Kemendes: 5 Provinsi di RI Tak Ada Lagi Desa Tertinggal Rakyat Sangat Tertinggal: Okezone economy - WisataHits
Jawa Barat

Kemendes: 5 Provinsi di RI Tak Ada Lagi Desa Tertinggal Rakyat Sangat Tertinggal: Okezone economy

JAKARTA – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar mengklaim hingga tahun ini ada lima provinsi di Indonesia yang tidak memiliki desa tertinggal dan sangat tertinggal.

“Sudah tidak ada lagi desa tertinggal di provinsi yang sudah selesai, dan desa tertinggal itu ada di beberapa provinsi yaitu Bali, DI Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Timur dan Kepulauan Bangka Belitung,” katanya saat sesi kopi dengan Gus Menteri di kantornya, Kamis (11/11/8/2022).

Ia juga menargetkan pada tahun 2023, provinsi yang tidak lagi memiliki desa tertinggal dan sangat tertinggal akan terus tumbuh dan berkembang.

BACA JUGA:Dorong pengembangan desa wisata, kementerian desa akan mengadakan lomba itinerary dan membuat video

“Kami berharap pada tahun 2023 semakin banyak provinsi yang bisa memberantas desa tertinggal dan sangat tertinggal,” lanjutnya.

Ia menjelaskan, berdasarkan hasil Musyawarah Desa (Indeks Desa Pembangunan) selama tujuh tahun, tercatat pada periode 2015-2022, ditemukan desa sangat tertinggal mengalami penurunan sebesar 8.471 menjadi 4.982 saat ini.

Sementara jumlah desa tertinggal turun 24.008 dari 33.592 desa menjadi 9.584 desa saat ini.

Selain itu, tingkat pembangunan 122 desa meningkat drastis dalam tujuh tahun terakhir, dari desa sangat tertinggal pada tahun 2015 menjadi desa mandiri pada tahun 2022.

Provinsi dengan jumlah desa yang menjadi desa mandiri terbanyak adalah Kalimantan Barat dengan 67 desa dalam kurun waktu lima tahun.

“Tidak ada lima provinsi yang tertinggal dan sangat tertinggal kecuali ada kemiskinan ekstrim,” pungkasnya.

Source: economy.okezone.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button