Taman Narmada, temukan taman indah penuh nilai sejarah di Lombok - WisataHits
wisatahits

Taman Narmada, temukan taman indah penuh nilai sejarah di Lombok

Taman Narmada, temukan taman indah penuh nilai sejarah di Lombok
Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 09.00-16.00 WIB, Alamat: Jl. Raya Mataram – Labuhan Lombok, Lembuak, Kec. Narmada, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Taman Narmada adalah salah satu tujuan wisata paling terkenal di Indonesia. Berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, taman ini menawarkan keindahan alam yang memukau dan juga merupakan peninggalan sejarah yang penting bagi masyarakat setempat. Tidak ada salahnya berkunjung jika Anda memiliki waktu dan Anda sudah dekat dengan kunjungan menarik ini.

Taman ini didirikan pada abad ke-19 oleh raja Mataram, Anak Agung Gede Ngurah Karangasem. Dibangun pada tahun 1852, taman ini dirancang sebagai replika Gunung Rinjani, gunung tertinggi di Pulau Lombok. Taman ini awalnya merupakan tempat pemujaan bagi raja dan keluarganya, sekaligus sebagai tempat rekreasi.

Namun karena luasnya area, beberapa bagian saat ini sedang dibangun, sehingga banyak wisatawan yang datang berkunjung. Perlu diketahui bahwa Taman Narmada dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 2 hektar. Daya tarik utamanya adalah sebuah danau buatan yang terlihat alami. Di sekitar danau terdapat tanaman dengan berbagai jenis, juga terdapat banyak tanaman berbunga yang indah.

Daya tarik yang dimiliki Taman Narmada

Atraksi Taman NarmadaFoto oleh Lalu Suwarjaya di Google Maps

Setiap tempat wisata tentunya memiliki daya tarik, begitu juga dengan Taman Narmada. Salah satunya sudah kita bahas pada pembukaan diatas, masih banyak lagi yang perlu anda ketahui. Sebelum mengunjungi wisata alam ini, ada baiknya Anda menyimak beberapa hal menarik berikut ini!

✦ Pesona keindahan Taman Narmada

Daya tarik pertama datang dari keindahan alam yang dimilikinya. Wisata Lombok alternatif ini didesain menyerupai Gunung Rinjani, atau lebih dikenal dengan replika gunung terbesar di Lombok. Pesona alam yang ditawarkan sangat menarik, mulai dari pepohonan asri yang mengelilinginya, hingga taman dengan bunga berwarna-warni.

Pemandangan alam Taman Narmada juga sangat menarik. Pengunjung bisa menjumpai berbagai jenis tumbuhan dan bunga yang tumbuh di taman ini, seperti pohon beringin besar yang eksotik, serta tanaman hias yang menambah keindahan taman. Ada juga jalur pendakian yang memungkinkan pengunjung menjelajahi keindahan alam sekitarnya.

Selain pesona alamnya, taman ini juga memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi. Taman ini menjadi saksi bisu kejayaan Kerajaan Mataram di masa lalu. Arsitektur yang rumit dan detail mencerminkan keahlian dan keindahan artistik pada masa itu. Selama berkunjung, Anda juga merasakan suasana yang sejuk dan menyegarkan karena berada di ketinggian.

✦ Danau dan kolam renang yang tenang

Taman Narmada memiliki danau yang tenang seperti pesona. Bukan danau alami, melainkan danau buatan yang cukup luas. Taman ini memiliki tiga danau yang letaknya tidak jauh satu sama lain. Masing-masing memiliki bentuk yang mirip, namun dibangun dengan konsep yang berbeda. Salah satunya memiliki air mancur yang bagus di tengahnya.

Selain telaga, juga terdapat kolam renang yang dulunya diperuntukkan bagi keluarga kerajaan. Saat ini semua wisatawan bisa menggunakan kolam renang. Ada dua kolam yang bisa digunakan tergantung usia. Untuk kolam dewasa kedalamannya lebih dari 1 meter, sedangkan untuk anak-anak hanya setinggi lutut dan dilengkapi seluncuran.

✦ Candi Narmada

Taman Narmada merupakan tempat wisata keluarga yang populer baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang menakjubkan, mengalami kedamaian dan ketenangan di sekitar danau, dan membenamkan diri dalam sejarah kerajaan masa lalu yang menakjubkan.

Namun bukan itu saja daya tariknya, taman ini juga memiliki tempat pemujaan yang dikenal dengan nama Pura Narmada. Kuil ini adalah salah satu yang tertua atau pertama yang dibangun di wilayah tersebut. Tidak jauh dari pura terdapat mata air Tirta Murni yang sumbernya langsung dari pegunungan.

Pura yang berada di Taman Narmada ini bisa Anda kunjungi sebagai tempat ibadah umat Hindu. Namun, bagi umat Islam juga tidak masalah untuk datang hanya untuk melihat keunikan arsitektur bangunannya. Jika perlu, Anda bisa menggunakan mata air untuk diminum, yang konon membuat umur panjang menjadi mudah dan manis.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Taman ArmadaFoto oleh Ibrahim Falqi di Google Maps

Untuk mengunjungi taman cantik ini, Anda harus terlebih dahulu mengetahui lokasinya. Sebaiknya gunakan aplikasi peta digital untuk memudahkan akses. Secara administratif alamat lengkapnya ada di Jalan Raya Mataram – Labuhan Lombok, Lembuak, Narmada, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Jarak dari Taman Narmada ke Tastura Square atau pusat kota Lombok Barat kurang lebih 17 kilometer. Jarak tersebut biasanya dapat ditempuh dalam waktu 30 menit jika kondisi jalan normal dan tidak macet. Rute terbaik adalah melalui Jalan Gajah Mada terlebih dahulu kemudian Jalan Raden Puguh.

Dari titik ini, pergilah menuju Jalan Puyung dan ikuti jalan utama. Sekitar 5 kilometer Anda akan sampai di Jalan Raya Sintung, terus berjalan hingga tiba di Jalan Raya Lintasg. Jarak tujuan wisata dari titik terakhir ini sekitar 2 kilometer. Manfaatkan petunjuk arah yang disediakan atau tanyakan pada penduduk setempat.

Harga tiket masuk dan jam buka

Taman Narmada merupakan objek wisata yang terbuka untuk umum, artinya wisatawan lokal maupun domestik dapat berkunjung. Namun tentu saja tidak gratis, ada harga yang harus dibayar untuk menikmati segala keindahannya. Ada perbedaan harga tiket masuk antara penduduk lokal dan wisatawan mancanegara, namun tetap bisa dikatakan sangat murah.

Dengan segala pesona dan daya tarik yang Anda miliki, Anda hanya perlu membayar 5.000 rupee. Bagi wisatawan mancanegara, siapkan dana Rp 15.000 untuk satu pengunjung. Tidak ada perbedaan hari tiket masuk, hari libur nasional dan hari kerja tetap sama. Jam bukanya sendiri buka mulai pukul 09.00 hingga 16.00.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Kegiatan Taman NarmadaFoto oleh Jiří Hruška di Google Maps

Tak hanya tempat yang menawarkan keindahan, Taman Narmada juga dibangun untuk melakukan aktivitas wisata. Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan saat berkunjung, beberapa di antaranya akan kami ulas di bawah ini!

1. Nikmati pemandangan alam yang indah

Salah satu kegiatan yang biasa dilakukan pengunjung adalah menikmati pemandangan alam yang indah. Taman Narmada dirancang dengan konsep yang unik, namun tetap menawarkan pesona alam yang luar biasa. Untuk kegiatan ini, Anda bisa sambil bersantai di gazebo atau bangku, Anda juga bisa berjalan-jalan santai di sekitar wisata.

2. Berenang di kolam yang sejuk

Kolam renang di Taman Narmada tidak hanya digunakan sebagai dekorasi atau pelengkap destinasi wisata saja. Sebagai pengunjung Anda juga bisa menikmati salah satu fasilitas tersebut. Tidak diperlukan biaya tambahan, Anda hanya perlu menyiapkan pakaian cadangan. Harap sesuaikan usia, karena ada juga kolam renang anak dan dewasa.

3. Berburu spot foto

Alam yang indah memukau semua orang dan ingin mengabadikan momen liburan. Hal itu juga akan Anda rasakan saat berkunjung ke Taman Narmada. Tidak ada salahnya jika Anda menyiapkan kamera terbaik untuk mengejar spot foto. Selain itu, banyak tempat indah menanti Anda, seperti danau yang tenang dan taman bunga yang berwarna-warni.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Taman NarmadaFoto oleh Ibrahim Falqi di Google Maps

Selain mengetahui atraksi dan aktivitas yang menarik, ada baiknya Anda mengetahui fasilitas apa saja yang tersedia pada tour sukses ini. Secara umum bisa dibilang lengkap, mulai dari tempat parkir yang luas, toilet dan tempat ibadah. Taman ini juga memiliki bangku-bangku yang berjejer rapi di beberapa tempat, serta gazebo untuk beristirahat saat lelah.

Dalam beberapa tahun terakhir, Taman Narmada menjadi tujuan wisata yang semakin populer di Indonesia. Dengan keindahan alamnya yang memukau dan peninggalan sejarah yang berharga, taman ini menawarkan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Jadi tidak ada salahnya memasukkannya ke dalam daftar destinasi liburan terbaik.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button