Sungai Bengawan Solo Purba, Wisata Alam Indah Penuh Sejarah di Gunung Kidul - WisataHits
wisatahits

Sungai Bengawan Solo Purba, Wisata Alam Indah Penuh Sejarah di Gunung Kidul

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Traju, Pucung, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Sungai Bengawan Solo Purba merupakan wisata yang sudah ada puluhan tahun. Padahal, destinasi ini merupakan salah satu sungai terpanjang di Pulau Jawa. Aliran sungai yang jernih mengalir melalui setiap celah yang dikelilingi oleh berbagai tanaman hijau.

Air sungai tersebut diketahui bermuara di wilayah Gresik dan berhulu di Wonogiri. Wisatawan yang berkunjung ke Jogja bisa singgah sejenak di kawasan sungai ini. Meski destinasi andalan ini sudah ada sejak lama, namun keindahan tempat ini tetap terjaga dengan berbagai pemandangan yang mengelilinginya.

Pengunjung dapat mendengar gemericik air dan memastikan akses mudah ke udara bersih. Selain itu Anda bisa bersantai sambil memandangi lembah yang begitu indah. Keindahan alamnya menarik perhatian karena Sungai Bengawan Solo Purba seolah tak henti-hentinya menawarkan berbagai pemandangan yang indah.

Atraksi Sungai Solo Purba

Atraksi Sungai Solo PurbaKredit gambar: Facebook Arifin Muhammad

1. Sungai terpanjang

Sungai Bengawan Solo dikenal luas sebagai salah satu sungai terpanjang di Pulau Jawa. Air yang mengalir dari hulu ke hilir terlihat begitu bersih karena masih terawat dengan baik. Bahkan, hampir tidak ada sampah yang berserakan di sungai. Wisatawan sering dibuat takjub setelah melihat keindahan di sekitar sungai dari dekat.

Usia sungai tersebut juga diketahui berusia puluhan tahun dan membentang di 2 provinsi. Keindahan pariwisata juga dilengkapi dengan lembah yang indah. Tanaman taman juga mempercantik lokasi di sekitar sungai. Anda harus pergi ke sana jika ingin menikmati sungai terpanjang dan mencari berbagai spot untuk hunting foto.

2. Dekat Goa Braholo

Pengunjung yang datang ke wisata alam ini dapat menemukan gua braholo. Daya tariknya selalu menawan karena pelanggan bisa berlibur di 2 tempat sekaligus. Apalagi goa tersebut diketahui sudah berdiri sejak lama dengan susunan batu. Goa juga merupakan tempat peninggalan sejak manusia purba yang memiliki struktur bangunan kuno.

Jika lelah bermain dan menikmati liburan sungai Bengawan Solo Purba, Anda bisa mampir ke Goa Braholo. Bahkan tamu bisa menambahkan edukasi gua. Traveler pasti terkesima saat berlibur di sana karena bisa mengunjungi gua dan sungai. Jangan ragu untuk mengajak beberapa kerabat mengunjungi sungai terpanjang ini.

3. Pemandangan yang bagus

Bengawan Solo Purba menawarkan pesona yang tidak kalah dengan destinasi lainnya. Tumbuhan liar mudah ditemukan oleh pengunjung yang bertebaran di dekat sungai. Apalagi, ada juga lembah yang tidak begitu jauh dari sungai. Pemandangannya yang indah sangat cocok bagi wisatawan yang sedang mencari rekomendasi tempat liburan untuk bersantai.

Alamat dan rute menuju lokasi

Sungai Bawang Tua Solo AlamatKredit gambar: Google Maps ke langit

Sungai Bengawan Solo Purba berada tepat di Desa Traju, Pucung, Yogyakarta. Berkendara ke destinasi populer ini memang cukup sulit dan membutuhkan tenaga ekstra. Wisatawan akan melintasi jalan yang terjal, namun tenang saja karena masih banyak rambu-rambu di area tersebut. Bahkan sungai yang indah ini dapat diakses dengan mudah melalui navigasi Google Maps dari ponsel.

Perjalanan dari pusat kota Yogyakarta bisa dilakukan ke Jalan Sultan Agung. Lanjutkan ke kawasan Jalan Kusumanegara untuk menemukan Jalan Gedongkuning. Lurus menuju Jalan Wonosari dan berbelok ke arah Jalan Nasional III. Kemudian tamu dapat melanjutkan perjalanan ke Jalan Rongkop, dari mana desa sudah terlihat.

Setelah memasuki desa Traju, Anda dapat menikmati suasana alam yang selalu alami. Perjalanan pun semakin menyenangkan melalui jalan darat dan persawahan. Biasanya papan kayu dipasang di dekat area desa. Pengunjung akan dengan mudah menemukan tempat wisata ini karena dapat mendengar suara gemericik air.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Sungai Bengawan Solo PurbaKredit Gambar: Google Maps Linggar PamBewDey

Sungai Bengawan Solo Purba bisa dijadikan tempat berlibur karena menawarkan berbagai keindahan. Tenang, kamu tidak perlu membeli tiket untuk masuk ke area sungai. Wisatawan bisa menikmati keindahan aliran sungai dengan tiket gratis. Sungai ini juga buka setiap hari dan Anda dapat melihat arus yang mengalir ke hilir melalui celah tersebut.

Traveler yang lupa membawa bekal dari rumah bisa mampir sebentar di stand. Pedagang yang menjajakan kuliner kelezatan terdapat di kawasan perkampungan sebelum memasuki kawasan rekreasi ini. Masih ada makanan tradisional dan disesuaikan untuk memanjakan perut. Anggaran untuk membeli makanan juga cukup murah mulai dari Rp 10.000 saja per porsi.

Destinasi ini juga dikelola dengan baik karena pengunjung dapat menemukan tempat parkir murah di sini. Sepeda motor hanya membutuhkan biaya parkir sekitar Rp 2.000. Lalu bagi siapa saja yang mengendarai mobil atau bus, cukup siapkan budget Rp 5.000 hingga Rp 10.000. Semua harga yang berlaku memang cocok di kantong traveller.

Aktivitas menarik di Kali Solo Lama

Aktivitas di Sungai Bengawan Solo PurbaKredit gambar: Google Maps Babah Wae

1. Bersepeda

Kawasan wisata sungai ini memiliki lahan yang dikelilingi jalan tanah. Di akhir pekan, banyak traveler yang sering membawa sepeda. Kegiatan bersepeda yang dilakukan di kawasan tersebut tentunya akan membuat setiap tamu senang karena dapat merasakan semilir angin yang sejuk. Anda juga bisa mengajak teman dekat atau keluarga saat bersepeda.

2. Duduk santai

Duduk santai di tepian Sungai Bengawan Solo Purba bukanlah hal yang aneh. Kegiatan tersebut dapat memanjakan tubuh dan pikiran. Bahkan Anda yang sedang bersantai juga bisa melihat sisi lain yang dikelilingi lembah. Beban itu pasti akan terasa hilang begitu pengunjung bersantai di kawasan tersebut.

3. Perjalanan ke Goa

Anda bisa mengunjungi gua braholo setelah menikmati keindahan sungai. Di sana, wisatawan dapat melihat berbagai peninggalan dari zaman prasejarah. Tak hanya itu, di area dekat goa juga terdapat taman yang asri. Wisatawan akan senang ketika mengunjungi sungai, gua, dan taman karena liburan sangat berkesan.

4. Piknik

Sungai Bengawan Solo Purba merupakan tempat yang menarik untuk piknik keluarga. Pengunjung bisa membawa sejumlah makanan siap saji di sini. Anda juga dapat mengabadikan momen tersebut sebagai foto atau video saat piknik. Latar belakang lembah dan sungai yang indah ini pasti akan terlihat semakin menakjubkan jika difoto menggunakan kamera.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Bekas Fasilitas Sungai Bawangan SoloKredit gambar: Google Maps Ibzi Afra

Sungai Bengawan Solo Purba menawarkan banyak fasilitas pendukung. Masjid dan tempat ibadah lainnya mudah dikunjungi para pelancong ketika datang ke sungai. Tempat ibadah selalu mudah dijangkau karena tidak terlalu jauh dari tempat tujuan. Tempat bersantai dapat ditemukan saat liburan, ditandai dengan berjejer gazebo di area tersebut.

Fasilitas tempat meninggalkan kendaraan paling mudah ditemukan. Anda yang datang bisa menggunakan tempat parkir di dekat rumah warga. Makanan yang disajikan di sejumlah warung bisa dinikmati oleh setiap tamu yang lapar. Warung ini masih dikelola oleh warga sekitar dan wisatawan bisa ke sana jika ingin memanjakan bahasanya.

Sungai Bengawan Solo Purba dilengkapi dengan spot foto unik dengan latar belakang alam seperti lembah dan gua. Toilet yang bisa digunakan pengunjung tidak sulit ditemukan karena berada di area yang sama dengan sungai. Perkemahan tidak tersedia karena masih banyak ilalang yang cukup tinggi. Kemudian tempat bersepeda ada untuk semua orang yang ingin berolahraga.

Sungai Bengawan Solo Purba bisa dijadikan referensi tempat liburan di waktu senggang Anda. Selain liburan melihat alam, Anda juga bisa mengedukasi diri bersama keluarga. Bahkan tidak jauh dari sungai terdapat gua dan taman yang bisa dikunjungi. Wisatawan pasti akan merasa lebih nyaman saat berlibur di wisata yang menawan ini karena pesona alamnya yang indah dan megah.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button