Air Terjun Gembleng, objek wisata alam yang indah di Karangasem - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Gembleng, objek wisata alam yang indah di Karangasem

Harga tiket: Rp 15.000 Jam operasional: 07.00–17.00 WITA, Alamat: Tri Eka Buana, Kec. Sidemen, Kab. Karangasem, Bali; Kasus: Verifikasi lokasi

Bali dikenal sebagai pulau yang selalu bisa memanjakan wisatawan saat berkunjung. Tidak hanya dari pantainya saja, tetapi juga dari wisata alam berupa air terjun. Kali ini kita akan membahas air terjun Gembleng yang terletak di Karangasem. Daya tarik utama dari tur ini adalah infinity pool yang membuat berendam serasa milik Anda sendiri.

Jika berbicara tentang Bali tentunya tidak lepas dari pantai dan budayanya. Ada banyak pantai indah dengan pemandangan indah di masing-masingnya. Bahkan jika Anda telah mengunjungi semuanya, Anda mungkin ingin mengunjunginya lagi. Anggap saja pesonanya bikin kangen dan rindu untuk dilihat lagi.

Dari segi budaya, penduduk Bali masih menghormati prinsip-prinsip hidup yang diwariskan oleh nenek moyang mereka. Sebut saja Melukat atau tradisi bersuci yang dilakukan di kolam atau air terjun. Hingga saat ini tradisi ini masih diwariskan dan salah satunya dilakukan di air terjun Gembleng yang telah kami bicarakan.

Objek wisata Air Terjun Gumbleng

Objek Wisata Air Terjun Gumbleng KarangasemKredit gambar: Google Maps Carlos

Semua objek wisata tersebut tentunya memiliki daya tarik yang memikat para pelancong dari berbagai daerah. Objek wisata ini bisa bermacam-macam, ada yang berupa keindahan alam, lokasi yang unik, suasana yang nyaman untuk berlibur.

1. Air Terjun Tiga Langkah

Memang banyak sekali air terjun yang bisa ditemui di berbagai daerah khususnya di Bali. Namun tidak semuanya memiliki langkah indah untuk pesona. Kebanyakan hanya menawarkan pesona air yang jatuh dari ketinggian melewati tebing tinggi nan gagah. Hal tersebut tidak akan Anda temukan saat mengunjungi Air Terjun Gumbleng.

Air terjun ini tidak setinggi air terjun pada umumnya, debit airnya tidak terlalu besar. Perlahan-lahan air mengalir dari batuan keras ke bawah melalui tiga tingkat. Level atau undakan ini adalah salah satu daya tariknya, terlihat sangat eksotis dan menakjubkan untuk dilihat.

Kondisi bebatuan yang membentuk undakan tidak rata sehingga terlihat alami. Tinggi totalnya tidak melebihi sepuluh meter, sedangkan tinggi setiap anak tangga hanya beberapa meter. Karena aliran airnya tidak terlalu deras, biasanya pengunjung memanfaatkannya untuk bersantai di samping air terjun sambil menikmati keindahan alam.

2. Kolam renang alami dengan Konsep Infinity

Daya tarik Air Terjun Gumbleng selanjutnya adalah adanya kolam alami yang berkonsep infinity. Bagi yang belum tahu, infinity pool banyak digunakan di hotel-hotel mewah dengan desain yang menyatu di sekelilingnya. Jadi, saat Anda mandi di kolam ini, pemandangan indah di sekitar tempat itu seolah tak ada habisnya.

Kolam ini terletak di salah satu anak tangga dan ukurannya tidak terlalu besar. Debit airnya yang tenang membuatnya tidak mengalir, sehingga aman untuk aktivitas apapun. Meski begitu, Anda tetap harus berhati-hati karena sebagian besar kondisinya licin. Kolam ini menjadi salah satu daya tarik utama dan menjadi incaran para wisatawan yang lalu lalang.

3. Keindahan alam sekitarnya

Daya tarik lain dari Air Terjun Gembleng KarangasemKredit gambar: Google Maps Natalia Tarra

Air Terjun Gembleng terletak jauh di dalam hutan, yang membutuhkan perjalanan panjang untuk mencapainya. Agak melelahkan, apalagi tanah untuk meminjam kurang bagus. Berbeda dengan air terjun di tempat lain yang harus ditempuh dengan berjalan kaki dengan cara mendaki.

Untuk mengunjungi air terjun di Bali ini, jalan yang harus Anda lewati lebih banyak menurun. Rasa lelah pasti dirasakan setiap pengunjung yang datang. Namun semuanya dijamin tidak akan terasa ketika pemandangan alam begitu indah selama perjalanan. Keindahan alam di sekitar lokasi terdiri dari hamparan sawah, kebun dan hutan yang dipenuhi tumbuhan hijau.

4. Tersedia spot foto yang cantik

Bagi yang hobi fotografi, mengunjungi air terjun Gembleng sepertinya wajib untuk mencoba pengalaman baru. Di sini terdapat spot foto yang cantik dengan background pemandangan alam yang indah. Tempat yang dimaksud adalah tempat duduk besar berbentuk hati. Bahannya terdiri dari papan kayu yang dilapisi sabut kelapa.

Selain itu, ada jembatan gantung yang juga cocok dijadikan spot foto. Jembatan ini sebenarnya merupakan jalan akses menuju air terjun. Namun karena posisinya menghadap hamparan sawah, banyak wisatawan yang berhenti sejenak untuk berfoto. Hal lain yang harus dilihat adalah Air Terjun Eksotis itu sendiri.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Gembleng, KarangasemKredit gambar: Google Maps Kadek Supartini

Air Terjun Gembleng terletak di Tri Eka Buana, Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem, Bali. Dari pusat kota Karangasem jaraknya sekitar 35 kilometer, membutuhkan waktu setidaknya 1 jam untuk sampai ke sana. Perjalanan jauh ini dijamin tidak membosankan karena akses yang baik, setidaknya sebelum mendekati lokasi.

Dari pusat kota, arahkan dulu kendaraan ke Jalan Bhuana Giri. Kemudian menuju ke arah Jalan Raya Pakel dan Jalan Kuncagiri. Anda pasti akan melewati jalan berkelok, terus saja melintasi jalan utama menuju Jalan Baledan. Tujuan selanjutnya adalah menuju Jalan Semarapura – Karangasem dan Jalan Raya Selat.

Untuk memudahkan Anda, arahkan kendaraan Anda ke Polsek Sidemen yang berada di jalan utama. Setelah itu, lanjutkan perjalanan yang mengarah ke SMA Negeri 1 Sidemen. Perjalanan yang anda lewati masih sekitar 5 kilometer, silahkan menuju ke arah desa Tri Eka Buana. Begitu sampai di desa, gunakan SDN 1 sebagai referensi utama Anda.

Jarak Air Terjun Gembleng ke SDN 1 tidak terlalu jauh, hanya sekitar 1,5 kilometer. Cukup membingungkan karena banyaknya jalan yang berkelok-kelok. Oleh karena itu, ada baiknya menggunakan bantuan Google Maps atau peta digital lainnya. Saat Anda mendekati lokasi, jangan ragu untuk bertanya kepada penduduk setempat.

Obyek wisata ini masih berfungsi sebagai tempat Melukat pada periode tertentu. Hanya saja karena keindahannya banyak wisatawan yang tertarik dan penasaran untuk mengunjunginya. Anda bisa datang kapan saja, dari pagi hingga sore, asalkan waktu tersebut tidak digunakan untuk acara Melukat.

Mengunjungi Air Terjun Gembleng tidak membutuhkan banyak uang selain transportasi. Pasalnya, tempat wisata alam di Bali ini tidak memungut biaya apapun alias gratis. Namun, kotak sumbangan disediakan di beberapa lokasi. Bagi yang memiliki harta berlebih, tidak ada salahnya mengisi slot amal sesuai kemampuan.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Air Terjun Gembleng

Aktivitas air terjun gembleng di KarangasemKredit gambar: Twitter Cory Pramita

Mengunjungi tempat wisata juga harus dilihat sebagai kegiatan yang layak. Percuma kalau banyak atraksi, tapi ternyata tidak ada aktivitas seru yang bisa dilakukan di sana. Bagi yang berkunjung ke Air Terjun Gumbleng, jangan lupa untuk melakukan aktivitas berikut!

1. Lacak ke lokasi

Kegiatan pertama adalah mengikuti atau pergi di tempat. Meski cukup melelahkan dan menyita waktu, dijamin tidak akan pernah mengecewakan. Dengan medan yang terjal dan licin, kegiatan ini dinilai sangat menarik bagi mereka yang menyukai tantangan. Tidak perlu khawatir dengan keamanan karena penduduk setempat telah membangun akses yang cukup bisa dilakukan.

2. Nikmati pemandangan alam

Sembari berjalan menuju lokasi, aktivitas seru lainnya adalah menikmati pesona alamnya yang indah. Hamparan persawahan cukup menyejukkan mata, begitu juga dengan perkebunan dengan warna hijaunya. Kedatangan di Air Terjun Gembleng juga tak kalah menarik, eksotisme air terjun dengan tebing batu tak pernah gagal memanjakan mata.

3. Berenang di kolam alami

Dari semua kegiatan yang disebutkan dan yang bisa Anda lakukan di sana, berenang adalah salah satu favorit Anda. Anda mungkin merasa berendam di Jacuzzi dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Kegiatan ini membuat pikiran jernih, rasa penat selama perjalanan hilang seketika.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Air Terjun Gembleng di KarangasemKredit gambar: Google Maps Mokus Hijau

Air terjun Gembleng dilengkapi dengan fasilitas yang mumpuni, meski tergolong sederhana. Anda bisa menemukan tempat parkir yang cukup luas, lokasinya memang jauh dari air terjun. Ada juga toko kecil yang menjual berbagai perlengkapan. Fasilitas lain yang ditemukan adalah toilet, tempat duduk, dan spot foto.

Ada banyak cara untuk mengisi waktu liburan, mengunjungi tempat wisata alam hanyalah salah satunya. Di antara sekian banyak kategori wisata, alam selalu menjadi pilihan utama bagi sebagian orang. Seperti yang kita bahas kali ini, Air Terjun Gembleng selalu ramai pengunjung, meski tidak terlalu ramai.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button