Tiket dan Aktivitas CURUG BADAK - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Aktivitas CURUG BADAK

Tiket dan Aktivitas CURUG BADAK

Harga tiket masuk Air Terjun Rhino : Rp 10.000. Jam buka: 09:00 – 17:00. Nomor telepon: -. Alamat/Lokasi: Kampung Setiamulya, Desa Sukasetia, Cisayong, Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia, 46153.

Tasikmalaya merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki banyak destinasi wisata. Wisatanya pun beragam, mulai dari kekayaan kuliner hingga keindahan alam. Salah satu tempat wisata alam yang baru dibuka oleh pemerintah adalah Air Terjun Badak.

Air terjun ini terletak di hutan pinus yang indah. Berwisata ke sini bisa membantu menghilangkan penat sejenak dari kesibukan sehari-hari.

Tiket Masuk Air Terjun Rhino

Harga tiket masuk yang harus dibayar pengunjung Curug Badak relatif murah dan terjangkau. Tiket belum termasuk biaya parkir dan sewa tikar.

Biaya masuk
Tiket masuk Rp 10.000

Baca: Tiket Masuk Air Terjun Dengdeng Tasikmalaya dan Aneka Aktivitas

Jam Buka Air Terjun Rhino

Kawasan wisata air terjun ini bisa dikunjungi setiap hari. Waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun ini adalah pada awal musim hujan.

Jam operasional
Setiap hari 09.00 – 17.00 WIB

Pesona Air Terjun Badak

Air Terjun Badak Hanuman BatuDitemukan Air Terjun Badak dan Batu Hanoman di Gunung Talaga Bodas Tasikmalaya – Foto: Google Maps/Ayu Lisdiani

Baca: 8 Tempat Wisata Seru di Tasikmalaya

Sebelum ramai seperti saat ini, wisata Curug ini sudah populer di kalangan warga setempat. Air terjun dengan ketinggian sekitar 40 meter ini terletak di dekat Gunung Talaga Bodas. Curug ini letaknya bersebelahan dengan curug lain yang bernama Curug Hanoman.

Selain keindahan alamnya yang menjadi daya tarik tersendiri, kawasan Curug juga dibuat lebih “kekinian”. Hutan pinus yang terkait dengan kreativitas menjadi tempat wisata selfie dan kafe yang menarik, terutama bagi kaum muda.

Air Terjun Badak

Panorama air terjun badakPanorama Curug Badak yang memiliki dua air terjun – Foto: Google Maps/Luxman Sbk

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Taman Wisata Karang Resik

Curug Badak mengacu pada sepasang air terjun di kawasan Gunung Talaga Bodas. Lokasinya berada di tebing yang dikelilingi kawasan hutan. Air terjun tertinggi bisa mencapai ketinggian 40 meter.

Namanya berasal dari batu karang yang berada di tengah salah satu air terjun. Bentuk batunya agak lonjong. Saat aliran air tinggi, batu itu tampak menonjol di balik aliran air yang deras. Masyarakat setempat menyebutnya mirip dengan cula badak, sehingga air terjun ini disebut Curug Badak.

Yang menarik dari air terjun ini adalah kandungan airnya. Air yang mengalir dari air terjun tersebut mengandung belerang. Ini mungkin karena airnya mengalir dari Gunung Talaga Bodas. Di sekitar tempat jatuhnya air, bebatuan tampak agak menguning karena belerang dan mengeluarkan bau yang menyengat.

Karena adanya belerang, penduduk setempat percaya bahwa air ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit termasuk penyakit kulit. Namun, tidak disarankan untuk berenang di sekitar air terjun saat debit air sedang tinggi.

Air Terjun Batu Hanoman

Air Terjun Batu HanomanCurug Batu Hanuman yang bentuknya seperti ekor monyet atau ekor Hanuman – Foto: Google Maps/Adam Aprilian

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Ampera Tasik Water Park

Curug Hanoman atau Batu Hanuman adalah air terjun lain yang ditemukan di sekitar Curug Badak. Bentuknya landai dan menyerupai sungai berarus deras. Dari kejauhan bentuknya menyerupai ekor monyet putih. Inilah alasan mengapa nama “Hanoman” diberikan pada air terjun tersebut.

Curug Hanoman berada di tepi bukit. Jaraknya sekitar 25 meter dari air terjun. Kolam renang lebih dangkal dan lebih luas. Pengunjung bisa leluasa bermain air di area air terjun ini.

Spot Selfie

Berbagai tempat tidur gantung berwarna-warniHammock yang dijadikan tempat istirahat sekaligus spot foto Instagrammable – Foto: Google Maps/Komara Hendrayana

Baca: Tiket Masuk dan Wahana TEEJAY Tasik Water Park

Keindahan alam kawasan Air Terjun Badak tidak berhenti sampai di situ saja. Hutan pinus yang indah telah disulap oleh penduduk setempat dengan sedikit kreativitas. Kini, pengunjung bisa menemukan banyak spot foto lucu dan menarik di sini.

Beberapa tempat ini tidak hanya enak dilihat (dan difoto), tapi juga dijadikan tempat istirahat. Tonton saja programnya tempat tidur gantung set warna-warni di antara pepohonan. Pengunjung bisa menyewa dan mengayunkannya tempat tidur gantung sambil menikmati kesegaran hutan.

Selain itu masih banyak spot lainnya. Bintik-bintik seperti dermaga tinggi dan terowongan bunga ada di antara mereka. Lucunya, pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya seikhlasnya ingin berfoto di sini.

Wisata kuliner

Deretan warung dan gubukBerbagai pilihan kedai makanan dengan gubuk dan bola yang nyaman – Foto: Google Maps/Booster Coil

Tidak perlu takut kelaparan saat mengunjungi Curug Rhino. Kawasan wisata ini memiliki banyak warung makanan siap saji. Menunya beragam mulai dari mi instan yang murah dan mengenyangkan hingga nasi liwet yang bisa Anda santap bersama.Kerumunan pengunjung di kafe KopisarasaPengunjung menikmati kopi di tengah hutan pinus – Foto: Google Maps/Kopisarasa

Baca: Pemandangan Hijau Bukit Kacapi Tasik Pegunungan Menakjubkan

Wisatawan juga bisa merasakan pengalaman minum kopi yang berbeda di sini. Daerah perbukitan di atas Curug Badak merupakan lokasi ideal untuk kafe ‘modern’. Dengan banyaknya pilihan kopi à la carte, kedai Kopisarasa menawarkan suasana sejuk khas pegunungan untuk menemani istirahat Anda. Jangan heran jika harus bersaing memperebutkan kursi dengan pengunjung yang lebih muda.

Memasang Air Terjun Badak

Curug Badak telah mengalami pembenahan secara intensif sehingga fasilitas yang tersedia memadai. Tempat parkir yang luas, toilet dan mushola mudah ditemukan disini. berbagai warung makan dan kafe juga hadir untuk memanjakan bahasa pengunjung. Air terjun ini juga memiliki bintik-bintik selfie yang menarik.

Lokasi Air Terjun Badak

Tempat wisata air terjun ini berada di kawasan Gunung Talaga Bodas, tepatnya di Desa Setiamulya, Desa Sukasetia, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya. Wisatawan bisa datang dengan kendaraan pribadi roda empat atau dua karena akses jalan sudah baik. Beberapa rute bisa ditempuh, yakni Jalan Cisinga dan Cigorowong.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button