Tamansari semakin populer dan dikunjungi oleh dua ribu wisatawan setiap hari. • Radar Jogja - WisataHits
Yogyakarta

Tamansari semakin populer dan dikunjungi oleh dua ribu wisatawan setiap hari. • Radar Jogja

RADAR JOGJA – Jogjakarta menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler saat liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Beragam destinasi dipilih, termasuk lokasi wisata yang bernuansa sejarah. Hal ini dapat ditemukan di tempat tujuan wisata Tamansari.

Supervisor Wisata Tamansari Jogjakarta Ridwan Syam mengatakan, peningkatan tersebut cukup signifikan. Setidaknya 2.000 wisatawan dari dalam dan luar negeri berkunjung ke Tamansari setiap harinya. Jumlah ini meningkat signifikan dibandingkan awal pandemi Covid-19.

Saat kasus Covid-19 sedang tinggi, jumlah kunjungan hanya berkisar 400 hingga 500 orang per hari. Meski tidak membatasi jumlah kunjungan, Ridwan memastikan pihaknya telah menyiapkan langkah proaktif untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

“Kami membebaskan turis, tapi kami masih menggunakan jalan satu arah. Sehingga tidak terjadi penumpukan pada wisata Taman Sari. Tamu tidak boleh pulang, nanti menumpuk atau jalanan ramai,” kata Ridwan saat ditemui di Wisata Tamansari, Kamis (29/12).

Ia yakin Tamansari masih menjadi tujuan wisata pilihan masyarakat. Karena Tamansari memiliki nilai sejarah yang tinggi. Selain itu, bangunan-bangunan yang masih terjaga keasliannya juga menarik untuk dijadikan latar foto.

“Gedung Tamansari dibangun pada tahun 1758 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I. Mungkin banyak orang yang berwisata ke Tamansari karena di sana juga nyaman,” katanya.

Vivin, turis asal Kalimantan Barat, mengaku baru pertama kali berkunjung ke Taman Sari. Menurutnya, destinasi wisata sejarah ini seharusnya menjadi program wajib saat liburan. Terutama karena bangunannya masih estetis.

Ketertarikan Vivin juga bertumpu pada nilai sejarah. Penting baginya nilai sejarah Tamansari diketahui masyarakat, terutama generasi muda. Selain itu, menurutnya harga tiketnya terjangkau, hanya Rp5.000.

“Tempat yang terjangkau. Banyak spot foto yang bagus, tempat yang bagus. Ini rekomendasi untuk pelajar atau mahasiswa di jogja. Sekarang terlihat agak ramai karena liburan,” kata Vivin.

Wisatawan asal Bogor lainnya, Isna Amalia, juga mengaku baru pertama kali dan sengaja menghabiskan waktu liburannya mengunjungi Tamansari. Unggahan foto ke media sosial membuatnya penasaran dengan keindahan Tamansari.

“Saat pertama kali melihatnya di media sosial, saya penasaran dengan tempatnya, saya ingin tahu sejarahnya. Ternyata bagus juga karena di Jawa sudah ada gedung-gedung indah seperti ini sejak dulu,” ujarnya. (isa/dwi)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button