Taman Mangrove Pekalongan, kondisi saat ini - WisataHits
Jawa Tengah

Taman Mangrove Pekalongan, kondisi saat ini

Taman Mangrove Pekalongan adalah tempat wisata edukasi mangrove yang diresmikan pada akhir tahun 2013 oleh Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan.

Sejak diresmikan, kawasan wisata Taman Mangrove Pekalongan tidak pernah sepi pengunjung. Tapi sekarang situasinya sangat berbeda dengan inisiasi.

Sebagian kawasan Taman Mangrove Pekalongan terendam, bahkan garis pantai nyaris tak terlihat. Hal ini menjadi bukti bahwa Pekalongan telah mengalami penurunan muka tanah yang telah diprediksi oleh beberapa ahli dalam beberapa tahun terakhir.

beberapa terendam airBeberapa terendam air. Google Maps. Sumber: Ahmad Ismail

lihat juga: Air Terjun Muncar

Memang sangat disayangkan mengingat hutan mangrove sendiri berfungsi untuk mencegah abrasi laut dan menjaga kelestarian berbagai biota laut.

Berikut beberapa tempat wisata yang dimiliki Taman Mangrove Pekalongan yang sempat ramai dikunjungi beberapa waktu lalu dan masih eksis hingga saat ini.

Atraksi Taman Mangrove Pekalongan

1. Eksplorasi Mangrove

Menjelajahi hutan mangrove menjadi daya tarik yang diminati pengunjung. Anda dapat menjelajahi kawasan hutan mangrove dengan menggunakan perahu atau perahu yang disediakan oleh pengelola.

Ada sebuah tempat yang dikenal dengan nama Lorong Cinta, sebuah gang dengan deretan hutan bakau yang tertata rapi. Dan sering dijadikan sebagai spot foto oleh pengunjung yang lewat.

Perahu yang digunakan bentuknya sederhana, ada juga perahu yang didesain seperti ini. Ini akan memandu Anda melewati kawasan Mangrove Park selama sekitar 30 menit.

Selain menjelajah dengan perahu, Anda juga bisa menyusuri jembatan yang membentang di sepanjang kawasan wisata edukasi ini.

Beberapa jembatan berjalan hampir sejajar dengan air, sementara yang lain telah tenggelam sehingga tidak bisa lagi dilintasi.

berkeliling dengan perahuberkeliling dengan perahu. Google Maps. Sumber: Dini Hayatus123

lihat juga: Wisata Petungkriyono

2. Pelajari tentang ekosistem pesisir

Saat Anda berwisata di Taman Mangrove Pekalongan, Anda dapat menemukan berbagai informasi tentang kawasan hutan mangrove dan juga fitur-fiturnya. Sehingga kawasan wisata ini dapat masuk dalam kategori wisata edukasi.

3. Memancing

Taman Mangrove Pekalongan juga menjadi spot populer bagi yang hobi memancing, biasanya mereka memancing di beberapa spot yang sudah disediakan di area jembatan.

4. Menara Pengawal

Bagi Anda yang ingin melihat kawasan Taman Mangrove Pekalongan dari atas, Anda bisa naik ke menara observasi dari mana Anda bisa melihat seluruh kawasan wisata tanpa ada yang menghalangi.

panorama yang indahpanorama yang indah. Google Maps. Sumber: Kanal Fadil aulia Hakim

lihat juga: air terjun madu resmi

5. Berburu Matahari Terbenam

Panorama sunset yang indah juga bisa Anda nikmati saat berkunjung ke Taman Mangrove Pekalongan. Suasana romantis sangat terasa, apalagi jika Anda datang bersama pasangan.

Lokasi Taman Mangrove Pekalongan

Lokasi Taman Mangrove Pekalongan berada di Desa Kandang Panjang, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Rute menuju Taman Mangrove Pekalongan jika menuju ke arah Jl. dari Alun-Alun Kota Pengalongan. Hasanudin hingga tiba di Jalan Progo. Kemudian tinggal cari lokasi Taman Hutan Mangrove.

Hanya sekitar 8 menit dari Pantai Pasir Kencana.

Jelajahi taman bakauJelajahi taman bakau. Google Maps. Sumber: Athfal Firdaus

Jam buka Taman Mangrove Pekalongan

  • Jam buka Taman Mangrove Pekalongan setiap hari Senin sampai Minggu
  • Jam operasional mulai pukul 06:00 hingga 18:00 waktu setempat

Tiket Masuk Taman Mangrove Pekalongan

  • Biaya masuk ke Taman Mangrove Pekalongan adalah Rp 3.000,-
  • Parkir motor Rp 2.000,-
  • Parkir Rp 5.000,-

Fasilitas Taman Mangrove Pekalongan

Fasilitas yang ada antara lain :

  • parkir kendaraan,
  • Toilet,
  • Masjid,
  • Pusat Informasi,
  • menara observasi,
  • Paviliun,

Kondisi taman bakau saat iniKondisi Taman Mangrove saat ini. Google Maps. Sumber: Rokhis Khomarudin

baca juga: Curug Tupai

Menyimpulkan

Keadaan Taman Mangrove Pekalongan saat ini tidak bisa dihindari, biarlah menjadi pengingat tempat-tempat wisata indah yang dikunjungi di Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Source: www.nativeindonesia.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button