Pulau Panjang, Pulau Cantik dengan Keindahan Bawah Lautnya di Berau - WisataHits
wisatahits

Pulau Panjang, Pulau Cantik dengan Keindahan Bawah Lautnya di Berau

Pulau Panjang, Pulau Cantik dengan Keindahan Bawah Lautnya di Berau
Biaya Wisata: Mulai Rp 300.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alam: Kec. Derawan, Kab. Berau, Kalimantan Timur; Peta: Cek Lokasi

Salah satu destinasi wisata yang cukup populer dan berada di Kabupaten Berau yaitu Pulau Panjang. Pulau ini merupakan sebuah pulau kecil yang memiliki luasan mencapai 565 hektar. Namun sekalipun termasuk dalam pulau yang memiliki ukuran kecil, pulau tersebut menawarkan sensasi berlibur yang tidak bisa Anda dapatkan di tempat wisata lain.

Berlibur ke pulau eksotis ini Anda akan menemukan banyak sekali keindahan. Seperti contoh pasirnya yang berwarna putih dan hutan bakau yang tampak begitu eksotis. Pulau Panjang tersebut berada di Provinsi Kalimantan Timur. Anda yang para pecinta seni fotografi, maka sangat disarankan untuk mengunjungi pulau tersebut.

Pasir putihnya yang begitu lembut akan membuat Anda merasa rileks saat berjalan-jalan santai di area sepanjang pantai. Selain itu, deburan ombak serta semilir angin yang begitu menyejukkan, akan membuat siapa saja bisa rileks saat datang ke tempat ini. Berikut akan diulas dengan lebih lengkap mengenai daya tarik, fasilitas, harga tiket dan lain sebagainya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Panjang

Daya Tarik Pulau PanjangKredit Gambar: Google Maps Mutiara Andani

1. Pantai dengan Pasir Putih

Ada banyak sekali daya tarik yang ditawarkan oleh Pulau Panjang sehingga membuat banyak wisatawan, baik itu dalam negeri maupun luar negeri yang terpikat oleh kecantikannya. Daya tarik utama yang dimiliki yaitu pantai ini memiliki pasir putih. Pasir putih yang terhampar di sepanjang bibir pantai menjadikan pulau tersebut tampak begitu apik.

Menyaksikan pasir putih, baik itu dari jarak dekat ataupun jarak, akan membuat siapa saja merasa dimanjakan. Anda bisa berjalan di atas pasir putih tersebut tanpa harus menggunakan alas kaki. Karena memang pasirnya yang halus sehingga tidak akan membuat kaki Anda luka karena kerang.

Dengan keindahan pasir putih yang ditawarkan tentu akan membuat para wisatawan merasa betah berada di tempat ini. Karena itu, disarankan bagi Anda untuk mengajak serta anak-anak Anda agar mereka bisa berlarian di tempat tersebut.

2. Lansekap Hutan Mangrove yang Eksotis

Untuk daya tarik selanjutnya yang juga ditawarkan Pulau Panjang ini yaitu panorama hutan Mangrovenya. Di tempat inilah nantinya Anda bisa melihat dengan jelas kemegahan Hutan Mangrove yang lebat dan hijau di area pinggir pantai.

Selain bisa mempercantik pantai, keberadaan dari Hutan Mangrove ini nyatanya juga berguna sekali dalam menjaga pantai dari abrasi. Selain itu juga di hutan tersebut nantinya para wisatawan bisa melakukan dan mempelajari bagaimana cara melakukan cocok tanam yang benar dan baik.

3. Ombak yang Tenang dan Kecil

Perlu diketahui, kawasan pulau ini memiliki ombak yang relatif tenang dan kecil. Karena ombak yang tidak terlalu besar tersebut, maka pantai disini relatif aman digunakan untuk para pengunjung yang ingin bermain air. Selain ombaknya yang kecil, perairan pantainya yang nyatanya juga relatif dangkal.

4. Keindahan Bawah Laut

Daya tarik terakhir yang bisa Anda temukan dan nikmati ketika berada di Pulau Panjang yaitu keindahan alam bawah lautnya yang begitu memukau. Di pulau cantik ini memang Anda bisa menyaksikan berbagai macam spesies bawah laut serta keindahan dari terumbu karang yang masih terjaga dengan begitu alami.

Ombak kecil serta arus air yang begitu tenang sangat mendukung kegiatan diving maupun snorkeling. Selain itu, lokasi pulau memang termasuk dalam lokasi yang dilindungi. Itu membuat Anda masih bisa menemukan banyak sekali spesies hewan laut yang beraneka ragam saat menyelam di perairannya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pulau PanjangKredit Gambar: Google Maps zabrifire 113

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwasanya Pulau Panjang berada di Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Tepatnya yaitu terdapat di Kecamatan Kepulauan Derawan. Jika Anda berangkat dari Kota Samarinda ke sebuah pulau, maka jarak tempuh yang harus Anda tempuh kurang lebih sejauh 341 km.

Mengenai rute menuju lokasi pulau, Anda bisa berangkat dari Kota Samarinda kemudian menuju Kota Bontang. Sesampainya di Kota Bontang, Anda bisa mengambil jalur menuju Muara Wahau. Barulah setelah itu Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Tanjung Redep.

Dari Tanjung Redep inilah para pengunjung nantinya dapat mengambil jalan untuk bisa menuju ke kawasan Tanah Kuning. Setibanya di Tanah Kuning Anda perlu menyewa perahu ataupun kapal kecil untuk menemukan ke wilayah Pulau Panjang.

Dari Tanjung Redeb para wisatawan bisa mengambil jalan menuju Tanah Kuning. Setelah sampai di Tanah Kuning, para wisatawan harus menyewa atau perahu kapal untuk ke lokasi pantai eksotis pulau ini.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau

Untuk mengunjungi Pulau Panjang nan indah ini, Anda tidak akan dikenakan harga tiket. Dalam artian Anda bebas mengunjunginya tanpa harus mengeluarkan biaya seperserpun. Biaya yang harus Anda keluarkan tersebut akan dianggarkan untuk menyewa perahu ataupun kapal, supaya bisa sampai ke lokasi pulau.

Untuk menyewa atau perahu kapal tersebut, Anda harus menyiapkan biaya sebesar Rp 300.000 hingga Rp 350.000 per harinya. Dengan Anda menyewa kapal nelayan, nantinya Anda akan diantar ke beberapa pulau yang terdapat di perairan kabupaten tersebut.

Selama Anda menikmati keindahan pulau ataupun melakukan penyelamatanan di perairan laut, Anda akan ditunggu oleh pemilik perahu. Perlu diketahui, di lokasi ini masih belum tersedia warung makan.

Maka dari itu, bagi Anda yang memang berencana untuk datang ke Pulau Panjang, sebaiknya membawa serta bekal agar Anda tidak kelaparan saat berada di tempat tersebut.

Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Panjang

Kegiatan Seru Pulau PanjangKredit Gambar: Google Maps Yogha Oga

1. Berenang dan Bermain Air

Ada banyak ragam aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan tiba-tiba di pulau eksotis Berau. Aktivitas-aktivitas tersebut tentu akan membuat liburan Anda terasa jadi lebih menyenangkan. Salah satunya yaitu dengan Anda berenang ataupun bermain air.

Ombak tenang dan kecil di daerah pantai, serta kedalamannya yang cukup dangkal membuat kegiatan yang satu ini terasa aman untuk dilakukan. Namun tidak hanya cukup sampai disitu saja, air yang jernih juga akan membuat aktivitas bermain air di pulau tersebut jadi terasa begitu menyenangkan. Pastikan Anda mengawasi anak-anak selama bermain air.

2. Menikmati Alam Sekitar

Keindahan alam yang ditawarkan Pulau Panjang ini memang patut untuk Anda nikmati. Anda bisa duduk santai sambil melihat alam yang tampak begitu jelita dan menyejukkan mata. Terlebih ketika Anda datang ke tempat ini saat sore hari, maka penampakan matahari terbenam akan menambah suasana syahdu.

3. Snorkeling dan Menyelam

Aktivitas berikutnya yang juga tidak boleh dilewatkan yaitu snorkeling dan diving. Seperti yang telah diselesaikan di atas, bahwa panorama bawah lautnya memang begitu bagus. Karena itu, Anda jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan untuk menyaksikan dengan mata kepala sendiri melalui aktivitas snorkeling dan diving tersebut.

Terumbu karang yang terdapat di pulau benar-benar dijaga dengan begitu baik. Sehingga Anda bisa melihat keindahan bawah laut yang masih benar-benar alami, seolah belum terjamah oleh tangan-tangan manusia.

4. Memancing

Bagi Anda yang hobi sekali melakukan aktivitas memancing, maka Anda bisa menjalankan hobi tersebut selama di Pulau Panjang. Spesies ikan yang ada di pulau cantik ini memang sangat beraneka ragam. Tak berlebihan jika tempat ini dikatakan sebagai surga bagi para pemancing.

Bayangan di pantai ini tidak banyak ikan ganas yang bisa Anda jumpai, namun Anda pasti akan mendapatkan ikan-ikan yang begitu eksotis selama memancing di perairan tersebut. Memancing sambil menikmati keindahan panorama sekitar tentu merupakan ide menarik yang patut Anda lakukan.

5. Berfoto

Berlibur tanpa melakukan aktivitas satu ini tentunya dirasa tidak sah. Apalagi ketika Anda berkunjung ke Pulau Panjang Berau tersebut. Spot foto yang begitu indah dan instagramable bisa Anda dapatkan selama berada di tempat tersebut.

Hutan Mangrove serta pasir putihnya yang bagus tentu akan sangat menarik jika diabadikan dalam jepretan foto. Oleh karena itu, ketika Anda memutuskan untuk mengunjungi kawasan pulau ini, maka pastikan Anda tidak lupa membawa perangkat kamera. Atau pastikan juga memori HP Anda benar-benar mencukupi.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pulau

Fasilitas Pulau PanjangKredit Gambar: Instagram Aguzt

Pulau Panjang Berau memang masih belum diberdayakan secara optimal untuk dijadikan tempat wisata. Oleh karena itu, fasilitas yang bisa ditemukan di tempat ini memang tergolong kurang begitu lengkap. Namun meski begitu, Anda masih bisa menemukan adanya toilet umum.

Sehingga tidak perlu khawatir ketika ingin buang besar ataupun kecil saat berada di sana. Toilet umum yang tersedia di sekitar pulau ini memang tidak hanya dimanfaatkan oleh para wisatawan saja, melainkan juga digunakan oleh petugas yang mengelola dan merawat Hutan Mangrove di tempat tersebut.

Bagi Anda yang ingin menginap dan bermalam di tempat ini, maka juga sudah tersedia beberapa penginapan dengan fasilitas yang lengkap. Harga penginapan di tempat ini juga relatif terjangkau.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai Pulau Panjang di Berau yang perlu Anda ketahui. Bagi Anda yang kebetulan berkunjung ke Provinsi Kalimantan Timur, maka sebaiknya menyempatkan diri untuk mengunjungi Kabupaten Berau. Di tempat tersebut Anda akan menemukan banyak keseruan yang tidak bisa didapatkan di tempat lainnya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button