Setu Patok, objek wisata alam dengan cerita sejarah di Cirebon - WisataHits
wisatahits

Setu Patok, objek wisata alam dengan cerita sejarah di Cirebon

Setu Patok, objek wisata alam dengan cerita sejarah di Cirebon
Harga tiket: untuk membebaskan, Jam operasional: 24 jam, Alamat: kecamatan Mundu, Kab. Cirebon, Jawa Barat.; Kasus: Verifikasi lokasi

Tempat wisata murah yang layak dikunjungi merupakan impian bagi sebagian wisatawan. Jika Anda sedang berada di Cirebon, silakan mampir ke Setu Patok. Ini adalah objek wisata alternatif yang masih menarik banyak pengunjung. Bahkan, setiap hari selalu saja ada orang yang datang, akan lebih banyak orang pada hari libur nasional.

Cirebon merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki pesona alam yang indah. Berkunjung ke sini dijamin tidak akan membosankan, karena banyak objek wisata yang dijadikan destinasi. Karena letak geografisnya, Cirebon memiliki banyak tempat wisata alam yang mempesona. Air terjun, gunung, bukit, dan bahkan danau adalah tujuan yang bagus.

Setu Patok merupakan salah satu danau yang dimaksud, lokasinya yang berada di kaki Gunung Ciremai memberikan udara segar dan pemandangan yang indah. Di sini, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan, terutama untuk anak-anak. Pasalnya, tempat wisata di Cirebon ini dilengkapi dengan wahana bernama Ciwalk.

Daya Tarik Setu Patok

Daya Tarik Setu PatokKredit Gambar: Google Maps Muhammad Saefuddin

Yang membuat sebuah objek wisata selalu ramai pengunjung adalah karena daya tarik yang dimilikinya. Bagi wisatawan, mengetahui daya tarik suatu objek wisata sangatlah penting. Alasannya, tentu saja, untuk mendapatkan gambaran singkat sebelum Anda sampai di sana.

1. Sejarah Setu Patok

Sebelum membahas objek wisata Setu Patok lainnya, terlebih dahulu kita akan membahas tentang sejarah atau asal usul danau ini. Di Indonesia, setiap tempat memiliki cerita yang diturunkan dari generasi ke generasi. Soal benar atau tidaknya, kita tetap harus menghormati apa yang diyakini orang selama ini.

Keberadaan sungai atau danau ini tidak lepas dari kondisi kawasan Mundu, lokasi objek wisata ini yang rawan banjir akibat luapan Sungai Naggela. Warga setempat tidak tahu bagaimana mengatasi masalah yang selalu terjadi ini. Hingga pada akhirnya seorang tokoh masyarakat bernama Kiai Ento Rujitnala membangun bendungan.

Ia merupakan keturunan Raja Luwung yang disegani oleh masyarakat setempat pada masanya. Akhirnya dia membangun bendungan yang cukup besar untuk menampung luapan Sungai Naggela. Namun sayang, karena banyaknya air yang masuk ke dalamnya, bendungan tidak dapat menampungnya hingga akhirnya jebol.

Tak ada jalan lain yang terlintas di benaknya hingga akhirnya ia mengikuti sebuah kontes. Kisah Setu Patok tidak lepas dari sayembara ini, dimana ia menjanjikan pernikahan dengan putrinya yang cantik kepada siapa saja yang bisa mengatasi masalah ini. Muqoyyim Seya adalah pemuda yang pertama kali mencoba kompetisi ini.

Masih menggunakan bendungan yang dibangun Kiai Ento Rujitnala, Muqoyyim Seya kemudian membuat tiang pancang di beberapa titik. Hubungkan pasak dengan kawat untuk membentuk lingkaran. Kemudian dia meminta ustadz dan warga sekitar untuk berdoa dan memberikan solusi, hingga akhirnya terbentuk bendungan yang kuat hingga hari ini.

2. Pemandangan alam yang indah

Daya tarik Setu Patok selanjutnya adalah pemandangan alam yang indah. Hampir semua pemandangan di sini terlihat hijau menyegarkan. Hanya sebagian sungai yang terlihat kecoklatan, namun masih bersih. Perpaduan antara pemandangan hijau dan air danau yang tenang terlihat begitu sempurna.

Berkunjung ke sini bukan hanya untuk hiburan tetapi juga sebagai kegiatan penyembuhan dari aktivitas sehari-hari. Selain pemandangan hijau dan air danau yang tenang, pemandangan lain yang bisa dilihat adalah Gunung Ciremai. Meski tidak terlalu jelas, namun tetap terlihat eksotis dan menakjubkan.

3. Wahana tersedia

Atraksi di Setu PatokKredit gambar: Google Maps Hanza Nadila

Sebagian besar pengunjung yang datang ke Setu Patok berasal dari kalangan keluarga. Yang lainnya adalah pasangan muda-mudi yang ingin menghabiskan liburannya. Biasanya keluarga mengajak anaknya karena banyak wahana seru disini.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, ada kawasan khusus bernama Ciwalk. Di sinilah nantinya pengunjung bisa menggunakan berbagai permainan yang disediakan. Bersepeda gunung adalah salah satunya, dimana medan yang akan dilalui cukup sulit. Selain itu ada juga Paintball yang sangat seru jika dimainkan secara berkelompok atau berkelompok.

4. Lokasi strategis

Sebagus apapun objek wisata, jika lokasinya terpencil kemungkinan akan sepi pengunjung. Setu Patok bukan, selain tempat wisata yang disebutkan di atas, lokasinya juga strategis. Mengunjungi tempat wisata di Cirebon dijamin tidak sulit karena lokasinya yang berada di pusat kota.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Setu PatokKredit gambar: Google Maps Ofik Taufik

Untuk mendapatkan lokasi yang tepat dari objek wisata alam ini sengaja kami bahas dalam bab khusus. Meski strategis, tidak semua wisatawan yang ingin berkunjung mengetahui titik pastinya. Untuk memudahkan Anda, tuliskan alamat lengkapnya di Desa Setu Patok, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Dari pusat kota, jarak yang harus ditempuh kurang lebih 12 kilometer. Cukup dekat tentunya, karena Anda hanya membutuhkan waktu minimal 30 menit untuk mencapainya. Dari sekian banyak rute, yang paling direkomendasikan adalah lewat Jalan Kalijaga. Jika ragu, gunakan aplikasi Google Maps atau peta digital lainnya.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga tiket masuk Setu PatokKredit gambar: Google Maps Hanza Nadila

Berkunjung ke Setu Patok dijamin tidak akan menguras kantong atau bahkan bangkrut. Pasalnya tidak ada biaya masuk yang berlaku disini, jadi bisa dibilang gratis. Biaya hanya dikenakan bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi. Mohon ijinkan Rs 3.000 bagi yang membawa sepeda motor dan Rs 5.000 jika membawa mobil.

Selain biaya tersebut, kamu juga harus menyiapkan budget jika ingin mencoba wahana yang ditawarkan. Harga bervariasi tergantung pada kendaraan yang Anda pilih. Setidaknya, biaya yang harus dikeluarkan untuk sekali naik adalah Rp 20.000. Silakan berkunjung kapan saja ke sini, namun lebih disarankan pada hari libur karena sangat ramai.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Setu Patok

Aktivitas menarik di Setu PatokKredit gambar: Google Maps cho_soep

Ketika ingin mengunjungi suatu objek wisata, banyak perhitungan yang harus dilakukan. Ini bukan hanya tentang mengetahui atraksi, lokasi, dan harga tiket. Selain itu, kamu juga harus tahu kegiatan apa saja yang menarik untuk dilakukan di sana.

1. Piknik sambil penyembuhan

Setu Patok merupakan salah satu tempat wisata di Cirebon yang cocok untuk kegiatan piknik. Bagi yang malas melakukan aktivitas lain, bersantai di sini sangat disarankan. Bukan sekedar bersantai tentunya, tapi juga menikmati pemandangan alam. Gunung Ciremai, pepohonan rindang dan air sungai yang tenang cocok sebagai media penyembuhan.

2. Mencoba wahana permainan

Kegiatan selanjutnya adalah menjajal permainan yang ditawarkan. Memang tidak seberapa jika dibandingkan dengan wisata lain yang khusus menawarkan wahana. Namun, keberadaan sepeda gunung dan paintball cukup untuk mengisi waktu selama liburan. Khusus untuk anak-anak, kegiatan ini dijamin membuat mereka lebih bahagia.

3. Memancing

Memancing adalah kegiatan menarik lainnya di Setu Patok yang tidak boleh Anda lewatkan. Memang tidak ada ikan besar disini, karena beberapa di antaranya dihuni oleh ikan air tawar seperti mujair, mujair dan ikan gabus. Namun memancing dijamin akan membuat Anda merasa lebih nyaman dan tidak bosan karena Anda bisa menikmati pemandangan alam di sekitar lokasi dan menghirup udara segar.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Setu PatokKredit gambar: Google Maps Hidayat Angga Nugraha

Bagaimana dengan peralatan yang disediakan, apakah sudah lengkap? Jangan khawatir, objek wisata ini dikelola dengan baik sehingga tersedia banyak fasilitas pendukung. Yang pertama adalah tempat parkir mobil yang cukup luas dan mampu menampung ratusan kendaraan sekaligus. Toilet juga ada, serta warung makan yang berjejer rapi di sepanjang pintu masuk.

Tidak dapat disangkal bahwa Indonesia adalah surga bagi wisatawan. Memang banyak objek wisata yang bisa dikunjungi, bahkan tersebar merata di setiap daerah. Setu Patok adalah salah satunya yang memiliki banyak pesona. Tempat wisata ini cocok sebagai alternatif liburan bagi yang berbujet rendah.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button