Pantai Mangrove Kampung Nipah, pasir putih yang indah dan hutan mangrove di Serdang Bedagai - WisataHits
wisatahits

Pantai Mangrove Kampung Nipah, pasir putih yang indah dan hutan mangrove di Serdang Bedagai

Pantai Mangrove Kampung Nipah menjadi pilihan yang tepat untuk menikmati wisata alam di Serdang Bedagai. Pantai pasir putih yang indah dan hutan mangrove yang bisa memanjakan mata pengunjung.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 08.00-22.00 WIB, Alamat: Jl. Sei Naga Lawan, Kec. Perbaungan, Kab. Serdang Bedagai, Sumatera Utara; Kasus: Cek lokasi

Indonesia merupakan negara kepulauan yang tidak hanya kaya akan adat istiadat. Di sini kita akan menemukan berbagai keragaman dari berbagai daerah. Mulai dari bahasa, suku, tarian tradisional, makanan khas dan sektor pariwisata yang sedang booming. Bisa dikatakan Indonesia tidak kalah dengan negara lain yang memiliki tempat-tempat indah dan asri.

Salah satu tempat yang menjadi sarang wisata adalah Sumatera Utara yaitu pantai mangrove Kampung Nipah. Destinasi wisata pantai ini terletak di Kabupaten Serdang. Dan hingga saat ini, pantai ini tidak pernah sepi pengunjung, bahkan menjadi objek pantai favorit wisatawan asal Sumatera Utara. Pantai Mangrove ini menawarkan panorama alam yang tidak biasa.

Di sekitar pantai Anda akan menemukan barisan pohon bakau yang pohonnya sengaja ditanam oleh masyarakat sekitar. Berkunjung ke pantai hits ini, pengunjung akan disuguhkan pemandangan yang tiada duanya. Suara deburan ombak memecah bebatuan seakan merespon. Tanpa melupakan laut dan langit yang luas yang merupakan sudut pandang yang sempurna untuk liburan Anda.

Objek Wisata Pantai Mangrove di Kampung Nipah

Objek Wisata Pantai Mangrove di Kampung NipahKredit Gambar: Google Maps Agoes Salim Nst

Menjadi destinasi wisata yang sangat diminati, daya tarik pantai ini sudah tidak diragukan lagi.

1. Hutan mangrove yang lebat

Jika sudah sampai di Pantai Mangrove, pengunjung akan disuguhi pemandangan hutan mangrove yang mengelilingi pantai. Meski merupakan daerah pesisir, masyarakat Kampung Nipah kesulitan menjadi nelayan. Ini karena upaya pemerintah membangun tambak udang Windu. Akibatnya, tidak ada lagi hutan yang digunakan untuk menahan abrasi.

Oleh karena itu atas inisiatif warga yang pada saat itu merasa sangat tidak nyaman. Mangrove ditanam di pesisir pantai timur. Pasalnya, sejak berkembangnya budidaya perikanan dan hilangnya hutan mangrove, hasil tangkapan nelayan semakin berkurang. Untuk alasan ini, penghuni kreatif menanam penghalang abrasi mereka sendiri.

Dengan demikian, di pantai yang indah ini, Anda tidak hanya akan berhak mendapatkan pemandangan yang indah. Namun ada juga kegiatan bersama masyarakat dan belajar tentang tanaman mangrove itu sendiri sehingga tentunya bisa menambah pengalaman anda.

2. Kunjungan Edukasi

Pengunjung tidak hanya berwisata, tetapi juga sekaligus menambah pengetahuan. Karena pantai ini merupakan wisata pertama yang dikelola oleh masyarakat. Di sini Anda akan mempelajari manfaat mangrove bagi pantai selain sebagai pencegah abrasi. Selain itu, pengunjung juga diperbolehkan menanam tanaman sendiri.

Hal ini tentu menjadi hal yang menarik untuk dilakukan mengingat pentingnya mangrove. Anda bahkan dapat melihat proses pembibitan yang dilakukan oleh masyarakat. Desa Nipah juga memiliki warga yang kreatif. Anda akan diperlihatkan bagaimana mengubah bakau menjadi hidangan lezat yang layak untuk dicoba.

3. Dikenal sebagai pantai romantis

Keunikan Pantai Mangrove menjadikannya pantai yang romantis. Begitu banyak pengunjung yang membawa pasangannya untuk berkunjung ke sini. Bahkan, banyak juga yang berwisata bersama keluarga dan teman.

Bagaimana tidak, disini udaranya begitu segar dengan pemandangan hutan mangrove yang lebat. Mungkin karena hutan bakau itulah keindahan pantainya masih terasa. Biasanya pengunjung akan berfoto di sisi jembatan yang menghubungkan pantai dengan hutan mangrove. Oleh karena itu, biasanya Anda akan menjumpai pengunjung yang sedang mencari foto prewedding.

Alamat dan Arah Wisata Pantai Mangrove

Pantai Mangrove Kampung Nipah alamatKredit gambar: Google Maps Tiara Sabrina

Pantai indah ini sebenarnya terletak di Desa Sei Nagalawan, Kecamatan Perbaungan, Serdang, Sumatera Utara. Untuk sampai ke tempat yang tepat, ada tiga jalur yang bisa Anda ambil. Yakni jalur darat, udara dan laut. Jika Anda mengunjungi Pantai Mangrove melalui jalur darat, Anda harus melewati Kota Medan. Mungkin perjalanan dari kota ke pantai ini bisa memakan waktu 2 jam.

Dari kota Medan, kendaraan akan melanjutkan perjalanan ke perempatan Pantai Kelang. Dimana letak pantai di kecamatan Sei Buluh. Sesampainya di lokasi, perjalanan akan dilanjutkan menuju lokasi pantai. Dari Sei Buluh Anda harus menempuh perjalanan sekitar 8 km.

Bisa dikatakan akses darat menuju pantai cantik ini sudah bagus. Karena kondisi jalan sudah beraspal, sehingga trekking aman. Meski begitu, Anda harus berhati-hati karena beberapa jalan perlu diperbaiki.

Dari jalur darat kita akan menuju pantai pasir putih ini dari laut, bagi anda yang menempuh jalur laut bisa memulai dari pelabuhan Belawan. Dari pelabuhan Anda harus tetap berkendara untuk sampai ke pantai yang dimaksud.

Dari Jl. R. Pelabuhan di jl. Jalan Raya Belmera. Selain itu, kendaraan harus diarahkan ke Tol Medan Kuala Namu. Menuju ke Jalan Lintas Sumatera menuju Pantai Kelang maka anda akan sampai di lokasi Pantai Mangrove.

Harga Tiket Masuk Pantai Mangrove Kampung Nipah

Tiket Pantai Mangrove Desa NipahKredit gambar: Google Maps Mangrove Beach (tur mangrove)

Wisata yang unik dan menarik ini memiliki panorama yang begitu melekat di benak pengunjung. Bagi Anda yang ingin merasakan dan melihat tampilan alamnya, bisa langsung ke Sumatera Utara.

Keindahan yang ditawarkan oleh rangkaian lagu hits ini bukanlah main-main. Untuk ini menjadi wajar jika Anda harus membayar ongkos untuk masuk. Sehingga Anda turut berkontribusi dalam peningkatan perekonomian masyarakat di bidang pariwisata.

Untuk masuk ke Pantai Mangrove, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000. Tapi ingat, pantai ini baru buka sekitar jam 2 siang. Artinya, buka dari pukul 08:00 hingga 22:00. jika ingin berlama-lama, kini juga ada penginapan terdekat yang bisa dijadikan tempat berteduh sementara.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Mangrove

Aktivitas Pantai Mangrove Desa NipahKredit gambar: Google Maps Film untuk jendela besar

1. Menikmati keindahan laut dan pantai

Salah satu aktivitas pantai yang wajib dilakukan adalah menikmati keindahan laut yang luas serta garis pantai yang eksotis. Menjadi salah satu pantai yang dikenal romantis, wajar saja jika pantai ini menawarkan panorama alam yang menakjubkan. Jadi Anda akan betah berlama-lama di tempat yang satu ini.

2. Bermain pasir

Mengajak anak berlibur ke Pantai Mangrove tentunya berarti bermain pasir. Baik itu bentuk tunggal atau karya lainnya. Anda bahkan dapat berjalan-jalan di sekitar pantai dan merasakan tekstur pasir yang halus. Hamparan pantai pasir putih di antara indahnya garis pantai yang berkelok-kelok akan membuat Anda tidak ingin pulang.

3. Piknik dan api unggun

Wisata pantai ini memiliki jam buka hingga pukul 22:00. sehingga setelah matahari terbenam di cakrawala, Anda bisa menyalakan api unggun. Untuk ini, semakin banyak orang, semakin menyenangkan. Apalagi jika liburan bersama komunitas pasti akan lebih menyenangkan.

Di Pantai Mangrove, Anda bisa piknik sederhana ditemani api unggun. Ceritakan kisah Anda sambil menikmati pemandangan indah di langit yang luas. Api unggun akan memberikan kehangatan bagi tubuh selain angin sejuk dari bumi.

4. Bola voli

Jika Anda mengunjungi tempat wisata ini pada siang hari, jangan lewatkan aktivitas ini. Ya, voli pantai adalah kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan. Selain sehat, Anda juga bisa berinteraksi dengan pengunjung lain.

5. Makanan pantai yang lezat

Selain dua tempat wisata di atas, Pantai Mangrove Kampung Nipah juga menawarkan kuliner yang sangat direkomendasikan untuk dicoba. Tersebar di sekitar pantai, jajanan kuliner ini banyak diminati pengunjung. Anda juga bisa melakukan proses penggemukan pada putaran yang satu ini.

Bahkan dari sekian banyak menu yang disajikan, Anda bisa memilih seafood yang segar. Mulai dari udang, kepiting, ikan bakar, dll. Makanannya akan terasa nikmat jika ditemani dengan minuman kelapa muda yang sejuk. Wisata kuliner sambil menikmati pemandangan pantai memang menarik.

Bahkan untuk oleh-oleh, Anda bisa membeli makanan buatan penduduk lokal dari hutan bakau. Mulai dari jajanan seperti keripik nipah hingga jajanan basah seperti sirup dan dodol. Ditambah lagi, bagi Anda pecinta teh, warga juga menjual teh jeruju.

Akomodasi Murah Dekat Lokasi Pantai Mangrove

Akomodasi Pantai Mangrove Desa NipahKredit gambar: Google Maps Hotel Graha Soeltan

1. Hotel keluarga besar

3 hostel terdekat di sekitar pantai, yang pertama adalah hotel Grand Family. Tempat ini memiliki tarif sewa per malam yang cukup murah. Dari Pantai Mangrove ke Grand Family Hotel, ujungnya harus menempuh jarak kurang lebih 6,68 km. Biasanya hostel ini menjadi pilihan tempat menginap karena jaraknya yang sangat dekat.

2. Hotel Graha Soeltan

Selain Grand Family Hotel, ada Hotel Graha Soeltan dengan tarif per malam di bawah Rp 200.000. Dari lokasi pantai yang sukses ini ke Hotel Graha Soeltan berjarak sekitar 13 km.

3. Trans Airport Residence

Hotel ketiga disematkan di Trans Bandara Residence dengan jarak 18,79 km. Hostel ini sangat cocok bagi pengunjung karena memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Di sini Anda bisa menikmati kamar yang nyaman, wifi gratis, kamar ber-AC dan masih banyak lagi. Harga per malam untuk dapat menikmati fasilitas hotel juga disesuaikan dengan tipe kamar yang Anda pilih.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Mangrove di Kampung Nipah

Fasilitas Pantai Mangrove Desa NipahKredit gambar: Google Maps Keluyuride Adv

Selain keindahan alam dan daya tarik tempat wisata. Oleh karena itu juga harus didukung dengan semua instalasi yang ada. Di Pantai Mangrove, Kampung Nipah sendiri memiliki fasilitas yang memadai antara lain:

1. Area parkir

Bagi anda yang membawa kendaraan, motor dan mobil. Kini, Anda tidak perlu lagi khawatir aset tersebut dicuri atau hilang. Karena wisata tepi laut sudah memiliki tempat parkir sendiri. Selain itu, tempatnya yang luas mampu menampung jumlah kendaraan pengunjung. Meski begitu, tetap ada referensi rate.

2. Belvedere

Puas jalan-jalan di pantai juga melakukan berbagai aktivitas seperti berenang dan jalan-jalan. Jadi untuk beristirahat di ruang pantai pasangan putih, tersedia belvedere. Jadi, di gazebo, Anda bisa bersantai sambil menikmati keindahan pantai bakau sekaligus hutan bakau yang lebat. Ada juga toilet umum dan warung makan di area pantai.

Beberapa hal tentang Pantai Mangrove Kampong Nipah di atas, tentu saja membuat Anda semakin penasaran seperti apa sebenarnya. Untuk itu, Anda bisa langsung mengunjungi destinasi wisata utama Kabupaten Serdang Bedagai.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button