adalah bentuk laut yang dimilikinya. Warna hijau dan biru yang membentuk kombinasi dengan gradasi warna terlihat begitu eksotis dipandang mata. Garis laut yang dimiliki juga cukup panjang dengan perairan yang tenang dan tidak berbahaya.

Airnya sangat jernih dan juga sejuk untuk dinikmati. Saya melihat perahu nelayan datang dan pergi mencari ikan di atasnya. Berbagai hal menarik bisa dilakukan di perairan. Anda akan merasa tenang mendengarkan deburan air yang terkadang terlihat menyapu pasir putih.

2. Hamparan pasir putih

Hamparan pasir putih yang luas dan lembut membuat berjalan kaki menjadi menyenangkan. Berbagai aktivitas pantai bisa Anda lakukan di sini. Bermain voli, bermain pasir atau sejenisnya, bahkan hanya duduk di atasnya juga nyaman dilakukan.

Hamparan pasir putih yang menutupi dataran menambah lengkap pesona alam yang ditawarkannya. Keadaannya juga bebas sampah, sehingga sangat nyaman untuk melakukan segala aktivitas. Pihak pengelola sangat memperhatikan tempat utama ini, karena yang paling terlihat setelah air laut adalah pantainya.

3. Biota bawah laut

Teluk Kiluan menyimpan harta karun di dasar laut, tidak ada emas atau logam mulia lainnya, tetapi kehidupan laut yang sangat beragam. Ikan-ikan kecil, dan berbagai jenis lainnya menghiasi dekorasi di dasar perairan.

Keberadaan terumbu karang yang masih terawat memungkinkan ikan-ikan kecil untuk tumbuh dan berkembang biak. Kehidupan di dasar laut masih sangat alami dan juga terlindungi dari kerusakan yang tidak diinginkan. Maka tak heran jika saat berada di sana, Anda melihat perahu-perahu nelayan melintas dan melakukan aktivitas di sekitar pantai Teluk Kiluan.

4. Lanskap dan dataran

Selain pemandangan laut yang memukau dengan airnya yang jernih dan sejuk, alam sekitarnya pun tak kalah menarik untuk dikunjungi kembali. Perbukitan menghijau yang menghiasi setiap sudut dan sisi bagian Teluk Kiluan memberikan sentuhan keteduhan dan juga terlihat asri di tengah lingkungan yang eksotik. Pepohonan hijau tumbuh dan membawa kesegaran bagi setiap mata yang memandangnya.

Itu terlihat seperti sekelompok pulau, itu adalah gambar perbukitan. Bagian ini juga merupakan pelengkap dataran atau daerah pesisir. Keberadaannya merupakan perpaduan dan perpaduan yang sangat serasi, dengan adanya objek wisata ini tidak heran banyak orang yang tertarik untuk mengunjunginya.

5. Laguna

Bagian ini merupakan salah satu tempat yang paling menarik perhatian wisatawan. Sebuah cekungan di batu karang yang berisi air laut adalah tempat yang tepat untuk menghabiskan liburan di teluk yang eksotis ini. Laguna atau lagoon adalah nama yang sering dibangkitkan untuk menggambarkan tempat ini.

Bagian ini sebenarnya adalah pantai yang berada di suatu daerah. Pesonanya menjadi pelengkap eksotisme yang ditawarkan. Anda juga dapat menggunakannya untuk berbagai kegiatan menarik selama Anda menginap.

6. Teluk Kiluan dengan legenda keberadaannya

Selain penampakan alamnya, legenda tentang keberadaannya juga menjadi bagian dari atraksi yang sering disebut-sebut oleh penduduk. Kisah ini masih sangat disegani oleh masyarakat sekitar. Dikatakan bahwa seseorang yang memiliki kekuatan gaib telah datang untuk mengembara di daerah tersebut. Namanya Raden Mas Arya, yang waktu itu pasti berasal dari Banten atau Malaka.

Kemampuannya untuk memprediksi masa depan membuat dia tahu kapan kematian akan datang. Dia kemudian menggunakannya untuk meminta kerabatnya yang ingin membunuhnya untuk membawanya ke Teluk Kiluan. Karena hanya di sanalah Raden Arya bisa dibunuh dan dikalahkan. Kebenaran cerita selalu diyakini dan dikaitkan dengan kesucian daerah.

Alamat dan rute menuju lokasi Teluk Kiluan

Alamat Teluk KiluanKredit gambar: Google Maps Fredy Mukti

Lokasi Teluk Kiluan yang indah dan menawan ini berada tepat di kawasan Kiluan Negeri yang merupakan bagian dari wilayah administrasi Kelumbayan kabupaten Tanggamus provinsi Lampung. Letaknya sekitar 3-4 jam dari pusat kota Bandar Lampung. Akses jalan yang ditempuh untuk mencapai tujuan cukup sulit, sehingga diperlukan kewaspadaan.

Rute terbaik yang bisa Anda gunakan untuk menemukan tempat wisata ini adalah dengan berkendara melalui pusat kota Bandar Lampung. Dari tempat ini, Anda bisa melanjutkan dengan mengendarai kendaraan menuju kawasan jalan Morotai. Setelah beberapa saat memilih arah Jalan Laksamana RE Martadinata, hingga akhirnya sampai di kawasan jalan raya Way Ratay.

Lanjutkan perjalanan mengikuti rambu-rambu jalan yang ada. Jika Anda sampai di kawasan Jalan Pematang Awi, arahkan ke Jalan Tanah. Dari sana, lokasi Teluk Kiluan tidak jauh. Jika ingin mencari jalan pintas alternatif, maka bisa melalui kawasan Bandar Lampung dan keluar di Jalan Padang Cermin.

Setelah itu, melewati area pangkalan TNI AL, ambil jalur kiri dan belok ke arah Punduh Pidada. Dari sana Anda akan melihat tanda yang bertuliskan Teluk Kiluan, ikuti dan sampai di lokasi.

Kunjungan yang paling direkomendasikan adalah pada pagi hari dan saat musim kemarau. Di sana aliran daya listriknya masih kurang bagus, bahkan sinyal HP juga susah didapat. Jika musim hujan tiba, medan jalan juga akan semakin licin dan berbahaya. Untuk ini, memilih waktu yang tepat selama kunjungan juga akan mengurangi risiko terburuk.

Harga Tiket Masuk Wisata Teluk Kiluan Lampung

Tiket Teluk KiluanKredit gambar: Google Maps Rienpra

Karena tidak ada pembatas yang dibuat di teluk dan juga pulau-pulau kecil di sekitarnya, tentu jam berkunjungnya 24 jam. Namun, harus diingat bahwa datang pada malam hari tidak disarankan, karena lokasinya tidak menyala. Apalagi, harga tiket masuk yang harus dibayar untuk setiap kunjungan per orang hanya berkisar Rp 5.000.

Jika Anda ingin menjelajahi pulau dan pantai lepas pantai secara utuh, biayanya sekitar Rp 15.000 per orang untuk menyewa perahu. Sedangkan biaya menginap dan parkir kendaraan pribadi ditambah Rp 2000 per malam.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Teluk Kiluan

Aktivitas di Teluk KiluanKredit Gambar: Google Maps fajrin herris

1. Snorkeling

Salah satu hal menarik yang bisa Anda lakukan di sana adalah snorkeling. Keindahan dan keanekaragaman biota bawah laut sangat menarik untuk diselami. Lihat lebih dekat spot terumbu karang dan juga ikan-ikan kecilnya. Anda bisa mendapatkan perlengkapan dan perlengkapan yang dibutuhkan dengan menyewanya di bagian rental yang disediakan oleh pengelola.

2. Berenang

Aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah berenang. Anda dapat menikmati perairan laguna. Di sana, airnya lebih tenang dan pemandangan di sekitarnya juga sangat menawan. Tentunya kegiatan ini merupakan alternatif yang tidak memerlukan biaya tambahan namun tetap menarik untuk dilakukan.

3. Sewa perahu

Bosan hanya bermain di sekitar pantai dan juga laut, menyewa perahu dan menjelajahi keindahan perairan dari dekat. Di mana Anda bisa menyewanya? warga sekitar yang berprofesi sebagai nelayan membuka persewaan perahu dengan harga seragam. Anda bisa memilih atau juga meminta pemilik untuk memandu perjalanan bersama rombongan agar lebih aman.

4. Saksikan lumba-lumba

Ada yang menarik untuk dinikmati di Teluk Kiluan yaitu pemandangan gerombolan lumba-lumba yang melintasi perairan. Keberadaannya menjadi salah satu daya tarik yang bisa ditemukan di tempat lain. Kadang-kadang akan terlihat berlalu dan berlalu, jika Anda memiliki kesempatan untuk melihatnya, jangan lupa untuk mengabadikannya dalam sebuah foto atau gambar.

Fasilitas yang tersedia di Teluk Kiluan Lampung

Fasilitas Teluk KiluanKredit gambar: Google Maps Farid Rohman Sholeh

Sedangkan untuk kelengkapan fasilitas di sana hanya ada minus di bagian lighting saja. Akibat distribusi listrik yang tidak merata, sebagian besar warga menggunakan genset untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Jadi, saat berkunjung, sebaiknya pastikan kamera atau ponsel memiliki cadangan daya. Toilet dan tempat parkir juga tersedia cukup nyaman.

Demikian uraian singkat tentang keindahan Teluk Kiluan Tenggamus, Lampung. Mengunjungi wisata ini akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Jauh dari kebisingan dan polusi udara. Pencahayaan yang terbatas menjadi kekurangan yang bisa dimanfaatkan untuk merasakan kehidupan yang lebih dekat dengan alam.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button