Pemkot Madiun akan membangun delapan RTH dan dua kampung tematik pada tahun 2023 - WisataHits
Jawa Timur

Pemkot Madiun akan membangun delapan RTH dan dua kampung tematik pada tahun 2023

Pemkot Madiun akan membangun delapan RTH dan dua kampung tematik pada tahun 2023

Kota Madiun (ANTARA) – Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur, akan menambah delapan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan dua kampung tematik di wilayahnya pada tahun 2023, yang dapat dimanfaatkan warga sebagai tempat relaksasi dan rekreasi guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat. penduduk.

“Tahun ini insya Allah akan dibangun delapan RTH dan minimal dua desa bertema. Sudah dalam perencanaan, akan segera kami kerjakan,” kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Totok Madiun Sugiarto di Madiun, Jumat.

Kedua desa bertema direncanakan di Desa Kanigoro dan Desa Sogaten. Anggarannya sekitar Rp 300 juta per titik.

Pembangunan kampung tematik dipercayakan kepada masyarakat melalui kelompok masyarakat (pokmas).

Itu dianggap optimal. Selain itu, juga meningkatkan partisipasi masyarakat. Kampung tematik dan RTH tentunya juga akan dibuat semenarik mungkin bagi masyarakat setempat mengingat keberadaannya.

“Untuk RTH, kami (departemen) akan mengusahakannya. Untuk desa tematik, Pokmas akan menggarap konsep yang sesuai dengan karakteristik lingkungan masing-masing,” ujarnya.

Sementara anggaran untuk pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) mencapai sekitar Rp 200 juta per titik.

Ia menambahkan, Pemkot Madiun telah membangun 14 RTH dan desa bertema hingga tahun 2022, menurut data. Diantaranya RTH Tugu Polsek PKK 901, Catur Kawasan Jalan Abdurahman Saleh, RTH Koptu Kastur, RTH Karsamsu, RTH Arum Dalu, RTH Piranha Mas, hingga Kampung Tematik Palereman di Desa Kelun.

Selain itu, ada juga program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di tahun 2022. Program Kotaku menargetkan kecamatan Oro-Oro Ombo dan Manguharjo. Pembangunan tersebut berupa rehabilitasi gorong-gorong dan pengaspalan.

Totok menjelaskan keberadaan RTH dan kampung bertema pada dasarnya memberikan ruang terbuka bagi masyarakat sebagai sarana relaksasi.

“Selain itu juga melengkapi destinasi wisata yang sudah ada seperti stan PSC dan UMKM di masing-masing desa,” ujarnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkot Madiun akan membangun delapan RTH dan dua kampung tematik pada tahun 2023

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button